Diet bukan hanya program satu dua tiga hari, karena tujuannya bukan hanya menurunkan berat badan. Namun juga menjaga kesehatan dan pola konsumsi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh karena itu, buat kamu yang baru saja memulai program diet, kamu mungkin tidak akan mudah merasa bahwa ada yang salah dengan program diet kamu. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, berikut ini adalah tanda-tanda sederhananya.

Tanda-tanda apa? Tentu saja tanda bahwa diet yang kamu lakukan itu kurang sayuran. Kunci diet selalu pada bagaimana kamu mengonsumsi sayuran yang cukup bukan?

Tidak percaya? Coba bandingkan sendiri tanda-tanda di bawah ini dengan tanda-tanda keanehan diet yang kamu lakukan.

1Sembelit

youtube.com

Kamu mungkin merasa ‘susah’ buang air besar dengan kotoran yang terkesan kering dan keras. Itu berarti kamu mengalami sembelit. Kamu harus makan lebih banyak sayur dengan kandungan serat tinggi.

Coba tambah porsi apel, wortel, brokoli, atau whole grain kamu. Tambahkan sedikit demi sedikit sehingga tubuh kamu terbiasa dan cukup nyaman mengonsumsinya.

2Mudah Lelah dan Pusing

huffingtonpost.com

Jika kamu mengurangi konsumsi daging, telur, dan keju saat diet dan lebih memilih berbagai makanan tinggi protein yang rendah karbohidrat, kamu mungkin akan merasakan sensasi pusing, mudah lemah, dan letih.

Kamu jelas kekurangan sayuran hijau kali ini. Kamu butuh sayuran hijau sebagai sumber zat besi dan berbagai serat. Tentu saja setelah mengalami kelelahan, kamu bisa-bisa ‘gelap mata’ karena kelaparan dan mengacaukan program diet kamu.

3Lapar dan Lapar

hercampus.com

Ahli nutrisi Kathleen Zelman, MPH, RD, mengatakan bahwa serat dapat berkontribusi menimbulkan rasa kenyang. Itulah mengapa kamu harus mengonsumsi sayuran dalam jumlah yang banyak.

Bahkan seperti yang dilansir dalam Times of India, jika pun kamu mengonsumsi daging kamu juga akan tetap mudah merasa lapar. Jadi, mulai sekarang jangan lagi mengira kamu akan kenyang dengan makan banyak daging.

4Mudah Meriang

fwrush.com

Sedikit saja cuaca berubah, kamu sudah merasa meriang. Diawali dengan flu, batuk hingga radang tenggorokan. Tentu saja kamu mungkin mengalami demam. Sekarang kamu mulai bertanya-tanya, mengapa setelah diet kamu tambah sering sakit?

Kamu mungkin akan mengatasinya dengan mengonsumsi berbagai multivitamin dalam bentuk pil dan tablet. Tidak salah memang, namun sepertinya solusi untuk tubuh kamu yang mudah sakit itu kurang tepat.

mirror.co.uk
mirror.co.uk

Sangat jauh lebih tepat jika kamu penuhi konsumsi sayuran kamu. Dan kali ini harus kamu penuhi sayuran pelangi, artinya jangan hanya mengonsumsi sayuran hijau. Kamu juga harus mengonsumsi berbagai sayuran berwarna lainnya, warna selain hijau tentunya.

5Gusi Bengkak dan Berdarah

sanidentalgroup.com

Kalau kondisi yang satu ini disebabkan karena kamu kekurangan vitamin C. di luar negeri, kondisi ini sering diistilahkan sebagai scurvy. Awalnya scurvy dialami oleh para pelaut pada abad ke 18.

Kamu harus mengonsumsi lebih banyak bayam, paprika hijau dan merah, tomat, kubis, brokoli, dan kentang. Pokoknya kamu harus banyak mengonsumsi vitamin C, tidak salah juga untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C.

6Kulit Kering

newsnetwork.mayoclinic.org

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan kulit kamu terasa kering dan terlihat kusam. Bukan hanya disebabkan karena kamu kurang minum dan olah raga, namun kesehatan kulit kamu juga bergantung ada vitamin yang kamu asup setiap hari.

Berbagai keluhan lainnya seperti kulit yang tidak lembab dan berjerawat juga dapat terjadi jika kamu kekurangan sayuran. Hal ini karena kamu kekurangan nutrisi dan banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

SHARE