Hidup di pedesaan mungkin biasa melihat lumut tumbuh di rumah secara alami, bahkan berusaha dihilangkan karena dianggap mengurangi keindahan rumah.

Bertolak belakang dengan kehidupan urban perkotaan, apalagi di kota-kota besar luar negeri. Bangunan-bangunan tinggi menjauhkan mereka dari suasana alam. Mereka pun rindu pada suasana alam seperti lumut menghiasi bebatuan.

Menyadari peluang itu, para arsitek menciptakan ide menarik, yakni dengan menempatkan lumut sebagai hiasan dinding dalam interior rumah. Cara itu cukup berhasil untuk membangun kesan alami di rumah modern.

Meskipun membutuhkan biaya mahal untuk pemasangannya, dinding lumut ini mudah dalam hal perawatan dan mempertahankannya, terutama jika menggunakan lichen (lumut kerak).

Selama kamu dapat menjaga kelembapan dalam ruangan dan menjaga lumut dari matahari, kamu tidak perlu memberi air pada lumut ini.

Berikut beberap desain interior paling menarik dengan menggunakan dinding lumut.

1Dinding Lumut di Kamar Mandi

architecturendesign.net

Menggunakan dinding lumut di kamar mandi akan membuat mandimu makin segar saja dengan kesan kesejukan alami. Kelembapan dalam kamar mandi juga memudahkan dalam perawatan lumut tersebut.

2Dinding Lumut di Sebelah Tangga

architecturendesign.net

Mungkin orang di dalam ini akan gemar naik turun tangga sambil melihat dan menyentuh kelembutan dinding lumut. Tapi hati-hati dinding lumut ini licin kalau dijadikan tumpuan tangan waktu naik turun tangga.

3Dinding Lumut di Ruang Makan

architecturendesign.net

Makan makanan khas pedesaan dengan meja lesehan di samping dinding lumut, ini mungkin cara paling pas untuk memanfaatkan ruangan ini. Lihat, apalagi dengan dekorasi kayu dan bambu di sana.

4Dinding Dapur Berhiaskan Lumut

architecturendesign.net

Mendesain ruangan dapur dengan lumut, bukan hanya nampak indah, mungkin kamu juga akan selalu terinspirasi untuk hidup sehat alami. Tapi hati-hati, jangan sampai lumutnya rontok dan jatuh ke makananmu ya! Nggak enak harus makan lumut.

5Bukit Hijau

architecturendesign.net

Lumut ternyata bisa dibentuk seperti rumput hijau seperti gambar di atas. Dengan dua gundukan dan bunga kuning, terlihat seperti bukit terbalik di dalam rumah.

6Dinding Lumut Untuk Dekorasi Alami

architecturendesign.net

Dinding lumut nampak paling pas untuk tema alam di ruangan keluarga. Mengapit perapian di tengah dinding lumut, kayu bakar menumpuk di bawah layar. Bahkan meja juga dihiasi dengan lumut yang eksotik.

7Dinding Lumut di Kamar Tidurmu

architecturendesign.net

Dengan hiasan lumut yang diterangi cahaya menawan, makin memperindah ruang tidurmu. Tidak ada lagi keluhan susah tidur kalau dekorasi semacam itu, saya ucapkan selamat mimpi indah disepanjang malammu.

8Lukisan Lumut

architecturendesign.net

Tidak harus susah-susah membuat dinding berlumut untuk suasana alam di ruanganmu. Cukup membuat lukisan dari lumut yang di tempatkan dalam kotak pigura. Lihatlah, 3 lukisan saja sudah terlihat menarik bukan?

9Dinding Lumut di Studio Yoga

architecturendesign.net

Apa yang dibutuhkan dari yoga? Salah satunya adalah ketenangan dan imajinasi berada di alam segar. Tidak perlu dipertanyakan lagi, dinding lumut ini paling cocok ditempatkan dalam studio yoga ini.

Bisa-bisa, setelah yoga, saking nyamannya membuat kamu ketiduran di ruang tersebut.

10Ruang Kantor Berdinding Lumut

architecturendesign.net

Ternyata bukan hanya rumah yang butuh desain alam, kantor pun perlu untuk meniru seperti gambar di atas. Mungkin aktivitas pada nan menjenuhkan akan terkurangi bebannya dengan suasana alam yang menyegarkan.

11Jam Lumut

architecturendesign.net

Bukan hanya dinding, jam dinding juga bisa didesain dengan lumut. Dengan jam dinding cantik seperti di atas, pasti kamu tidak akan melewatkan waktu-waktu pentingmu karena saking senangnya melihat jam dinding.

SHARE