Mungkin ada di antara kamu di sini yang sedang menggemari berbagai barang dengan desain yang sudah tua. Atau senang untuk bergaya dengan pakaian layaknya orang zaman dahulu. Anak muda saat ini menyebutnya dengan gaya vintage dan retro.

Kata vintage dan retro itu dikaitkan dengan kesukaan mereka kepada hal-hal yang kuno. Pernah nggak sih kamu mendengar ada anak muda yang suka sekali dengan gaya tahun 1920 hingga 1990-an?

Gaya di sekitaran tahun itulah yang mereka sebut dengan vintage dan retro. Untuk mode di tahun 1920 hingga 1960-an disebut dengan vintage yang identik dengan dominasi warna hijau pudar.

Sedangkan retro untuk gaya yang lebih kontemporer di tahun 1970 hingga 1990-an. Kesan warna yang lebih bebas akan membuatmu kembali teringat pada gaya retro.

Gaya yang dimaksud ini bisa dari penampilan, benda-benda yang digunakan maupun gaya berdandannya yang disesuaikan dengan tahun “kuno” itu. Ada juga yang menyebutnya gaya “jadul” atau jaman dulu.

Padahal untuk kata vintage sendiri tidak ada hubungannya sama sekali dengan hal-hal jadul itu. Vintage digunakan untuk mengetahui waktu untuk memanen anggur. Para petani yang kerap menggunakan kata ini saat akan memanen hasil cocok tanam mereka.

Namun sekarang, kata vintage itu sudah berganti makna. Kata itu lebih merujuk pada beberapa style dan benda. Nah, beberapa orang memanfaatkan gaya-gaya vintage dan retro itu untuk membuat beberapa showcase yang unik.

Benda-benda ini dibuat karena ingatannya tentang masa lalu. Gaya vintage itu hadir dalam warna, ilustrasi dan tulisan yang terkesan retro.

1Crisp and Company Dill Pickles Label

hongkiat.com

Salah satu desain label yang dibuat menggunakan font dengan gaya kuno. Jika sekilas dilihat ingatan akan langsung membayangkan cerita koboy atau serial Disney yang kerap menggunakan font ini.

Mungkin kamu juga ingin membuat sebuah desain lucu yang terkesan vintage ini?

2Yugoslav Film Archive

hongkiat.com

Desain yang dibuat untuk “wadah” popcorn ini berisikan tulisan judul-judul film yang pernah tayang di Yugoslavia. Mungkin film yang ditayangkan itu juga sudah film jadul ya? Jadi yang mengerti mereka yang sudah berumur.

3Retro Branding for Ice Cream

hongkiat.com

Wahh, ada desain bergaya retro untuk sebuah kemasan es krim. Orang-orang yang lahir dikisaran tahun 1900-an pasti akan mengenang masa kecil mereka ketika dibelikan sebuah es krim oleh orang tuanya.

Ekspresi dari anak yang ada di kemasan ini bisa jadi menggambarkan kegembiraan mereka dahulu.

4Recovery Kits

hongkiat.com

Showcase dari kotak obat ini mungkin mengingatkanmu dengan masa lalu. Ketika kamu membutuhkan obat, kamu menemukannya di dalam tempat yang seperti ini.

5Fossil Watch Tins

hongkiat.com

Ini nih, tempat dengan berbagai macam gambar lucu ini adalah sebuah tempat untuk meletakkan jam tangan. Jadi kamu bisa menyimpannya dengan aman di dalam wadah ini. Mungkin juga kamu ingin menjadikannya kenang-kenangan untuk salah seorang kawan.

6Route 29

hongkiat.com

Desain selanjutnya digunakan untuk kemasan sebuah kaleng biskuit. Karena biskuit ini terbuat dari selai kacang, jadi dominasi warna kalengnya pun coklat. Semakin menjadikannya terlihat kuno.

7Rebel Green

hongkiat.com

Gambar seorang wanita yang sedang mengelap buah apel ini memperlihatkan kesan vintage. Ditambah dengan font yang digunakan juga, jadi kemasan pembersih buah dan sayuran ini benar-benar jadul terkesan jadul banget.

8Peepers of the Decades

hongkiat.com

Ada yang bisa menebak untuk apakah benda ini? Kamu bisa melihatnya dari desain pada kemasan lho. Yap, benda ini adalah tempat untuk menyimpan kaca mata. Desainnya yang cantik dengan berbagai macam warna pasti sangat diincar oleh beberapa orang.