Seperti yang kita tahu golongan darah manusia ada empat jenis yakni A,B, AB dan O. Ternyata perbedaan karakteristik golongan darah juga memengaruhi bentuk pola makannya.

Penelitian medis menyebut pola makan dan jenis-jenis makanan akan berpengaruh sesuai dengan golongan darah. Termasuk dalam menjaga kesehatan tubuh lewat pola makan.

Bagi yang ingin hidup sehat dengan diet, para ahli juga menganjurkan agar menyesuaikan menu diet berdasarkan golongan darah. Makanan tertentu bisa jadi baik bagi golongan darah A namun belum tentu bagus untuk golongan darah B.

Golongan darah A disebut rentan dengan beberapa penyakit. Diantaranya penyakit jantung, kanker, anemiadan diabetes tipe 1.

Bagi kamu yang punya golongan darah A dan hendak melakukan program diet, hendaknya memperhatikan hal-hal ini.

1Makanan yang Cocok

teropongbisnis.com

Jika kamu adalah golongan darah A, maka yang paling pas untuk diet adalah menjadi vegetarian. Asupan sayuran, biji-bijia, buah dan kacang-kacangan sangat diajurkan kala golongan darah A diet.

Sebisa mungkin memang saat diet, golongan darah A mengurangi karbohidat. Untuk kondumsi protein yang pas disarankan konsumsi kedelai, ikan laut, hawaiian spirulina dan kacang-kacangan.

Pilih juga makana yang mengandung lemak sehat. Hindari makanan yang memili lemak trans dalam kadar tinggi. Jika ingin makan makanan yang mengandung lemak jenuh sebaiknya dibatasi.

source: www.wisegeek.com
source: www.wisegeek.com

Banyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti oat dan gandum. Untuk sayuran golongan darah A disarankan memakan sayuran berwana hijau, kuning, oranye dan merah.

Jika ingin asupan kalsium pilih antara almond, bayam, rumput laut, brokolo, wijen atau seledri.

Dan yang paling penting adalah minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. Asupan air sangat penting bagi tubuh. Kebutuhan cairan dan vitamin juga bisa divariasikan dengan jus buah agar tetap lezat.

2Makanan yang Dihindari

infojajan.com

Jika menerapkan program diet, golongan darah A sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan. Golongan darah A sebaiknya menghindari protein hewani dan susu.

Golongan darah A dipercaya menghasilkan asam klorida yang sedikit. Sehingga sangat lama mencerna protein hewani. Jika berlebihan protein, bisa jadi malah menyebabkan kanker perut.

Kamu yang sedang diet dan punya golongan darah A sebaiknya hindari rokok dan daging. Rokok jelas berbahaya bagi kesehatan.

www.gudangkesehatan.com
www.gudangkesehatan.com

Sementara protein hewani seperti daging dan susu cenerung membusuk dan terjadi fermentasi dalam saluran pencernaan.Bakteri beracun juga akan mudah hinggap di dalam jaringan dan otot, inilah yang menyebabkan kesulitan pencernaan pada tipe golongan darah A.

Golongan darah A juga harus mengurangi garam. Perbanyak makanan yang segar dan sebisa mungkin hindari makanan olahan.

3Gunakan Suplemen

source: www.cbsnews.com

Selain memperhatikan makanan yang boleh dan tidak bagi golongan darah A, bantuan suplemen juga penting. Harapannya dengan program diet, kebutuhan vitamin dalam tubuh tidak terganggu.

Golongan darah A bisa melengkapi konsumsi dengan suplemen vitamin B12 dan zat besi. Asam klorida yang tinggi dalam tubuh golongan darah A dapat menyebabkan gangguan penyerapan vitamin B12.

Jika itu terjadi maka golongan darah A bisa menderita anemia. Maka dari itu selain Vitamin B12, lengkapi juga dengan suplemen penambah darah dan zat besi.Selain itu vitamin C, E, A dan B Kompleks juga dibutuhkan.

4Olahraga yang Cocok

source: fhlcareers.com

Jika ingin diet dan mengurangi berat badan, golongan darah A juga mesti menyempatkan diri melakukan olahraga.

Ada beberapa tips olahraga yang bisa dijalankan golongan darah A. Kamu bisa melangkah 10 ribu langkah setiap hari. Jika dikonversi dalam jarak, kamu harus berjalan total sejauh 7 km dalam satu hari.

Usahakan juga jika olahraga dalam olahraga yang rutin meski hanya beberapa menit. Disarankan juga bagi golongan darah A untuk olahraga di tempat yang santai dan alami. Sebisa mungkin di luar ruangan.

Pilih olahraga yang low impact. Olahraga berat tidak cocok bagi golongan darah A.

 

SHARE