Kebutuhan masyarakat kota terhadap rumah semakin tinggi setiap harinya. Rumah sebagai kebutuhan primer manusia menjadi prioritas bagi keluarga di kota-kota besar.

Kondisi itu membuat harga tanah semakin terdongkrak, karena demand yang besar tidak diimbangi kenaikan supply. Keluarga yang punya anggota keluarga semakin banyak ini yang paling kena getahnya.

Membeli rumah landed house yang cukup untuk keluarga besar harganya semakin menggila. Kalau menyewa rumah tapi untuk ditinggali sepanjang tahun juga tidak ideal.

Dengan keadaan seperti itu yang paling memungkinkan adalah dengan memilih rumah minimalis yang memiliki 2 lantai. Dengan sedikit menggunakan lahan, tapi bisa ditinggali banyak orang.

Soal harga juga relatif lebih murah karena modelnya minimalis. Beban membeli tanah luas yang mahal juga bisa dialihkan untuk bangunan lantai kedua yang biayanya tidak seberapa.

Jadilah rumah minimalis 2 lantai menjadi idaman bagi banyak keluarga di Indonesia.

Dalam memilih dan membuat desain rumah minimalis 2 lantai tidak boleh sembarangan kalau tidak mau rumah menjadi sempit dan ‘sumpek’.

Dengan perencanaan dan desain yang bagus, walaupun berlahan kecil, rumah minimalis 2 lantai akan memberikan kesan rapi dan rasa nyaman bagi keluarga tercinta.

Berikut ini adalah tips dan langkah-langkah dalam mendesain rumah minimalis yang ideal.

1Merancang Denah Rumah Minimalis 2 Lantai

rumahanda.net

Denah menjadi tahap yang paling mendasar dalam membangun rumah. Jangan sampai terjadi kesalahan membangun baik posisi maupun ukurannya. Berikut ini tips dalam membuat denah rumah minimalis 2 lantai.

  1. Dibagian paling depan rumah, lebih baik untuk menyediakan lahan kecil berbentuk persegi panjang sebagai taman kecil. Di tengah taman diberi jalan masuk untuk menuju ke teras rumah.
  2. Carport di samping taman juga menjadi akses masuk ke pintu rumah. Jika lahan kamu cukup, baiknya membuat garasi dan carport, agar mobil tamu juga bisa masuk ke dalam.
  3. Teras menjadi bagian penting, selain sebagai tempat bersantai dan menerima tamu, juga agar terlihat lebih luas.
  4. Di bagian dalam setelah teras rumah, wajib ada ruang tamu yang memadai. Di belakang taman atau tepatnya di samping ruang tamu, tempatkan kamar tidur anak.
  5. Di bagian tengah, kamu juga dapat menempatkan ruang keluarga dan ruang makan. Ruang makan sebaiknya dijadikan satu dengan dapur sehingga dapat menghemat tempat.
  6. Di sebelah ruang makan, jika ada cukup lahan kamu juga bisa membuat satu kamar tidur anak lagi sebagai pilihan. Di sudut satunya, kamu pun dapat meletakkan 1 ruang kamar mandi.
  7. Di bagian paling belakang rumah, kamu masih bisa memiliki halaman belakang dan di bagian samping ruang keluarga masih tersisa sedikit lahan yang dapat dimanfaatkan sebagai area bermain.
fisipunsil.blogspot.com
fisipunsil.blogspot.com

Ruang dilantai 2 pada denah rumah minimalis lebih dioptimalkan untuk kamar tidur. Di sana kamu juga dapat membuat kamar tidur utama, kamar tidur untuk anak.

Selain itu butuh juga adanya kamar tidur pembantu dan kamar mandi, ruang untuk cuci serta menjemur pakaian. Pada bagian belakang, kamu pun dapat membuat teras untuk bersantai.

2Desain Interior Rumah Minimalis 2 Lantai

desainrumahterbaik.com

Jika kamu salah dalam menata desain interior rumah minimalis 2 lantai, akan membuat rumahmu terlihat sesak. Padahal rumah minimalis mempunyai ukuran ruangan yang tidak begitu luas.

Lebih baik menggunakan furniture yang berukuran tidak terlalu besar. Pilihlah furniture yang minimalis tetapi mempunyai desain modern. Sebenarnya untuk furniture yang kamu pilih disesuaikan dengan tema yang ingin dibuat.

houseklik.com
houseklik.com

Untuk hiasannya, kamu bisa meletakkan rak yang disatukan dengan rak televisi. Ini akan lebih menghemat tempat dibandingkan anda menggunakan beberapa rak yang berbeda.

Pilihlah furniture yang multifungsi dan letakkan di salah satu sudut penting dari rumah. Dengan begitu kamu bisa memiliki ruangan yang lebih besar. Selain itu pada lantai 1, sisakan sedikit ruangan untuk tangga menuju lantai 2.

3Desain Eksterior Rumah Minimalis 2 Lantai

desainpropertimodern.com

Untuk desain eksterior rumah minimalis 2 lantai, harus dipertimbangkan beberapa hal. Misal luas rumah, luas bangunan, dan lain sebagainya.

rumahidamanterbaru.info
rumahidamanterbaru.info

Jika masih anda sisa tanah, kamu bisa membuat taman di depan rumah dan menambahkan pagar rumah minimalis. Ini akan memberikan keindahan sendiri pada rumahmu.

Pagar rumah minimalis selain memberikan keindahan juga memberikan keamanan pada rumah anda. Desain teras juga disesuaikan dengan tema yang inginkan.