Selain sehat, kamu tentu mencari-cari bagaimana caranya agar diet cepat berhasil menurunkan berat badan kamu. Tentu saja karena faktanya orang-orang yang gagal melakukan diet adalah karena terlalu lama ‘tersiksa’ selama program diet.

Nah, beberapa tips diet cepat di bawah ini dapat kamu coba terapkan. Dijamin caranya sangat mudah dan kamu tidak akan kesulitan. Namun, syaratnya tentu saja kamu harus disiplin dan jujur pada diri sendiri untuk menjalankan tips diet cepat ini.

1Pilih Makanan Rendah Karbohidrat

jessicajessie.com

Jika kamu menginginkan berat badanmu turun, kamu harus merencanakan mengurangi konsumsi gula dan pati dalam program diet kamu. Kurangi konsumsi gula dari berbagai minuman harianmu seperti teh dan kopi, kurangi juga konsumsi roti.

2Makan, Jika dan Hanya Jika Kamu Lapar

howitworksdaily.co

Kamu harus mampu membedakan secara nyata dan fakta bahwa kamu sedang lapar dan bukan hanya ingin makan. Ingin makan belum tentu lapar, tetapi kalau kamu lapar, kamu harus makan.

Banyak orang gagal dalam program diet karena ia tidak dapat mengontrol nafsu makannya. Ia makan padahal tidak dalam kondisi lapar. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah benar-benar berkomitmen, bedakan dengan jeli, kamu lapar atau hanya ‘ingin makan’.

3Makanlah Makanan yang ‘Nyata’

allensofmayfair.co.uk

Jangan makan fast food  atau berbagai makanan olahan lainnya. Kamu perlu makanan yang ‘nyata’, makanan sungguhan. Kamu bisa makan makanan yang kamu buat sendiri dari daging segar, ikan segar, sayuran, dan telur.

4Kurangi Produk Susu dan Kacang-Kacangan

lifehack.org

Produk susu seperti yoghur, krim, mentega, dan keju mengandung gula susu atau laktosa. Nah, laktosa ini dapat memperlambat kamu dalam menurunkan berat badan secara cepat.

Sedangkan kacang-kacangan adalah sumber karbohidrat. Terutama kacang mete atau cashew nuts yang mengandung karbohidrat hingga mendekati 20% dari berat kacang mete tersebut.

5Kurangi Stress, Tidur dengan Nyenyak

lifeorder-lab.com

Saat kamu dalam keadaan stres, hormon kortisol bekerja dalam tubuh kamu. Akibatnya, kamu akan merasa lapar dan gagallah upaya serta diet kamu selama ini. Itulah mengapa orang yang sedang dalam program diet tidak boleh stres.

Selain menghindari stres, kamu juga harus tidur dalam waktu yang cukup. Terutama tidur malam. Istirahat yang cukup akan membuat kondisi tubuh kamu stabil dan membantu kamu untuk tetap fokus dan disiplin selama program diet cepat.

6Ukur Hasil Diet Kamu Secara Bijak dan Berkala

tokopedia.com

Caranya? Letakkan pengukur lingkar perut melingkar di daerah sekitar pusar. Bernafaslah dengan rileks namun jangan menahan atau ‘menyedot’ perut. Pastikan terukur dengan tepat, tidak terlalu kencang atau terlalu longgar.

Bandingkan dengan rekomendasi lingkar perut berikut. Jika kamu seorang wanita maka lingkar perut di bawah 80 cm adalah bagus, 81-88 cm adalah cukup, sedangkan di atas 88 cm termasuk terlalu tinggi.

Nah, kalau kamu laki-laki, lingkar perut yang bagus adalah di bawah 94 cm, 94-102 cm adalah cukup dan di atas 102 cm tergolong terlalu tinggi. Bagaimana dengan hasil pengukuran lingkar perut kamu?

7Tetapkan dan Perjuangkan

tipsimprovelife.com

Tentukan tujuan penurunan berat badan kamu, berapa kg berat badan yang ingin kamu turunkan. Umumnya adalah menurunkan 1-3 kg berat badan selama minggu pertama dengan diet cepat yang ketat.

Kemudian secara berkala, rutin dan terkontrol, kamu bisa menurunkan 0,5 kg berat badan per minggu. Jika kamu dapat konsisten dengan pencapaian ini, artinya kamu dapat menurunkan berat bedan kamu sebanyak 25 kg per tahun.

Mengesankan bukan? Bagaimana? Bisakah kamu bersikap konsisten dan persistent untuk berat badan yang  ideal dan sehat? Semuanya bergantung pada dirimu sendiri.

SHARE