Diet merupakan pengaturan pola makan yang dikonsumsi oleh seseorang dalam jumlah tertentu dan teratur setiap harinya. Dalam pengertian lain, diet adalah jumlah maupun jenis makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam kondisi tertentu.

Diet yang dilakukan setiap orang tidak selalu sama, karena diet itu dipengaruhi juga oleh usia, kondisi kesehatan, berat badan, dan hal-hal lain sesuai dengan kondisi pelakunya.

Setiap orang yang melakukan diet dianjurkan untuk melakukan konsultasi kepada ahli gizi terlebih dahulu. Supaya mereka tidak salah langkah ketika memutuskan untuk memulai salah satu jenis diet.

Berikut ini beberapa jenis diet yang disesuaikan dengan kondisi para pelaku diet.

1Diet karena Penyakit Tertentu

www.huffingtonpost.co.uk

Beberapa penyakit mengharuskan pasiennya untuk melakukan diet khusus. Misalkan saja penderita diabetes, mereka harus diet dari konsumsi gula yang berlebih, sehingga perlu dibatasi penggunaannya.

Untuk penderita penyakit jantung maupun ginjal, diet yang harus dilakukan adalah diet rendah garam.

2Diet Alergi Makanan

abiummi.com

Tidak semua orang bisa mengonsumsi segala jenis makanan. Sebagian orang menderita alergi akan suatu jenis makanan. Misalkan saja orang yang alergi pada susu, telur, coklat, tomat, udang, kacang, maupun ikan.

Sehingga mereka pantang untuk mengonsumsi makanan yang akan menyebabkan alergi mereka kambuh.

3Diet Normal

tunggo.com

Diet jenis ini merupakan diet yang seimbang. Semua elemen makanan yang diperlukan oleh tubuh bisa kamu konsumsi demi menjaga kesehatan. Setiap orang membutuhkan protein, mineral, vitamin, dan lemak.

Karena manusia perlu membangun serta memelihara sel-sel tubuh dan mengatur fungsi tubuh agar berjalan dengan baik. Kebutuhan tubuh akan protein, lemak, dan karbohidrat harus dipenuhi untuk menghasilkan tenaga dan panas normal tubuh.

Usahakan untuk memenuhi segala elemen yang diperlukan oleh tubuh. Elemen tersebut di antaranya, mineral kalsium dan besi, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Jika kalian kekurangan salah satu elemen tersebut, dikhawatirkan dapat mengakibatkan munculnya penyakit tertentu. Misalkan saja kalian kekurangan vitamin C, kemungkinan untuk terjadi penyakit gusi berdarah akan kalian dapat.

Penyakit anemia juga dapat kalian derita jika kekurangan vitamin B12.

4Diet untuk Menurunkan dan Menaikkan Berat Badan

wordobatpelangsingxamslimer.wordpress.com

Tidak semua memiliki bentuk tubuh yang ideal. Demi mendapat tubuh yang langsing dan sehat ada pengorbanan yang dilakukannya. Karena beberapa orang cenderung memiliki tubuh yang sangat kurus maupun gemuk.

Sehingga diet merupakan salah satu solusi untuk mereka mendapatkan target tubuh yang sesuai impian. Diet yang bertujuan untuk membentuk tubuh menjadi lebih ideal memiliki rumus tersendiri.

Seseorang memiliki sejumlah energi yang didapat dari mengonsumsi makanan. Kemudian mereka pun membutuhkan sejumlah energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang diukur dalam satuan kalori.

Diet untuk menurunkan maupun menaikkan berat badan didasarkan pada jumlah kalori yang dikonsumsi serta kalori yang telah dibakar tubuh untuk melakukan suatu kegiatan.

Apabila seseorang melakukan diet untuk menambah berat badan, maka mereka akan mengonsumsi kalori yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh. Jika ingin menguruskan badan, maka kebalikannya.

Jadi, seseorang harus mengonsumsi lebih sedikit kalori dari yang diperlukan tubuh untuk dibakar setiap harinya. Diet ini pun perlu untuk mengonsumsi semua elemen makanan.

Lebih baik lagi jika dibarengi dengan melakukan olah raga rutin, supaya badan terbentuk dengan baik dan ideal.

5Diet karena Usia

ideasik.com

Diet pun bisa dikarenakan suatu kelompok usia tertentu, seperti orang tua dan anak-anak. Mereka memerlukan makanan khusus untuk dikonsumsi. Berbeda untuk orang tua dan anak-anak.

Jika anak-anak yang berkembang dengan cepat, mereka perlu makanan untuk memperbaiki sel-sel tubuh, memberi energi pada tubuh, serta membantu pertumbuhan sel-sel tubuh yang baru.

Anak-anak perlu melakukan diet seimbang. Mereka perlu mengonsumsi makanan yang mengandung susu, telur, daging, ayam, ikan, kedelai, tahu, tempe, kacang, biji-bijian, buah, sayuran, nasi, dan makanan pokok lainnya.

Orang tua pun membutuhkan asupan nutrisi seperti anak-anak. Namun, sesuaikan pula asupan kalori untuk para lansia dengan aktivitas yang mereka kerjakan.

6Diet Ibu Mengandung atau Menyusui

uswahislam.blogspot.com

Bagi seorang ibu yang tengah mengandung maupun menyusui buah hatinya perlu melakukan diet khusus. Agar asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh melalui si ibu pun diterima baik oleh bayi.