Bagaimanapun juga kondisi yang ideal adalah satu atap rumah dipimpin oleh satu kepala keluarga. Akan rawan terjadi konflik jika keluarga barumu terus-terusan tinggal bersama keluarga orang tua ataupun keluarga mertua.

Pasangan yang baru saja menikah sebaiknya merancang rumah impian yang akan menjadi tempat bernaung dengan kehangatan keluarga baru.

Ada 2 jalan untuk mendapatkan rumah yaitu menggunakan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) atau membangun rumah sendiri.

www.rumahidamansederhana.info
www.rumahidamansederhana.info

Masing-masing jalan memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila kamu memutuskan mengambil KPR, maka kamu dapat segera pindah di rumah sendiri meskipun tabunganmu belum banyak.

Sedangkan membangun rumah sendiri membutuhkan biaya yang banyak sejak awal baik saat membeli tanah maupun dalam proses pembangunannya.

Namun, membangun rumah sendiri dapat lebih leluasa dalam membuat desain rumah. Hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam membuat denah rumah sebelum membangun rumah impian diantaranya.

1Sesuaikan Rencana Masa Depan

www.bonekapuppet.wordpress.com

Meskipun masa depan adalah misteri dan hanya Allah yang tahu, namun merencanakan masa depan tetap tidak ada salahnya. Sebuah pepatah mengatakan gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.

Diskusikan rencana masa depan bersama pasangan dengan detail seperti rencana ingin memiliki berapa anak, bagaimana proyeksi karir di masa depan, serta berdasarkan banyak pertimbangan akan tinggal di daerah mana.

Setelah kamu dan pasanganmu sepakat dengan rencana masa depan yang telah kalian rancang, sesuaikan jumlah ruangan yang dibutuhkan dari rumah impianmu. Buatlah denah rumah bersama pasangan detail dengan luas masing-masing ruang.

Tak perlu malu menyediakan ruangan sebagai garasi pada denah rumah impianmu. Jika kamu dan pasanganmu bermimpi memiliki mobil, dengan kerja keras bukan tak mungkin kamu dapat memilikinya.

2Maksimalkan Efisiensi Pemanfaatan Lahan

www.rumahm.com

Harga tanah semakin hari semakin meroket. Apalagi di kawasan perkotaan. Oleh karena itu tak perlu memaksakan rumah dengan tanah luas. Selain mempersulit diri, hal ini menyebabkan rumah idamanmu semakin terasa jauh.

Di zaman sekarang rumah minimalis dengan luas tanah tak terlalu luas pun dapat dirancang sehingga tetap elegan dan nyaman dihuni. Carilah berbagai reverensi denah rumah minimalis yang memanfaatkan luas lahan dengan efisien.

Tak perlu menempatkan banyak dinding pembatas yang akan mempersempit ruang gerak. Minimalkan dinding pembatas seperti pada dapur dan ruang makan.

3Maksimalkan Efisiensi Biaya

www.bujangkos.blogspot.com

Ada banyak pilihan bahan-bahan bangunan yang masing-masing memiliki keunggulan. Carilah berbagai informasi mengenai bahan-bahan bangunan tersebut. Pilihlah jenis bahan bangunan yang paling efisien dalam hal biaya.

Memilih biaya pembangunan yang paling efisien bukan berarti harus memilih yang paling murah. Perhatikan juga kualitas dan keamanan keluarga yang akan tinggal di dalam rumah.

Agar lebih mantap, konsultasikan dengan kontraktor yang ahli dalam bidang pembangunan rumah.

4Perhatikan Nilai Estetika

www.devamelodica.com

Faktor yang terpenting saat membangun rumah impian adalah kenyamanan anggota keluarga. Perhatikanlah nilai estetika rumah impianmu. Rumah yang memiliki nilai estetika menyenangkan bagi penghuni akan memberikan kenyamanan.

www.rumahkecilminimalis.com
www.rumahkecilminimalis.com

Sisakan sedikit ruang untuk membangun taman sederhana agar rumah impian lebih indah dan sehat.

Akan lebih baik jika kamu dan pasanganmu mendiskusikan dengan detail desain rumah impian. Warna cat luar rumah, warna cat dalam rumah, bentuk kitchen set, wallpaper dinding kamar anak, dan lain-lain.

Denah rumah adalah langkah awal untuk membangun rumah impian. Rancanglah dengan matang denah rumah impianmu.

Bagi kamu yang lebih memilih membeli atau kredit perumahan, tanyakan dengan detail denah rumah yang akan kamu pilih. Meskipun tipe rumah sama, terdapat berbagai variasi denah rumah yang ditawarkan pengusaha perumahan.

SHARE