cantiksehatwanita.com

Kamu Akan Ditanyai 4 Hal Ini di Padang Mahsyar Kelak

Posted on

Padang mahsyar merupakan fase yang harus dilalui oleh semua umat manusia setelah mati dan kiamat tiba. Tidak ada satupun yang tidak melewati fase ini, semua akan merasakannya.

Di tempat ini semua akan di beri pertanyaan, pertanyaan ini sesuai dengan nikmat yang diberikan oleh ALLAH kepada manusia, karena nikmat itulah yang justru banyak melenakan manusia.

Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba (menuju batas shiratul mustaqim) sehingga ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan.

Ilmunya untuk apa ia amalkan , hartanya dari mana ia peroleh dan kemana ia habiskan dan badannya untuk apa ia gunakan”(Hadits Shahih Riwayat At Tirmidzi dan Ad Darimi)

Umur

myfitriblog.wordpress.com
myfitriblog.wordpress.com

Umur merupakan waktu yang diberikan manusia agara berbuat kebaikan, saking pentingnya waktu tersebut, ALLAH selalu mengingatkan dalam alquran, “demi masa”.

Sehingga di padang mahsyar kelak, setiap manusia akan ditanya dipergunakan untuk apa saja waktu yang dimilikinya ? apakah untuk beribadah, atau untuk melakukan hal yang sia-sia ?

Untuk itu setiap muslim wajib mengisi hari-harinya dengan kebaikan, dengan ketaatan jika hanya dibuat untuk kemaksiatan, sungguh waktu dia untuk menebus kesalahan sangat sedikit.

Ilmu

shukriharun.blogspot.com
shukriharun.blogspot.com

Ilmu merupakan sesuatu yang sangat penting bagi manusia, di padang mahsyar akan ditanya tentang ilmu dan amal mereka, karena keduanya sangat berkaitan. Ilmu juga yang akan membedakan kualitas seorang hamba.

Sebagaimana dalam Alquran, Allah SWT berfirman, “Apakah sama orang yang tahu (berilmu) dengan yang tidak berilmu?” (QS. Az Zumar:9)

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati semuanya itu akan diminta pertanggung jawabannya”. (QS. Al Isra’:36)

Untuk itu menuntut ilmu sangat wajib bagi seorang muslim, karena jika amalan hanya didasari ikut-ikutan saja, tanpa adanya ilmu maka akan sangat beda sekali nilainya, belum lagi kalau amalan itu benar, bisa saja salah.

Harta

bacaanmadani.com
bacaanmadani.com

Berikutnya yang ditanyakan di padang mahsyar adalah harta, harta ini juga merupakan salah satu jalan manusia untuk beramal juga jalan untuk bermaksiat.

Dan pada hakikatnya semua harta yang dimiliki manusia adalah titipan ALLAH swt, jadi akan dimintai pertanggung jawaban kelak, harta yang digunakan untuk apa saja di dunia.

Setiap muslim seharusnya paham betul, bahwa harta hanya titipan dan hanya untuk kebaikan harta itu digunakan.

Badan

kompasiana.com
kompasiana.com

Hal terakhir yang ditanyakan di padang mahsyar adalah badan, badan merupakan media utama sebagai penggerak manusia. ALLAH menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk, tentu akan diminta kembali dan diminta pertanggung jawabannya kelak.

Jika badan yang diberikan ALLAH digunakan untuk kebaikan, tentu ini sesuai dengan apa yang diperintahkan ALLAH, tapi jika tidak maka akan mendapat hukuman yang setimpal.

Untuk itu para muslim harus paham, bahwa semua yang kita punya hanyalah titipan bahkan termasuk badan kita sendiri, yang setiap hari kita menjaga dan merawatnya.

Demikian 4 hal yang ditanyakan dan dipeertanggungkawabkan di padang mahsyar, untuk itu sebelum kita menemuinya sangat baiknya kita segera memperbaiki diri agar nanti kita nanti mampu bertanggung jawab dengan baik.

Wallahu ‘Alam semoga bermanfaat

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *