Perkembangan dunia desain dan seni interior merambah pada setiap jengkal benda yang berada di dalam rumah, mulai dari kamar mandi hingga kolong tangga. Hal ini juga mempengaruhi perkembangan desain meja kreatif.

Banyak karya furnitur yang sangat artistik, sehingga bukan hanya sisi fungsionalitasnya saja yang dikedepankan, namun sisi keindahannya juga menjadi perhatian utama.

Nah, 3 seniman di bawah ini akan menawarkan kamu perspektif baru dalam seni desain furnitur, terutama fokus pada desain meja kreatif yang sangat unik. Lihat dan pilih desain meja favorit kamu.

1Greg Klassen

gregklassen.com

Karya furnitur yang satu ini adalah masterpiece buatan Greg Klassen. Seorang seniman tunggal asal Washington. Desain meja khas garapan Greg mengutamakan pada detil lekukan kayu.

gregklassen.com
gregklassen.com

Greg menggabungkan dua papan kayu yang ia dapatkan langsung dari alam. Kemudian pola lekukan yang terbentuk akan dirapikan sesuai dengan desain meja yang ia inginkan, menyerupai sungai yang mengalir.

gregklassen.com
gregklassen.com

Akhirnya Greg melengkapinya dengan potongan kaca berwarna hijau semi transparan. Potongan kaca menjadi ‘penghubung’ antara dua kayu dengan lekukan yang sangat indah.

gregklassen.com
gregklassen.com

Dan ketika selesai, warna coklat pada ‘bibir’ lekukan kayu bercampur dengan warna hijau semi transparan membuat nuansa sungai hijau yang sangat hidup, sungguh karya yang mengagumkan.

2Alexandre Chapelin

boredpanda.com

Seniman furnitur asal Perancis ini menamakan karyanya sebagai La Table, sebuah karya desain yang unik, artistik dan menarik yang akan sangat cocok buat kamu. Tidak percaya? Lihat saja gambar desain meja garapan Alex di atas.

boredpanda.com
boredpanda.com

Alex sering melakukan kombinasi resin dengan berbagai bahan lain seperti marmer, kayu, dan logam. Untuk desain La Table ini Alex melakukan kombinasi resin biru yang semi transparan dengan marmer travertine.

boredpanda.com
boredpanda.com

Marmer jenis travertine lazin terdapat di daerah pemandian air panas, warnanya putih dengan berbagai campuran warna lain seperti krem hingga coklat. Travertine terbentuk dari pengendapan cepat kalsium karbonat di ‘mulut’ sumber air panas.

boredpanda.com
boredpanda.com

Alex melakukan sebuah karya mengagumkan dengan desain meja yang dibuat dari potongan travertine dan dikombinasikan dengan resin biru. Bahkan, potongan travertine dibentuk sangat detil menyerupai kayu tua atau pinggiran laguna (danau pinggir laut).

3Mike Warren

boredpanda.com

Nah, kalau desain meja yang satu ini sepertinya akan benar-benar membuat kamu ngiler dan pengen membelinya. Desain meja karya Mike ini dapat menyala dalam gelap, sangat ajaib bukan?

Mike bukan seorang seniman yang fokus dalam dunia furnitur, tetapi Mike seorang ‘insinyur’. Ia dapat membuat apa saja yang ia suka dan semuanya lahir menjadi karya yang sangat kreatif.

boredpanda.com
boredpanda.com

Mike menggunakan resin, cairan kimia yang dapat membentuk padatan yang sangat keras. Yang mengejutkan, Mike mencampur resin bening tersebut dengan bubuk photoluminescent. Kamu masih bingung membayangkan hasilnya?

boredpanda.com
boredpanda.com

Pertama, Mika melubangi lempengan kayu dengan berbagai lubang sesuai selera. Lubang lubang inilah yang akan diisi oleh resin biru yang ajaib. Bukan sesuatu yang rumit sebenarnya dan dapat kamu buat sendiri di rumah.

Kayu yang digunakan Mike adalah kayu Cypress (Taxodium distichum), kamu bisa menggunakan kayu asli Indonesia seperti kayu jati atau sonokeling yang melegenda.

boredpanda.com
boredpanda.com

Sedangkan porsi cairan resin yang digunakan berbanding bubuk biru kurang lebih pada rasio 1 : 1. Hasilnya? Kamu seolah akan merasakan sensasi ribuan bintang jatuh di langit. Bintang biru yang sangat indah.

Tentu saja kamu bisa mengganti warna biru dengan warna lainnya. Untuk membuat desain meja seperti karya Mike, cairan resin dan bubuk menyala bisa kamu beli dari portal jual beli online Amazon.

SHARE