Wilayah Malang memang sudah lama dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak tempat alternatif tujuan wisata. Tidak hanya dikenal di dalam negeri, bahkan Malang juga dikenal oleh para wisatawan dari luar negeri.

Hampir selalu di setiap musim liburan, wilayah ini akan ramai dikunjungi para wisatawan domestik dan wisatawan luar negeri. Malang memiliki wilayah dengan alam yang masih terjaga asri dan indah. Menuju ke sana pun sangat mudah.

Cukup banyak alternatif moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk mengunjungi wilayah ini. mulai dari transportasi publik hingga transportasi pribadi bisa menjangkaunya.

Bahkan pada beberapa tahun terakhir ini, tiga wilayah pemerintahan yang termasuk dalam wilayah Malang Raya, yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu sama-sama berfokus pada perbaikan fasilitas transportasi.

Antara lain seperti pelebaran jalan raya, penambahan jalur alternatif dan pemasangan tanda penunjuk arah di setiap persimpangan jalan. Hal ini secara otomatis memudahkan para wisatawan untuk melakukan perjalanan menuju tempat wisata yang diinginkannya.

Nah, bagi kamu yang mungkin sudah beberapa kali mengunjungi wilayah Malang Raya. Tidak perlu merasa bosan jika melakukan perjalanan kembali ke sini. Kenapa? Karena Malang kembali memiliki beberapa tempat wisata yang terbukti alami dan menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini tempat wisata terbaru di Malang Raya yang perlu kamu masukkan dalam daftar rencana travellingmu.

1Wisata Air Sumber Sirah

aang-junaidi.blogspot.com

Terletak di Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, wisata air Sumber Sirah pada awalnya hanya sekedar sungai semi danau yang terbentuk secara alami untuk irigasi sawah di sekitarnya. Namun belakangan Sumber Sirah semakin banyak yang mengujunginya.

Sumber Sirah memiliki kedalaman sekitar 1,5 sampai 2 meter. Kamu dapat melakukan kegiatan snorkelling dengan nyaman. Pemandangan bawah airnya begitu indah. Di sekitarnya juga terdapat hamparan sawah yang semakin menambah suasana permai.

2Pantai 3 Warna

www.laurangelia.com

Lagi-lagi, tempat yang satu ini juga pas untuk kegiatan snorkelling. Berada di wilayah Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini masuk dalam zona konservasi sehingga untuk masuk kesana harus melalui reservasi terlebih dahulu dengan pendampingan oleh tour guide setempat.

Titik permulaan tracking dimulai dari Pantai Gatra. Di sini kamu bisa bermain-main hingga camping terlebih dahulu sambil menunggu giliran sesuai antrian reservasi memasuki wilayah Pantai 3 Warna.

Setelah memasuki Pantai 3 Warna, kamu bisa menikmati keindahan pantai dan bawah laut yang tidak kalah dengan keindahan di Taman Bawah Laut Bunaken yang terkenal hingga pelosok dunia.

3Coban Jahe

ferdywaterfall.blogspot.com

Coban atau air terjun merupakan salah satu objek wisata yang banyak ditemukan di wilayah Malang Raya. Kawasan yang berbukit-bukit dengan hutan hujan tropis yang lebat menjadikan wilayah ini banyak air terjunnya.

Coban Jahe berada di wilayah Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Uniknya, penamaan Coban Jahe berasal dari sejarah tempat itu sendiri. Dimana terdapat makam para pejuang Angkatan Bersejata Republik Indonesia yang gugur saat perang melawan penjajah kala itu.

Makam para pejuang ini dapat kamu temukan di sisi jalan utama menuju Coban Jahe. Sehingga saat kamu berwisata ke sana, sembari dapat mengingat sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan dalam mengusir penjajah.

4Pantai Lenggoksono

www.lintas.me

Berada di wilayah Malang bagian selatan, Pantai Lenggoksono memiliki keunikan dibandingkan dengan pantai lainnya. Lautnya terlihat seperti bersandar di bebatuan. Dengan air terjun yang tidak begitu besar muncul dari bebatuan itu.

Air yang terjun dari bebatuan itu jatuh ke arah pantai, kemudian menyatu dengan air laut. Jadi, disana kamu bisa melihat bagaimana proses air tawar menyatu dengan air laut. Karena fenomena inilah, pantai ini juga dikenal dengan “Banyu Anjlok” atau air jatuh.