Ruang kerja itu seperti kotak inkubator yang harus bisa menumbuhkan ide-ide kreatif. Bekerja di ruangan yang atraktif dan kondusif ternyata punya pengaruh besar terhadap kecemerlangan otak dalam berpikir, menemukan hal-hal baru.

Maka, sudah saatnya kamu perhatikan desain ruang kerjamu sekarang, sebab suka tidak suka desain ruang kerja akan menentukan produkifitasmu juga lho.

Misalnya saja, 6 contoh desain ruang kerja berikut ini;

1Efisien dan Tenang

pinterest.com

Manfaatkan sisa ruangan di rumahmu yang tidak terlalu besar untuk membuat semacam pojok inspirasi.

Buatlah tempat yang tidak terlalu besar tersebut menjadi lokasi paling nyaman dan tenang, agar bisa membantumu menuntaskan pekerjaan.

Kamu bisa mengombinasikannya dengan rak mengambang (floating shelves) di atas kepala sebagai tempat penyimpanan barang-barang dan dokumen kerja atau sekadar menaruh hiasan.

2Menyegarkan Mata

yuang.tk

Buang jauh-jauh paradigma mainstream tentang kantor yang terdiri dari meja, kursi, dan kubikel kaku. Tenang saja, ide justru akan bisa berkembang luas ketika kamu mencoba mengubah suasana ruanganmu supaya lebih dekat dengan alam.

Cukup sediakan jendela, kalau belum ada jendelanya, buat jendela yang mengarah ke pekarangan atau pohon-pohon hijau. Arahkan meja kerjamu menghadap ke jendela tersebut.

Jika kamu sedang suntuk, warna hijau alam akan membuat mata dan pikiranmu segar kembali.

3Sport Center

osmorsa.com

Ide cemerlang biasanya akan terbantu muncul ketika badan dalam kondisi bugar. Nah, kalau sudah merasa pegal-pegal, letih, kamu bisa coba mengistirahatkan tubuh dengan cara berolah raga!

Ya, bukan dengan tidur. Tapi dengan menggerakkan badan, membuatnya berkeringat, pasti akan terasa lebih segar.

4Penuh Buku dan Kertas

creativeartworksblog.wordpress.com

Nah, ini tak kalah unik dan seru. Ada sebagian orang yang memang tidak bisa bekerja kalau meja kerjanya terlalu rapih. Ada yang justru lebih suka kalau meja kerjanya berantakan, penuh buku dan kertas-kertas.

Katanya, bentuk meja yang seperti ini menandakan bahwa pemiliknya adalah orang kreatif dan suka berksperimen. Wah, betulkah?

5Kedai

blogoinformasi.com

Ketika kamu bekerja dan terasa loyo karena kurang asupan makanan dan minuman, maka model ruang kerja yang seperti kedai bisa jadi pilihan jitu.

Tidak perlu menyediakan makanan besar, cukup makanan ringan seperti kue, jajanan pasar, segala jenis minuman yang menyehatkan. Di sela-sela kesibukan kerja, kamu bisa minum atau makan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

6Hall Area

techinasia.com

Bertemu orang lain, mendengarkan motivasi dari pimpinan, sampai sekadar duduk-duduk di ruang lapang ternyata bisa memunculkan semangat bekerja lebih keras lho.

Maka menjadi penting memiliki kantor yang tidak bersekat-sekat, tapi langsung saja semua karyawan dan bos duduk di satu ruangan besar agar bisa saling mengakrabkan diri.

7Library Room

home-designing.com

Selain dari suasana ruangan, ide juga datang dari buku. Kenapa tidak kamu coba atur buku-buku bermutu berada di dekat ruang kerjamu? Desainlah dengan apik bagaimana menata buku-buku tersebut agar tidak terlalu tampak seperti perpustakaan sekolah.

Kalau kamu sedang buntu ide, kamu bisa mengambil buku, kemudian membacanya untuk mencari inspirasi atau sekadar membaca untuk melepas lelah seharian menghadap komputer.

SHARE