Tanggal tua merupakan momok bagi mahasiswa uang saku bulanan, bagaimana tidak, tanggal itu merupakan tanggal hampir habisnya uang, bahkan bisa saja malah sudah habis.

Tentu mahasiswa yang dari keluarga pas-pasan akan sangat hati-hati dalam pengeluaran uang. Mahasiswa model bulanan seperti ini akan selalu mengatur finansialnya dengan sangat detail.

Super irit, bahkan kadang harus nyari kerja sampingan. Kiriman dari orang tua kadang tidak cukup untuk kebutuhan mahasiwa yang seabrek.

Pada tanggal tua itu bagi mereka juga merupakan ujian, mereka benar-benar harus berjuang demi pendidikan dan masa depan. Mereka kadang harus hutang sana sini, harus kerja paruh waktu ada juga yang nyari kos-kos an gratis, makan mie instan.

Semua dilakukan demi masa depan.

Ujian tanggal tua tidak hanya melulu soal kebutuhan kuliah, tapi juga banyak selain itu. Kira-kira apa saja yang membuat mahasiswa benar-benar gusar di tanggal tua. Disimak di bawah ini.

1Ibu atau Bapak Kos yang Super Tertib

kaskus.co.id

Mahasiswa bulanan memang repot kalau sudah menghadapi Ibu atau Bapak kos yang tidak mau berbaik hati. Mereka akan menagih tepat pada tanggalnya habis. Mahasiswa yang keteteran begini rata-rata akan merayu untuk mengambil hati pemilik kos.

Kalau tidak begitu mereka akan sibuk mencari pinjaman sama teman. Memang repot ketika kos di tempat pemiliknya yang bawel.

2Tukang Parkir Dimana-mana

abekabek.blogspot.com

Ini benar-benar menguras uang mahasiswa, secara dimana-mana sekarang ada banyak tukang parkir, di tempat foto copy, di warung makan, di warnet sampai di masjid juga ada tukang parkir.

Memang besarnya cuma seribu dua ribu, tapi kalau sehari muter 10 tempat ya lumayankan. Secara namanya mahasiswa itu sifat nya mobilitas tinggi harus kemana-mana, kerjakan tugas kemana-mana dan kegiatan dimana-mana.

3Tugas Banyak

starraida.wordpress.com

Namanya dosen juga tidak mikir mahasiswa, entah bagaimana pun keadaanya dosen akan tetap beri tugas yang banyak. Tidak peduli lagi punya uang atau tidak, tidak peduli lagi sakit atau sehat.

Tentu ini juga akan sangat mempengaruhi finansial mahasiswa di akhir bulan, kalau tugas banyak tentu harus fotocopy banyak, print banyak dan pasti menguras uang mahasiswa.

Trus mahasiswa harus cari uang dari mana coba kalau lagi kantong kering dan tugas menumpuk?

4Teman yang Ngajak Nongkrong

kpinception.wordpress.com

Ini cukup merepotkan mahasiswa juga. Pas lagi kantong kering di hari tua malah teman-teman yang berduit ngajak makan, ngajak kongkow atau ngajak nongkrong di rumah makan. Ini cukup menjadi beban bagi mahasiswa yang pas-pasan.

Jika kamu memang mahasiswa seperti itu mending kamu jawab jujur saja daripada harus repot cari hutangan atau melas minta dibayarin. Itu lebih mengangkat kehormatanmu lho.

5Bazar Murah dan Pameran Murah

teropongbisnis.com

Ini juga menjadi pemberat mahasiswa di hari dan tanggal tua. Ketika tanggal itu kebetulan ada pameran buku murah atau bazar barang-barang murah. Secara mahasiswa uang sakunya pas-pasan dan suka banget yang namanya murah pasti bikin dilema.

Bagi yang tertarik mau tidak mau harus rela mengorbankan uangnya demi membeli barang tersebut atau cari hutangan temen dulu. Tapi bagi yang kuat menahan keinginan tentu juga harus tersenyum kecut melihat teman lain punya barang murah.

Ini mungkin baru beberapa masalah bagi mahasiswa, masih banyak lagi masalah tanggal tua bagi mahasiswa. Dari lima ini saja sudah cukup menggambarkan bahwa mahasiswa bulanan memang kesulitan di tanggal tua.