Sebagian orang masih memiliki persepsi bahwa diet itu berarti mengurangi porsi makan besar-besaran demi mendapatkan berat badan ideal. Padahal sebenarnya, diet merupakan seni mengatur pola makan yang sehat dan tepat untuk tubuh sesuai asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk dimasukkan dalam menu program diet harianmu.

1Apel

hdwallpapers.cat

Apel memiliki serat  yang mudah dicerna tubuh. Berfungsi mengontrol kolesterol. Apel juga kaya akan Vitamin C. Kandungan quercetin dan flavonoid-nya juga dapat mencegah penyakit kanker. Untuk mengkonsumsinya, makanlah apel tanpa dikupas kulitnya. Cukup membersihkan kulitnya saja.

2Bayam

priusadebka.ru

Tanaman ini berguna untuk kesehatan rambut dan kulit. Kandungannya yang kaya zat besi, magnesium, serta Vitamin A dan C membuatnya sangat baik dikonsumsi secara rutin. Saat memasaknya, jangan terlalu lama direbus dalam air mendidih agar tidak rusak kandungannya.

3Kacang Merah

spathucuc.com

Salah satu tanaman dari jenis kacang-kacangan ini dikenal banyak mengandung serat, protein nabati, zat besi, fosfor, magnesium tinggi dan sejumlah vitamin serta mineral. Kamu bisa memasak kacang merah dalam sajian apapun.

Salah satunya dengan cara mencampurkan kacang merah yang telah direbus dalam salad atau sup untuk menambahkan kelezatan dan sehat makananmu.

4Ubi

leavesandfruit.com

Ubi mengandung banyak zat bergizi seperti Vitamin A, B, C dan E. Selain itu, ubi memiliki kalori yang rendah. Khususnya jika dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus tanpa gula. Kamu bisa menyajikan ubi sebagai makanan pengganti nasi.

Menikmati ubi ketika bersantai bersama keluarga atau teman akan menambah kelezatan saat mengkonsumsinya. Dan mengkonsumsinya setiap hari pun juga tidak akan membuatmu mendapatkan efek negatif sama sekali. Asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

5Kedelai

tasudo.com

Kedelai banyak mengandung omega 3, kalsium, dan zat besi. Bagi para vegetarian, makanan berbahan kedelai sangat populer. Kedelai bisa dimasak dengan berbagai olahan. Mulai dari dimasak biasa. Dijadikan tofu, susu kedelai, tempe dan tahu.

Mendapatkannya pun sangat mudah. Kamu bisa membelinya di pasar atau toko bahan makanan terdekat di kota tempat tinggalmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here