Banyak orang saat ini sangat antusias dengan desain rumah minimalis. Desain yang dulu hanya digunakan oleh para developer properti di kota besar, kini sudah mulai merambah ke seluruh penjuru tanah air.

Banyak para pelaku properti menerapkan konsep rumah minimalis di pinggiran kota. Type rumah yang disasar pun mulai menyentuh type-type kecil seperti type 21, type 36 dan type 45.

thewowstyles.net
thewowstyles.net

Harga rumah yang sudah tidak sanggup dijangkau oleh masyarakat perkotaan, menyebabkan mereka bergeser ke pinggiran kota.

Walaupun mereka memilih tinggal di tempat yang lebih desa, namun gaya praktis, simple, efisien dan sederhana masih melekat. Maka rumah minimalis pun menjadi pilihan.

Tapi, apakah alasan yang sebenarnya, mengapa banyak orang menyukai desain rumah minimalis? Untuk menjawab pertanyaan ini, yuk langsung kita bahas.

1Hemat Ruang dan Waktu

rumahminimalispedia.com

Konsep rumah minimalis pada dasarnya adalah bagaimana caranya menghemat ruang dan waktu. Hal ini pada mulanya disebabkan karena keterbatasan ruang atau lahan perkotaan di Indonesia.

Dengan alasan keterbatasan ruang itulah, maka banyak orang menjadikan hunian yang nyaman dan efisien menjadi poin utama dalam mencari tempat tinggal.

Konsep desain rumah minimalis untuk saat ini benar-benarĀ  menjadi pilihan terbaik untuk banyak alasan mengenai ruang dan waktu.

Kenapa menghemat waktu? Ini dikarenakan pengerjaan rumah minimalis membutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan rumah pada umumnya.

2Hemat Anggaran

rumahidealis.co

Alasan yang ini tidak bisa diragukan lagi menjadi alasan utama kenapa memilih desain rumah minimalis. Desain rumah minimalis masih bisa dijangkau oleh pasangan muda yang ingin segera pisah dari orangtua.

Namun, keterjangkauan harga rumah minimalis juga berbeda-beda. Bisa tergantung dengan lokasinya, materialnya ataupun jenis furniture dan perabot yang akan dipakai untuk melengkapi rumah minimalis tersebut.

3Hemat Perawatan

typerumahminimalis.info

Agar rumah minimalis dapat bertahan lama, tetap terlihat rapi, bersih dan indah, maka perawatan adalah hal wajib yang perlu dilakukan.

Nah, karena rumah minimalis tidak terlalu luas, maka kita tidak membutuhkan biaya banyak apabila mau mengecat ulang rumah, ataupun mengganti furniture di dalam rumah.

Dengan kita bisa menghemat, maka kita bisa terus berkreatifitas untuk sekedar mencoba-coba desain interior maupun ekterior rumah minimalis kita. Jadi, rumah kita akan terus seperti baru.

4Lebih Modern

picturerumahminimalis.com

Banyak orang menyukai rumah minimalis, karena mereka menganggap bahwa rumah minimalis adalah rumah yang modern.

Berdasarkan dari kesan modern inilah, maka pada akhirnya banyak orang ikut-ikutan membeli atau membuat rumah dengan gaya minimalis. Walaupun pada kenyataannya mereka tidak paham konsep rumah minimalis.

Jika kita perhatikan lebih seksama, desain rumah minimalis di Indonesia banyak mengikuti desain rumah di eropa. Hal ini ditunjukkan dengan penggunaan warna cat yang cenderung netral.

Selain warna cat, penggunaan perabot, furniture maupun ornamen-ornamen pendukung pun mengikuti gaya-gaya eropa. Gaya-gaya yang terkesan kasual dan dinamis.

5Antik dan Unik

rumahkecilminimalis.com

Untuk membuat rumah minimalis diperlukan kejelian arsitek dan pembuatnya. Seorang arsitek atau developer membutuhkan kecermatan dalam memilih warna cat, furniture, perabotan, maupun interior dan eksterior ruangan.

Jika seorang arsitek atau pemilik rumah mampu memadukan seluruh detail dalam sebuah desain, maka ini merupakan sebuah kepuasan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Itulah beberapa alasan kenapa desain rumah minimalis banyak peminatnya. Dengan banyak peminat, maka ini adalah pekerjaan rumah bagi para pengembang untuk menyediakan rumah minimalis yang lebih terjangkau.