Perkembangan industri desain interior hingga saat ini begitu banyak mengalami perubahan. Masing-masing bagian yang ada dalam ruangan, yang dulunya hanya dibuat berdasarkan fungsinya, kini telah berkembang menjadi bentu-bentuk yang unik dan menambah nilai desain interior tersebut.

Salah satunya lampu. Yang dulunya hanya berfungsi sebagai penerangan di dalam ruangan, maka kini telah dikembangkan dalam bentuk dan rupa  yang bervariasi. Bentuknya yang unik, indah dan original dari masing-masing desainer membawa nilai tersendiri pada lampu.

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini beberapa desain lampu terbaru yang sempat menjadi topik perbincangan di kalangan desainer interior di dalam dan luar negeri.

1Molekula

kult-lampen.de

Diciptakan oleh Benjamin Migliore, lampu berbentuk geometri ini memang tidak hanya berfungsi sebagai penerang saja. Namun molekola juga diciptakan sebagai hiasan meja yang unik dan bernilai.

Produk handmade ini berukuran 23 x 15 centimeter. Di mana dalam rangka tersebut terdapat batangan LED tipis yang terintrgrasi. Dan bagi yang tertarik memilikinya, dapat menghubungi sang inventor melalui website pribadinya, Benjamin Migliore.

2Proplamp

contemporist.com

Bentuknya seperti awan, warnanya seputih kapas dan berbentuk beraneka ragam. Selain itu, keunikan lainnya, lampu ini bisa kamu peluk secara langsung tanpa khawatir lampu ini akan rusak. Hal ini disebabkan sang inventor menggunakan semacam kertas biodegradable yang dijahit.

Sehingga kamu pun bisa mengubah-ubah bentuknnya sesuka hatimu. Jadinya, orang akan menganggap bahwa rumahmu terdapat berbagai jenis lampu yang berbeda. Karya lampu ini merupakan hasil kolaborasi antara Margje Teeuwen dan Erwin Zwiers.

3Bulbing

contemporist.com

Lampu ini berbentuk 2D, namun dapat menghasilkan cahaya 3D ilusi optik sehingga kamu dapat melihat cahaya hologram saat lampu ini menyala. Hal ini disebabkan bagian lampu tersebut berbahan akrilik berbagai bentuk yang akan membentuk garis-garis cahaya.

Lampu yang didesain oleh kelompok Studio Cheha ini memiliki berbagai bentuk ilusi optik, mulai dari lampu meja hingga berbentuk tengkorak.

4Lumio

alibaba.com

Lampu garapan anak bangsa ini sudah mulai populer pada sekitar tahun 2013 lalu. Proyek ini memanfaatkan dana crowdfunding internasional yaitu Kickstarter. Lampu berbentuk buku ini diprakarsai oleh Max Gunawan, pria muda kelahiran Jakarta.

Bagi yang ingin memilikinya, kamu bisa kunjungi web resmi Hellomulio. Kabar terakhir sih, bagi yang ingin memesan dan memilikinya, kamu perlu merogoh kocek sekitar $190. Dan itu pun harus terlebih dahulu masuk waiting list karena banyaknya peminat, baik dari dalam dan luar negeri.