Diet telah menjadi gaya hidup yang barang kali paling populer di dunia saat ini. Selain berkaitan dengan kesehatan yang ingin dicapai oleh para pelaku diet, tentu saja bentuk tubuh yang ideal dan proporsional juga menjadi tujuan lainnya.

Banyak cara diet dan penurunan berat badan berkembang seiring perkembangan dunia kesehatan. Cara ekstrim seperti meminum pil diet dan beberapa terapi kesehatan juga banyak bermunculan.

Namun, seperti hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar, berbagai cara ekstrim tersebut tentu punya efek samping yang bervariasi. Mulai dari efek dengan tingkat bahaya rendah, sedang, hingga tinggi.

Hal yang paling sering dikeluhkan dalam program diet adalah penurunan nafsu makan. Sekarang kamu tidak perlu lagi mengalami penurunan nafsu makan yang menyebalkan selama melakukan diet.

Nah, berikut ini beberapa cara sehat yang tepat buat kamu tanpa efek samping apapun. Tentu saja rahasianya karena diet ini hanya menggunakan bahan alami biasa dan satu rahasia ajaib, konsistensi kamu dalam menjalankan program diet ini.

1Olahraga Singkat secara Rutin dan Teratur

tokoalat-fitness.blogspot.com

Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang mahal dengan menggunakan alat-alat di gym atau membeli alat kebugaran komersial yang sering ditawarkan lewat iklan di berbagai stasiun televisi.

Kamu cukup melakukan latihan ringan angkat beban. Tidak perlu menggunakan barbel atau alat angkat beban yang formal. Kamu bisa melakukannya dengan mengangkat berbagai perabotan rumah yang sesuai dengan kemampuan kamu.

Cukup melakukannya selama kurang lebih 5 menit saja. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa metabolisme meningkat selama kegiatan olahraga. Itu artinya banyak kalori yang akan dibakar saat kamu berolahraga.

2Makan dengan Benar

beritasehatbdg.blogspot.com

Masalah utama dalam kebanyakan program diet tentu saja karena pola makan yang tidak teratur dari para pelaku diet. Nah, jangan sampai kamu gagal karena hal sepele ini. Ingat, tujuan utamamu untuk hidup sehat dan berat badan ideal.

Michael Dansinger dari acara The Biggest Loser, acara tentang program diet, mengatakan bahwa kamu harus fokus untuk makan buah, sayuran, putih telur, produk dari kedelai, dada ayam tanpa kulit, ikan, serta susu dan daging tanpa lemak.

the-girl-who-ate-everything.com
the-girl-who-ate-everything.com

Sementara itu Dawn Jack Blatner, penulis buku The Flexitarian, diet juga memberikanmu beberapa tips. Kamu harus makan banyak sayuran, minum banyak air dan menyibukkan diri agar tidak ngemil.

citrabening.com
citrabening.com

Cara lainnya adalah kamu bisa memakan appetizer atau makanan pembuka dahulu. Tentu saja yang mengandung kalori yang rendah. Kamu bisa memakan sup ringan dengan banyak sayur. Atau apapun buah segar yang kamu sukai.

3Pangkas Habis Kalori, Gula dan Sumber Pati

steroidslive.com

Kamu haru mengurangi konsumsi kalori kamu. Banyak kok makanan dan minuman yang tetap lezat dan nikmat dengan nilai kalori yang rendah. Kamu bisa pilih jus sayuran tinggi serat sebagai salah satu menu minuman diet kamu.

Kurangi gula dalam jumlah yang banyak, kamu bisa menggantinya dengan gula rendah kalori. Kurangi juga konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Karbohidrat adalah sumber utama pati dan gula dan juga kalori.

summershii.blogspot.com
summershii.blogspot.com

Nah, beberapa sayuran rendah karbohidrat yang bisa jadi pilihan menu bahan masakanmu adalah brokoli, bayam, kubis, mentimun dan selada. Kamu tetap boleh minum kopi dan teh kok, tapi ingat harus menggunakan gula rendah kalori.

lifehacker.com.au
lifehacker.com.au

Hal lainnya yang lebih penting lagi, kamu harus tidur nyenyak. Tiduk dengan teratur akan membuatmu terhindar dari obesitas.

Jadi, sekarang kamu tahu kan sebenarnya apa yang paling berpengaruh pada berat badanmu? Tentu saja soal makan. Tetaplah konsisten dengan berhenti makan sebelum kenyang. Itu cara paling sehat dan paling baik untuk dirimu sendiri.

SHARE