Mengajarkan kemandirian pada anak itu sangatlah perlu, apalagi untuk anak perempuan. Hal itu bisa mulai dilakukan dalam membiasakan mereka untuk tidur dalam suatu ruangan sendiri dan terpisah dengan orangtua.

Jangan ragu-ragu untuk membiarkan anak perempuanmu berada dalam sebuah kamar dan menghabiskan sisa malamnya untuk beristirahat di sana. Ajarkan secara perlahan dan yakinkan bahwa tidur sendiri itu menyenangkan.

Kamu bisa memulainya dengan mengajak anakmu mendekorasi ruangan kamarnya sendiri. Apabila anakmu masih kebingungan dalam menata kamar tidurnya, kamu bisa memberikan mereka masukan.

Dan berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu berikan sebagai masukan kepada anakmu untuk mewujudkan kamar cantik impiannya.

1Tawarkan Konsep Desain Interior

modelsrumahminimalis.co

Beberapa anak perempuan senang sekali melihat kartun yang tokoh utamanya terlihat cantik dan imut. Sehingga, mereka begitu mengidolakan tokoh kartun tersebut, contohnya saja kartun Barbie, Hello Kitty, Frozen, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menawarkan konsep kartun tersebut untuk anakmu yang gemar melihat film fantasi itu. Mungkin saja anak-anak memang menginginkan kamar dengan nuansa tokoh kartun favorit mereka.

Misalkan mereka senang dengan tokoh Hello Kitty, maka kamu bisa memberikan nuansa pink untuk kamar anak gadismu. kasur dengan ranjang bentuk Hello Kitty, meja belajar Hello Kitty, hingga dinding kamar yang diberi sticker Hello Kitty.

Dengan begitu, anak pun akan senang dan tak akan ragu untuk bermalam sendirian di kamar mereka yang begitu  ceria.

2Mewarnai Dinding Kamar

rumahidamanku.info

Apabila anakmu tak begitu tertarik dengan beberapa tokoh kartun seperti pada tips pertama, kamu bisa menanyakan hal lain yang diinginkan anakmu untuk kamar pribadinya itu.

Pertama-tama, tanyakan terlebih dahulu warna cat yang mereka inginkan untuk dipoleskan pada dinding kamar tidur. Biasanya anak perempuan indentik dengan warna merah muda atau pink, namun, tak semuanya seperti itu.

gambarrumahminimalis.info
gambarrumahminimalis.info

Selera anak-anak itu berbeda, sehingga, lebih baik menanyakan langsung kepada buah hatimu, warna apa yang mereka inginkan untuk dinding kamarnya. Beri saja masukan kepada si manis untuk memilih warna-warna terang.

Warna terang bisa memberi kesan luas dan ceria untuk kamar seorang anak-anak.

3Menggunakan Furniture yang Sederhana

www.dzhivov.co

Pilihkan saja beberapa furniture yang benar-benar diperlukan untuk anakmu. Misalkan saja tempat tidur dengan ranjangnya, meja belajar, hingga lemari pakaian. Anak-anakmu pasti hanya membutuhkan barang-barang tersebut untuk kamar tidurnya.

Atau kamu juga bisa memilihkan kamar tidur set untuk anakmu. Kamu bisa mengajak mereka ke toko furniture dan biarkan anak-anak untuk memilihnya sendiri. Nanti, kamu hanya memberi masukan saja kepada mereka.

Apakah barangnya berkualitas bagus dan harganya sesuai dengan kantongmu atau tidak.

4Pencahayaan di dalam Kamar

idearumahidaman.com

Suatu kamar pastilah membutuhkan pencahayaan yang tepat, apalagi untuk kamar tidur anak. Kamu bisa memasangkan jendela yang cukup besar untuk mendapatkan cahaya yang baik di pagi dan siang hari.

Kemudian, untuk penerangan di kala malam, gunakan saja lampu yang cukup terang dan hemat energi. Nah, untuk di meja belajarnya, berilah tambahan lampu belajar agar membuat mereka lebih berkonsentrasi saat belajar.

5Wall Sticker

id.aliexpress.com

Anak perempuan biasanya senang dengan kamar yang terlihat bersih dan menarik. Dan untuk menambah ketertarikan tersebut di dalam kamar, kamu bisa mengajak anakmu untuk membeli wall sticker dengan berbagai macam karakter dan gambar lucu.

www.ebay.co.uk
www.ebay.co.uk

Mereka bisa memilih sendiri mana gambar yang mereka sukai dan akan tempelkan di dinding kamar mereka.

Anakmu pasti akan senang jika dilibatkan langsung dalam mendekorasi kamar tidur pribadinya. Mereka pun tak akan kecewa dengan pilihan dan bimbingan yang kamu berikan untuk mendapatkan kamar tidur yang cantik dan menarik.