Menjelang tahun ajaran baru, para orang tua pasti akan disibukkan dengan perkara mencari sekolahan buat anaknya, baik itu yang akan masuk ke jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama ataupun sekolah menengah atas.

Mencari dan menentukan sekolah untuk buah hati ini merupakan perkara yang susah-susah gampang. Pasalnya, orang tua harus menyelaraskan keinginannya dengan keinginan serta kebutuhan anak. Belum lagi kalau sekolah yang diinginkan ternyata memberi persyaratan-persyaratan tertentu yang tidak semua anak dan orang tua memenuhinya, misalnya saja dalam segi kemampuan anak atau pun biaya.

Nah, jika dalam proses pencarian sekolah kemudian berbenturan dengan hal-hal di atas, maka apa yang perlu dilakukan oleh orang tua. Nggak mungkin kan anak menunda sekolahnya hanya karena permasalahan ini. Jadi, sebenarnya kriteria sekolah seperti apa sih yang kira-kira pantas orang tua pilih dan sekiranya anak suka?

Back

1. Guru dan Lingkungan, Ramah Terhadap Anak

Saat menentukan sekolah buat anak, maka yang pertama kali perlu dilakukan oleh orang tua adalah berkunjung ke sekolah-sekolah yang memang sudah menjadi incaran. Ketika datang ke sekolah inilah, kita bisa melihat bagaimana sikap guru-guru di sana, ramah atau tidakkah, baik itu kepada anak didiknya, ataupun kepada orang-orang yang berkunjung ke sekolah tersebut.

Selain sikap dari guru-gurunya, kita pun perlu melihat sikap dari orang-orang di lingkungan sekolah, baik satpam, petugas kebersihan, hingga penjual makanan di sekitar sekolah. Kita harus memastikan semua memang ramah terhadap anak. Ini perlu kita lakukan agar anak nyaman nantinya.

soaltescpns.info
Back