Berbagai alternatif metode dan cara diet telah banyak berkembang di Indonesia. Ada yang mengedepankan suplemen, ada yang mengedepankan berbagai obat kimia. Namun, kamu harus tahu bahwa diet alami adalah cara paling tepat untuk mengelola kesehatan kamu.

Nah, tetapi bagaimanakah diet alami yang benar? Semua hal tidak pernah terlalu rumit, semua rahasia dan jawabannya sebenarnya telah kamu ketahui. Beberapa cara di bawah ini minimal akan dapat menuntun kamu menjalani diet alami yang tepat.

1Buah dan Sayuran Segar

gfvga.org

Sekira ukuran 2,5 gelas sayuran dan 2 gelas buah akan memberimu kalori sebanyak kira-kira 2000 kalori. Kamu bisa memakan buah dan sayuran dalam bentuk jus atau smoothie.

Kamu juga dapat memakan buah secara langsung, sedangkan sayuran berbagai warna bisa kamu kombinasikan menjadi salad sesuai selera kamu. Dengan cara diet alam ini, kamu akan banyak menyerap nutrisi, serat, dan vitamin.

2Whole Grains

kashi.com

Istilah whole grains biasanya disematkan pada label berbagai produk tepung. Yang dimaksud dengan whole grains adalah tepung gandum penuh atau tepung biji-bijian penuh.

Artinya, penggilingan tepung dilakukan pada gandum atau biji-bijian secara penuh. Mulai dari kulitnya hingga isinya, tepung whole grains ini mengandung serat lebih banyak. Dan tentu saja serat sangat dibutuhkan dalam diet alami kamu.

3Diet Alami Ikan dan Kacang

forum.krstarica.com

Kacang-kacangan, lemak ikan, alpukat, minyak sayur adalah sumber lemak tak jenuh yang sehat dan dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun berbagai makanan ini mengandung banyak kalori, namun tidak menyebabkan kenaikan berat badan, artinya kamu tidak perlu takut gendut.

Penelitian menunjukkan bahwa berbagai jenis makanan tersebut berkontribusi pada rasa kenyang, selain itu dapat mengurangi resiko penyakit jantung karena merupakan sumber omega-3 sebagai lemak tak jenuh kompleks.

4Kurangi Daging Merah

timestutorials.co.uk

Berbagai daging merah dan daging olahan atau kalengan serta produk turunan daging lainnya merupakan sumber lemak jenuh. Daging-daging ini ‘bertanggung jawab’ atas naiknya low density lipoprotein (LDL) kolesterol, kolesterol ‘jahat’ yang tidak baik bagi tubuh.

Nah, kamu harus mengurangi konsumsi daging jenis ini dan ganti dengan daging yang lain. Kamu bisa mengganti daging merah dengan daging unggas tanpa memakan kulitnya. Jadi, cara diet alaminya, cukup kamu makan dagingnya saja.

5Hindari Lemak Trans

huffingtonpost.com

Trans fats atau lemak trans bisa kamu dapatkan dari berbagai produk industri pangan seperti snack ringan, produk roti, margarin, fast food dan berbagai produk industri yang diproses menggunakan minyak sayur.

Sebenarnya minyak sayur bagus untuk tubuh Namun, seringkali selama proses industri, minyak sayur kadang mengalami hidrogenasi. Hidrogenasi pada minyak sayur meningkatkan kandungan LDL kolesterol.

Oleh karena itu, selama melakukan program diet alami, hindari berbagai produk makanan yang berpotensi mengandung LDL kolesterol dalam jumlah yang tinggi.

6Turunkan Sodium, Naikkan Potassium

healthyfoodstyle.com

Sodium atau natrium lebih lazim kamu kenal dengan nama garam. Nah, untuk kamu yang sehat, batas garam per hari tidak boleh lebih dari 2300 miligram. Lebih dari itu, kamu harus meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung potasium.

Tambah porsi asupan potasium kamu dengan mengonsumsi jeruk, pisang, kentang, kacang, dan yoghurt. Potasium dapat menurunkan tekanan darah kamu sehingga akan menjaga kamu dari resiko hipertensi dan berbagai penyakit yang terkait dengan hipertensi.

7Kalsium dan Vitamin D

myturningpoint.org

Nutrisi ini penting untuk kesehatan tulang kamu. Kamu bisa mengonsumsi susu rendah lemak dan minuman kedelai. Target konsumsi kalsium harian kamu minimal 1000 sampai 1200 miligram.