Siapa yang tak menginginkan memiliki rumah sendiri? Bahkan produk Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang ditawarkan bank-bank di Indonesia laris manis terutama oleh pasangan pengantin baru.

Beberapa pasangan muda juga ada yang bekerja keras membanting tulang mengumpulkan tabungan untuk membangun rumah impian. Apapun cara yang dipilih pada dasarnya semua pasangan menginginkan memiliki rumah.

www.modelrumah.my.id
www.modelrumah.my.id

Jenis rumah yang saat ini banyak digandrungi masyarakat modern terutama masyarakat perkotaan adalah rumah minimalis. Rumah ini tak memerlukan lahan yang terlalu luas sehingga harga yang dibanderol dapat dijangkau masyarakat.

Ada berbagai tipe rumah minimalis yang ditawarkan developer-developer perumahan. Ada yang tipe 21, tipe 36, tipe 45, dan lain-lain. Dari berbagai tipe rumah di atas, tipe 45 cukup banyak menjadi idaman masyarakat.

Tipe 45 dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan perumahan keluarga kecil. Selain itu harga yang ditawarkan rumah tipe 45 juga tidak terlalu tinggi, sehingga dapat dijangkau masyarakat.

Sebenarnya apa saja keunggulan dari tipe rumah 45 jika dibandingkan dengan tipe lainnya? Berikut ini serba-serbi rumah tipe 45 yang banyak menjadi idaman.

1Ukuran Bangunan dan Ukuran Rumah

www.modelsrumahminimalis.co

Rumah tipe 45 adalah rumah yang memiliki luas bangunan kurang lebih 45 m2. Biasanya ukuran rumah 8 meter x 12 meter atau 7,5 meter x 6 meter. Luas bangunan ini dinilai cukup untuk tempat tinggal keluarga kecil dengan 2 anak.

Namun biasanya luas tanah kapling yang ditawarkan kurang lebih sekitar 100 meter. Ada juga yang hanya 96 m2 dengan ukuran 8 meter x 12 meter. Rumah ini disebut rumah tipe 45/96, yaitu 45 m2 untuk bangunan sedangkan 51 m2 sebagai sisa lahan.

2Desain Ruangan

www.infobisnisproperti.com

Rumah tipe 45 biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 dapur, 1 kamar mandi, 1 garasi, 1 teras, dan sisanya biasanya digunakan sebagai taman rumah.

Jika dilihat secara sekilas maka rumah tipe 45 akan sama dengan rumah tipe 36. Sebagai contoh rumah tipe 36 dan tipe 45 sama-sama memiliki 2 kamar tidur. Perbedaan dari tipe rumah ini adalah luas ruangannya.

Jika kamu ingin membangun rumah sendiri, maka jenis ruangan dan luas masing-masing ruangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Begitu juga dengan model desain rumah yang menyesuaikan seleramu dan pasanganmu.

3Tips Desain Eksterior Rumah Tipe 45

www.usahaproperti.com

Keindahan rumah sangat bergantung pada desain eksterior.

Tips untuk desain eksterior rumah tipe 45 adalah pilihlah bentuk bangunan yang elegan. Kemudian kombinasikan dengan bentuk pintu dan bentuk jendela yang unik sehingga rumahmu akan terlihat lebih istimewa dibandingkan rumah lainnya.

Perhatikan juga dengan warna cat. Pilihlah warna cat dinding, cat kusen, dan genteng yang artistik sehingga memberikan kesan modern.

Sebagai contoh gambar rumah minimalis diatas memiliki bentuk jendela yang unik. Warna dari jendela juga lebih mencolok. Hal ini menyebabkan saat orang lain melihat rumahmu, pusat perhatian mereka tertuju pada jendela.

4Tips Desain Interior Rumah Tipe 45

www.tiperumahminimalis.com

Desain interior mencakup pemilihan warna ruangan, penataan furniture, dan komponen-komponen dekorasi lainnya. Pemilihan warna cat masing-masing ruangan harus dipertimbangkan sedemikian rupa.

Jika kamu menginginkan warna tiap ruangan berbeda, usahakan agar warna-warna tersebut tidak terlalu bertolak belakang sehingga malah memberikan kesan yang norak.

www.desainrumahmodern.org
www.desainrumahmodern.org

Untuk pemilihan furniture, pikirkan dengan matang kebutuhan keluargamu. Jangan asal membeli furniture yang hanya membuat rumah semakin sesak. Begitu juga dengan ukuran furniture agar pas dan nayaman digunakan.

SHARE