Setan memang bekerja untuk menggoda manusia agar mengikuti jalannya. Setan akan berusaha sekuat tenaga agar ia mendapat teman sat di neraka nantinya.

Maka mereka tak pernah bosan dan lelah untuk mengajak manusia ke jalan yang salah. Usaha setan untuk menggoda manusia itu termasuk saat seseorang sedang tidur.

sleeptightconsultants.com
sleeptightconsultants.com

Saat manusia tidur bukan berarti setan berhenti menggodanya. Setan akan mengganggu manusia tersebut lewat mimpi buruk. Mimpi buruk datangnya dari setan sementara mimpi baik datangnya dari Allah SWT. Maka kita sebenarnya dilarang untuk menceritakan mimpi buruk yang kita alami kepada orang lain.

Lalu bagaimana agar tidur kita terhindar dari setan? Rasulullah SAW sudah memberikan langkah-langkah agar saat kita tertidur, kita tetap terjaga dari godaan setan.

1Ruqyah Mandiri

assunnah.heck.in

Ruqyah mandiri sebelum tidur adalah dengan membaca surah al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas lalu ditiupkan ke tangan dan diusap sebelum tidur.

Tiga surat itu bermakna mu’awidzat yang bermakna perlindungan. Hal ini berdasar hadis dari Nabi SAW dari Aisyah RA, ” Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca Al-Mu’awidzat, lalu meniupkan tangan untuk diusap ke badannya ketika beliau sakit yang mengantarkan kematian. Ketik Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah sangat parah, aku (Aisyah) yang  meniupkan ke tangan dengan bacaan surat tersebut, dan aku gunakan tangan beliau untuk mengusap badan beliau, karena tangan beliau berkah. (HR. Bukhari)

2Doa Sebelum Tidur

gambartop10.blogspot.com

Doa sebelum tidur tentu kita sudah hafal semua. Ternyata dari doa yang nampak sederhana itu ada fadilah besar bagi yang mengamalkannya.

Doanya bismika Allahumma Ahyaa Wa Bismikka Wa Amuutu. yang artinya Dengan Nama-Mu Ya Allah aku dihidupkan dan dengan nama Allah aku diwafatkan.

Hal ini bersumber dari hadis Nabi SAW dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak tidur, beliau membaca: Bismika Allahumma amuutu wa ahyaa.. (HR. Bukhari)

3Membaca Ayat Kursi

qudrahealing.com

Baca ayat kursi sebelum tidur. Jika kamu belum hafal, bisa buka surat Al-Baqarah ayat: 255. Bacaan ini sebelum tidur memiliki keutamaan yang besar.

Kita bisa terjaga dari godaan setan meskipun kita dalam keadaan tidur. Hal ini sesuai dengan hadis dari Rasulullah SAW, “Jika kamu hendak tidur, bacalah ayat kursi sampai selesai satu ayat. Maka akan ada penjaga dari Allah untukmu, dan setan tidak akan mendekatimu sampai pagi.” (HR Bukhari)

4Dua Ayat Terakhir Al Baqarah

arraziibrahim.com

Selain bacaan-bacaan di atas ada lagi ayat dalam Alquran yang bisa melindungi seseorang dari godaan setan yakni dua ayat terakhir dari surah Al Baqarah.

Hal ini berdasarkan dari Hadis Nabi SAW, “Dua ayat di akhir surat Al-Baqarah, siapa yang membacanya di suatu malam, itu sudah cukup baginya.” (HR Bukhari dan Muslim)

SHARE