Keberadaan ebook atau buku digital memang memberikan banyak kelebihan. Selain efisien, tersedia setiap waktu, juga bisa didapat dengan mudah di rumah maupun kantor. Tapi ternyata kita tidak bisa lepas dari buku print out.

Ada banyak cara membuat buku yang dimiliki tetap terjaga dan awet. Salah satunya tidak menekuk lembaran buku untuk memberikan batas saat berhenti membaca dan akan melanjutkan di lain waktu.

Buku akan lebih aman jika kamu menggunakan alat bantu berupa pembatas buku. Ada banyak bentuk dan desain pembatas buku cantik yang bisa kamu gunakan serta dibuat di rumah. Berikut ulasannya.

1Pola Abstrak

behance.net

Pola pembatas buku dengan desain tampilan sederhana dan pola abstrak cocok bagi kamu yang tidak suka hal ribet. Warnanya yang beragam membuat pembatas buku ini cocok untuk semua buku.

2Lukisan

behance.net

Untuk mempercantik pembatas bukumu, kamu bisa membuat lukisan di atasnya. Ini jika kamu adalah tipe orang yang kreatif. Lukisan bisa jadi desain cantik yang unik dan berbeda dari yang lain.

3Potret awan

behance.net

Bagi kamu yang menyukai warna biru awan, kamu bisa membawanya dalam desain pembatas buku milikmu. Kalau perlu, lengkapi juga pembatas bukumu dengan burung-burung yang terbang.

4Kaca Mata

behance.net

Desain pembatas buku ini benar-benar unik. Bukan desainnya saja, tapi bentuknya pun unik. Pembatas buku ini berbentuk kaca mata. Sangat cocok bagi pecinta buku yang identik dengan kaca mata.

5Ekor Ikan

behance.net

Ekor ikan seringkali dibuang dan bukan merupakan benda yang penting digunakan. Tapi, inspirasi ekor ikan ternyata juga bisa dituangkan menjadi desain pembatas bukumu.

Tidak hanya bentuknya saja, lengkapi pembatas bukumu dengan warna serupa ekor ikan sungguhan. Kalau perlu, kamu juga bisa menambahkan sejumlah sisik ikan untuk mempermanis tampilan pembatas buku ini.

6Segitiga

behance.net

Kamu bisa menggunakan bentuk segitiga berwarna-warni yang ditempel satu sama lain untuk membuat bentuk pembatas buku cantik ini.

Selain mudah dibuat, kamu juga bisa membuat buku ini dengan memanfaatkan kertas-kertas bekas. Sederhana dan mudah dibuat kan?

7Boneka Lucu

behance.net

Bagi kamu yang suka dengan bentuk-bentuk lucu boneka, bisa kamu pindahkan juga desainnya ke dalam pembatas buku. Ukurannya bisa dibuat sesuai dengan ukuran boneka yang dimaksud.

Desain satu ini cocok digunakan juga sebagai pembatas buku bagi anak-anak. Mereka akan merasa senang dengan bentuknya yang lucu serta penuh warna.

8Kumis

behance.net

Terinspirasi dari bentuk unik kumis, kamu juga bisa memanfaatkannya jadi bentuk pembatas buku. Identik dengan warna hitamnya yang melengkung dilengkapi dengan dua gigi di bawahnya.

9Rubah

behance.net

Bentuk pembatas buku satu ini sama sekali tidak seram. Meski mengusung tema rubah, desain pembatas buku ini justru tampak manis dan cantik.

Warna cerahnya juga bisa digunakan untuk menarik perhatian anak-anak.

10Rumput

behance.net

Pernah berpikir memanfaatkan rumput sebagai pembatas buku? Mungkin ide satu ini bisa kamu coba di rumah.

Kamu bisa memanfaatkan kertas berwarna hijau dan membuatnya menjadi bentuk rumput. Saat pembatas ini digunakan lebih dari satu, akan tampak cantik seperti helaian rumput yang menghijau.

Itulah tadi beberapa desain pembatas buku yang bisa jadi inspirasi dan kamu coba buat di rumah. Bahan-bahan yang digunakan juga tidak mahal serta mudah didapat. Peralatan yang kamu perlukan juga sederhana.

Hasilnya bisa kamu gunakan untuk pembatas buku bagi dirimu sendiri atau untuk tanda mata bagi orang lain. Bukumu akan lebih awet dan juga aman dari resiko rusak. Berani mencoba?