Akhir-akhir ini banyak orang berlomba-lomba untuk diet dengan tujuan memiliki tubuh yang lebih sehat dari sebelumnya. Untuk urusan berat badan misalnya. Bagi orang-orang bertubuh gemuk, diet dengan pola yang benar dapat menurunkan berat badannya secara efektif.

Demikian sebaliknya, bagi orang kurus, diet justru dapat menaikkan berat tubuhnya. Dan keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk memiliki berat badan yang ideal.

Pada era teknologi informasi saat ini, muncul banyak jenis diet yang akhirnya membuat bingung diri kita. Diet mana sih cocok untukku? Salah satu diet yang sudah umum diketahui masyarakat dunia saat ini adalah diet berdasarkan golongan darah.

Hasil penelitian dari diet ini menghasilkan reaksi dari berbagai macam jenis makanan yang berbeda antara satu golongan darah dengan golongan darah lainnya terhadap kondisi tubuh. Hal ini berkaitan dengan kondisi masing-masig orang yang juga berbeda.

1Diet Golongan Darah O

thenosh.co.uk

Bagi kamu yang bergolongan darah O, perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau, makanan dengan kadar protein hewani  dan nabati tinggi serta seafood. Sedangkan makanan yang harus dihindari antara lain seperti terong, jamur, tauge dan jenis sayuran yang banyak mengandung zat Lektin.

Lakukan pula olahraga kardio di pagi hari seperti joging, bersepeda, berenang. Sehingga dapat memberikan hasil yang baik untuk kesehatan tubuh.

2Diet Golongan Darah B

low-fatfoods.com

Orang bergolongan darah B memiliki antibodi tertinggi dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Karena itulah orang bergolongan darah B secara umum jarang sakit. Sedangkan diet yang cocok dengan mengkonsumsi ikan laut, olahan susu seperti keju dan yoghurt, brokoli dan terong.

Makanan yang netral seperti daging sapi, cumi-cumi, mentega, telur ayam dan kacang merah juga bisa kamu konsumsi untuk nutrisi tubuhmu. Sedangkan makanan yang harus dihindari seperti olahan daging ayam, daging bebek, kacang tanah, olahan gandum, alpukat, jagung, belimbing, pir dan soda.

Latihan fisik yang cocok bagi orang bergolongan darah B contohnya seperti balet dan dance.

3Diet Golongan Darah A

nspiredliving.co.za

Orang bergolongan darah A sangat disarankan untuk diet dengan pola seperti para vegan. Jenis golongan darah A sangat dianjurkan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Serta menghindari daging merah, daging bebek, kelinci, udang, cumi, lobster, keju, susu, es krim dan ubi.

Sedangkan makanan yang sifatnya netral bagi orang golongan darah A seperti ikan tuna, telur, roti gandum, kurma dan daging ayam boleh saja untuk tetap dikonsumsi karena cenderung tidak mempengaruhi tubuh.

Sedangkan olahraga yang cocok seperti berjalan, tai chi, atau olahraga outdoor selama 30 menit per hari.

4Diet Golongan Darah AB

khongthe.com

Orang bergolongan darah AB relatif bisa menyesuaikan diri  untuk mengkonsumsi makanan dan minuman apapun dibandingkan golongan darah lainnya. Sehingga akan lebih mudah untuk diet. Konsumsi daging dan sayurang secara seimbang sangat baik bagi orang yang golongan darahnya AB.

Sedangkan makanan yang harus dihindari antara lain seperti telur bebek, kepiting, buah pisang dan air soda. Sedangkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, disarankan untuk banyak mengkonsumsi susu kambing, ikan tuna, krim asam rendah kalori dan buah anggur merah.

Olahraga yang tepat bagi orang bergolongan darah AB yaitu yang sifatnya teratur dengan intensitasnya sering. Contohnya seperti jogging ringan dan pilates.