Rumah minimalis modern memang masih paling favorit bagi masyarakat Indonesia. Penduduk negara kita yang mayoritas adalah kelas menengah, tentu mendambakan rumah modern dengan harga yang terjangkau.

Rumah minimalis modern menjadi solusinya. Tapi tak lantas rumah minimalis tidak memiliki kekurangan. Dengan harga yang minim, rumah model ini seringnya juga punya lahan yang minim.

Untuk itu sangat penting kamu untuk menentukan desain interior dan tata letak masing-masing ruangan yang sesuai dengan konsep rumah minimalis modern.

Salah satu yang penting diperhatikan merancang rumah adalah desain dapur. Seperti apapun desain rumah, ruang dapur wajib ada di dalamnya. Namun, bagaimanakah seharusnya konsep dapur dalam rumah minimalis modern?

Berikut ini adalah beberapa poin penting tentang konsep dapur dalam desain rumah minimalis modern.

1Kitchen Set yang Efisien dan Rapi

kursisofaminimalis.com

Pastikan bahwa kitchen set yang kamu pesan dari produsen, atau kamu desain sendiri memenuhi kriteria rumah minimalis modern.

Yang pertama tentu sesuai tata letak ruang dapur. Yang kedua desainnya hemat ruang, atau rak dan kabinet bersusun yang efisien. Lebih baik lagi jika microwave dan lemari pendingin include di kitchen set.

Selanjutnya pemilihan desain juga jangan terlalu rumit dan warna yang sederhana namun menarik.

Selain itu penting juga untuk mempertimbangkan bahan dasar kitchen set. Bahan kitchen set seperti plywood sangat disarankan untuk dipilih karena daya tahannya terhadap rayap yang lebih baik. Plywood juga kuat untuk pemasangan sekrup.

Bahan kayu jati memang lebih, namun untuk desain minimalis juga tidak menonjolkan kemewahan, lebih baik menggunakan bahan yang lebih murah seperti Plywood.

2Pemilihan dan Peletakan Peralatan Dapur

desainterbaru.xyz

Karena space ruangan yang tersedia hanya sedikit, kamu juga harus memperhatikan perlengkapan dapur yang efisien dan fungsional.

Alat-alat dapur yang besar seperti kulkas juga perlu diperhatikan. Misalnya jika anggota keluarga sedikit, baiknya menggunakan kulkas yang berukuran lebih kecil agar menghemat tempat. Bisa juga membuat space khusus pada kitchen set untuk kulkas.

Untuk kompor, letakkan di dekat jendela atau exhaust agar aliran udara menjadi lebih lancar dan sebagai antisipasi jika terjadi kebocoran gas. Usahakan agar kompor bersebelahan dengan wastafel agar lebih mudah saat perlengkapan memasak.

propertyinside.wordpress.com

Gantungkan alat-alat masak seperti panci, wajan, pisau, dan talenan, agar tidak memakan ruang dan lebih rapi.

Jika kamu punya peralatan masak portable seperti, magic jar, juicer, blender, hingga coffe maker harus diletakkan pada sudut terbaik agar tidak terkesan acak-acakan dan sempit. Lebih baik disimpan saja jika tidak sering digunakan.

3Menggabungkan Dapur dengan Ruang Makan

desainrumahnya.com
desainrumahnya.com

Bukan pilihan wajib, namun paling ideal bagi desain rumah minimalis modern. Karena dua ruang itu mempunyai inti yang sama yakni makanan.

Keuntungannya selain dapat menghemat ruangan, konsep seperti itu juga bisa menjadi tempat berkumpul bersama. Memasak sambil mengobrol bersama teman dan keluarga, atau ketika sedang ada pesta kecil-kecilan.

desainrumahnya.com
desainrumahnya.com

Ada dua pilihan pada konsep ini, yang pertama menggabungkan meja makan dengan dapur, yang kedua memisahnya. Jika digabungkan keuntungannya sudah tentu akan lebih menghemat ruang lagi, selain juga menghemat bahan.

Jika meja terpisah, walaupun memakan ruang tapi kamu akan lebih leluasa dalam menentukan posisi. Kamu juga bisa memperbanyak kursi semisal jika ada tamu yang datang.

4Ilusi dengan Pencahayaan

rumahanda.net

Kamu dapat menciptakan ilusi ruang kosong di bawah kabinet dengan menggunakan pencahayaan yang tepat. Dengan pencahayaan yang tepat maka dapur akan terasa lebih besar dan menyenangkan untuk dilihat.

Dengan cahaya yang terang, memasakpun bisa lebih nyaman dengan pandangan yang jelas. Hal itu bisa dilakukan jika ada pintu khusus di dapur atau jendela yang langsung mendapat sinar. Selain itu dengan pintu dan jendela akan bagus juga bagi sirkulasi udara.