6 Mitos Tentang Diet Sehat yang Telah Terbantahkan

steroidslive.com

Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Semua orang khususnya wanita sangat memperhatikan masalah berat badan demi menjaga penampilan atau sekedar menghindari potensi penyakit.

Adalah fakta bahwa mengurangi berat badan relatif lebih sulit daripada sekedar menambahnya. Maka berbagai cara pun ditempuh untuk dapat mewujudkan berat badan ideal.

Tak ayal jika banyak panduan tentang cara, tips, pantangan, obat-obatan, alat-alat untuk diet begitu ramai tersebar di masyarakat. Terkadang satu konsep diet dengan konsep lainnya bertentangan, makin membingungkan banyak orang.

Banyak dari panduan diet yang benar, namun tidak sedikit pula yang keliru. Biasanya pandangan yang keliru datang bukan dari keterangan medis yang valid, lebih banyak dari pengalaman antar individu.

Dari pengalaman individu yang pernah berhasil atau gagal menjalankan program diet, lalu terakumulasi dengan pengalaman lain yang serupa, jadilah hal ini diafirmasi sebagai kebenaran.

Kemungkinan lain adalah karena adanya pengetahuan nutrisi yang tidak komprehensif bercampur aduk dengan tradisi masyarakat. Semuanya bergumul menjadi pengetahuan diet sehat yang sebenarnya hanya mitos.

Apa saja mitos tentang diet sehat yang selama ini berkembang di masyarakat? Ini dia ulasannya.

1Makan Kebanyakan Sebagai Satu-satunya Sebab Kegemukan

infokesehatanwanita.com

Memang benar kalau makan kebanyakan akan menyebabkan kegemukan. Namun, bukan berarti makan kebanyakan menjadi satu-satunya sebab dari kegemukan.

Ada faktor penting lain yang juga sangat berpengaruh, yakni adalah faktor keturunan (genetika). Beberapa orang terlahir dengan kemampuan pembakaran kilojoule yang rendah.

Akibatnya metabolisme menjadi tidak efisien dan semua sisa kelebihan makanan harus disimpan di dalam tubuh.

Faktor lain yakni karena rendahnya aktivitas dan kurangnya olahraga. Walaupun makan tidak kebanyakan, tapi dengan aktivitas yang minim tentu juga akan memicu kegemukan.

2Menghilangkan Lemak dengan Cepat

steroidslive.com

Banyak sekali tips diet yang menjanjikan bisa menurunkan berat badan dengan cepat, 1 minggu, 2 minggu, atau 1 bulan. Walaupun berat badan berkurang dengan cepat, sebetulnya bukan lemak yang turun, tapi jumlah air dan jaringan tubuh ramping.

Setelah diet singkat jumlah kandungan air akan kembali meningkat, namun jaringan tubuh ramping seperti otot dan tulang tidak kembali meningkat. Hal itu justru tidak baik bagi tubuhmu.

Hampir tidak mungkin mengurangi atau menghilangkan lemak lebih dari 1 kg per minggu. Kalaupun bisa, penghilangan lemak secara cepat tidak akan berefek permanen.

3Alat-alat Praktis dapat Menggantikan Olahraga Aktif

id.aliexpress.com

Banyak iklan di berbagai media gencar mempromosikan alat-alat yang diklaim dapat menurunkan berat badan. Contohnya seperti alat yang mengguncang bagian tubuh secara otomatis, tentu tidak akan menurunkan kadar lemak.

Olahraga aktif seperti jalan kaki, jogging, berenang, bersepeda walaupun capek tapi kamu akan merasakan efek yang besar. Olahraga aktif akan membakar lemak dan menjadikannya sebagai energi

4Ada Makanan yang Dapat Menurunkan Lemak

beritasehatbdg.blogspot.com

Banyak yang mengatakan tentang makanan yang ampuh menurunkan lemak. Ginseng, teh hijau, jeruk, cabai, dan beberapa tumbuhan lain banyak dikaitkan dengan proses pembakaran lemak.

Faktanya, makanan tersebut memang memicu meningkatnya metabolisme, namun hanya sedikit. Ketika tubuh sudah menyesuaikan dengan makanan itu maka efek-efek itu nantinya juga akan hilang.

5Kombinasi Makanan Bikin Gemuk

plus.google.com

Ada larangan dalam diet sehat untuk makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat bersamaan dengan makanan kaya protein. Dikatakan bahwa kombinasi itu akan mengubah makanan menjadi lemak.

Larangan itu sama sekali tidak benar karena dalam tubuh kita terdapat enzim-enzim yang dapat mencerna semua tipe makanan.

Sama tidak benarnya juga pada anjuran untuk mengkombinasikan makanan menjadi ramuan untuk menurunkan berat badan.

Tubuh kita memiliki mekanisme adaptif dan cepat menyeimbangkan perbedaan-perbedaan thermogenic pada kombinasi makanan.

6Frekusensi Makan Mempengaruhi Berat Badan

steroidslive.com

Ada yang mengatakan bahwa makan lebih sering dengan total kalori standar harian akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lemak.

Di sisi lain ada yang menganjurkan untuk memadatkan makanan semisal menjadi dua kali sehari makanan utama.

Faktanya, frekuensi makanan beberapa kalipun tidak berpengaruh pada berat badan. Yang terpenting adalah jumlah makanan jika dijumlahkan apakah sesuai standar kalori diet atau tidak.

Makan 2 kali sehari jika diselingi dengan snack yang mengandung lemak tinggi justru lebih besar dampaknya ketimbang makan sering tapi dengan pilihan menu yang sesuai takaran dan rendah lemak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here