Salah satu modal untuk tetap kuat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di bulan suci Ramadhan adalah dengan memiliki kondisi dan stamina tubuh yang prima.

Dengan kondisi tubuh yang baik, maka seseorang akan mudah dalam menjaga kestabilan tubuhnya untuk menahan lapar dan haus selama seharian penuh.

Namun apa jadinya jika kondisi tubuh seseorang sedang drop alias jatuh sakit? Maka bisa dipastikan bahwa saat menjalankan ibadah puasa akan menjadi tidak maksimal.

Bisa jadi kondisi tubuh yang kurang baik akan membuat seseorang menjadi sulit menjalankan ibadah puasa penuh di bulan Ramadhan. Hmm, sayang sekali ya?

Nah, salah satu yang bisa membuat kondisi tubuh drop adalah diare. Bisa karena pengaruh makanan, kondisi cuaca, atau faktor lainnya.

Untuk mencegah kondisi tubuh makin drop maka diare harus segera diatasi. Untuk mengatasinya, cobalah beberapa tips jitunya berikut ini!

1Minum Air Putih yang Banyak

lingkarannews.com

Dalam keseharian pun, minum air putih dalam kondisi cukup dan cenderung agak banyak memang sangat baik untuk kesehatan dan menjaga stamina tubuh.

Air putih dapat mencegah seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh yang bisa menyebabkan lemas dan sakit.

Jika kamu mengalami diare, dalam kondisi yang sudah lemas sebaiknya dibatalkan dulu puasanya karena Allah memberi keringanan hambaNya yang sedang sakit.

Perbanyak minum air putih dalam masa penyembuhan. Atau bisa juga ditambah dengan cairan elektrolit seperti oralit agar tubuhmu tidak mengalami dehidrasi.

2Makan Yoghurt

michaelolivier.co.za

Jika beberapa produk susu justru memicu semakin parahnya diare, namun tidak dengan yoghurt. Makanan ini justru akan membantu membuang bakteri lewat cairan diaremu setelah kamu memakannya.

Bakteri yang dikeluarkan akan dimatikan oleh yoghurt yang kamu konsumsi. Karena sejatinya di dalam yoghurt sendiri ada bakteri baik yang memang membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh.

3Hindari Makanan Pedas, Berlemak, dan Berbahan Susu

ngopie.com

Makanan yang pedas bisa memicu asam lambungmu semakin naik dan membuat diaremu bertambah parah. Pun dengan makanan berlemak yang juga bisa menaikkan kadar asam lambungmu.

Sedangkan makanan berbahan susu kecuali yoghurt akan memicu kondisi kotora atau tinja sulit memadat, sehingga diare tak akan kunjung sembuh.

4Minum Obat Diare

www.obatapasaja.com

Jika dirasa diare semakin parah padahal cara alami sudah dilakukan, maka segera membeli obat diare atau datangi dokter. Apalagi jika diaremu sudah sangat cair dan disertai muntah dan badan lemah.

Jangan biarkan kondisi diare terlalu lama menjangkiti tubuhmu.

Dan tentunya selain mengobati diare dengan berbagai cara di atas, yang harus kamu lakukan untuk mengimbangi usahamu tersebut adalah dengan cukup istirahat dan makan makanan yang sehat.

Karena percuma suatu tindakan penyembuhan namun tidak diimbangi dengan kondisi tubuh yang tetap dipaksa bekerja berat. Iya kan?