Membangun rumah di era kekinian dipandang semakin rumit. Banyak orang beranggapan bahwa biaya untuk dapat mendirikan sebuah rumah sangat mahal. Padahal tidak demikian. Kamu bisa menyiasatinya kok.

Kalau kamu hanya punya budget 10 juta, jangan khawatir, kamu tetap bisa membangun rumah. Sekarang ini sudah banyak bermunculan aneka desain rumah. Mulai dari yang sederhana sampai mewah.

Mungkin kamu ingin membeli dalam bentuk KPR juga tidak masalah. Hal yang terpenting kamu mampu membandingkan antara desain dan harganya. Tapi, bagaimana pun membangun rumah sendiri lebih menyenangkan bukan?

Selain itu, ketika membangun rumah sendiri, kamu bisa mengatur pengeluaran untuk pembiayaannya. Nah, seperti apa sih desain rumah yang direkomendasikan untuk kamu coba.

Simak yuk, ulasan berikut ini.

1Rumah Bambu

kumpulan-desainrumah.blogspot.com

Bambu merupakan bahan yang paling mudah didapatkan dari lingkungan sekitar. Harga bambu saat ini berkisar antara Rp20.000-25.000 per-batangnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, rumah bambu kini makin banyak digandrungi. Berbagai inovasi rumah minimalis dari bahan bambu telah bermunculan. Rumah bambu cenderung menumbuhkan nuansa adem, alami, sejuk, dan cantik.

Sayangnya, di kawasan perkotaan di Indonesia belum banyak yang memakai konsep rumah bambu. Padahal, dari sisi biaya, rumah bambu jauh lebih irit.

Pokoknya, rumah bambu sangat direkomendasikan untuk dijadikan hunian di tengah merambahnya pemanasan global. Supaya tidak monoton, kamu bisa memilih desain-desain modern untuk diaplikasikan ke rumah bambu.

kumpulan-desainrumah.blogspot.com
kumpulan-desainrumah.blogspot.com

Misalnya, rumah bambu gaya Jepang. Seperti biasanya, rumah bergaya Jepang, identik mengedepankan bentuk minimalis tanpa meninggalkan kesan alaminya.

Rumah bambu minimalis bergaya tradisional Indonesia juga bisa kamu kombinasikan dengan desain modern. Apapun modelnya, yang jelas rumah bambu tidak memakan biaya mahal.

2Rumah Kotak Simetris

rumahminimalisin.com

Pernah lihat model rumah di Jepang? Kebanyakan orang Jepang membangun rumah dengan desain kotak atau persegi. Rumah berbentuk kotak akan menghabiskan material lebih sedikit dibandingkan rumah dengan banyak lekukan.

Rumah seperti ini harus dibagi menjadi beberapa ruang yang simetris juga. Jika rumah banyak lekukan akibatnya pengerjaannya lebih rumit dan membutuhkan banyak material.

Atap rumah kotak simetris bisa berbentuk pelana atau perisai. Biayanya akan jauh lebih murah. Dapat juga berupa atap miring searah

3Rumah Berdinding Batako

rumahidamanterbaru.info

Dinding tidak perlu dicat. Tonjolkan saja bentuk aslinya. Misalnya, kamu pakai batako, biarkan saja batako itu terlihat. Kalau menggunakan batako, yang penting batako itu tersusun rapi. Rumahmu akan tetap cantik meskipun dindingnya belum ditutupi elemen lain.

Dinding batako biasanya hanya diplester saja, sedangkan dinding dari bata merah tetap terlihat unik.

4Desain Rumah dengan Interior Minimalis

interiorumahminimalis.blogspot.co

Selain bentuk rumah yang kotak simetris, ukuran ruangan di dalamnya pun harus demikian. Ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Misal, kamar untuk satu orang, jangan dibuat ukuran kamar dua orang.

5Rumah Kayu

desaindesainrumah.com

Siapa bilang rumah kayu ketinggalan zaman? Justru di zaman yang serba mahal sekarang ini, membangun rumah dari bahan kayu sangat dianjurkan. Di kawasan Eropa sana banyak lho, yang mendirikan rumah dengan bahan dasar kayu.

Rumah kayu memiliki nilai artistik yang tinggi. Selain itu, biayanya jauh lebih hemat dan proses pembangunannya cepat. Rumah kayu sangat cocok dibangun di Negara Indonesia yang rentan berhawa panas pada saat kemarau tiba.

Apalagi sekarang sedang pemanasan global, model rumah kayu yang satu ini bisa mengubah hawa panas jadi sejuk bila berada di dalamnya. Kalau rumah kayu semakin berkembang dan banyak dipakai masyarakat maka efek pemanasan global akan terkurangi.

Pasalnya, rumah modern masa kini didominasi oleh kaca yang bisa menimbulkan dampak negatif pemanasan global. Kamu bisa mencontoh beberapa model rumah kayu modern dari berbagai negara. Misalnya, rumah kayu bergaya country dan gaya Jepang.

Ingin desain nyentrik namun tetap sederhana? Cobalah membangun rumah kayu bergaya country. Orang Indonesia mengenalnya dengan sebutan rumah koboi. Gaya rumah seperti ini tenar di era tahun 90-an.

Sementara itu, untuk rumah kayu gaya Jepang, biasanya lebih menonjolkan riasan landscape mini di depan rumah. Rumah kayu gaya Jepang mengadopsi bentuk limas dengan bahan keseluruhan terbuat dari kayu.

Jangan takut dianggap kuno karena kamu membangun rumah kayu, karena yang penting kamu nyaman dan aman tinggal di dalamnya.