Rasa ingin tahu memang sifat dasar melekat pada tiap manusia. Apakah itu hanya rasa penasaran atau ditujukan guna melengkapi puzzle ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan selalu bergerak melampui batas-batas, seperti batas ruang dan batas waktu. Batas ruang misal saat pengetahuan mengungkap benda terkecil quark yang lebih kecil dari atom.

Melampui batas ruang ketika tahun kemarin pertama kalinya manusia menerbangkan pesawat ruang angkasa dengan jarak terjauh, yakni sampai mendekati Pluto.

Pengetahuan juga tidak mengenal batas waktu, bagaimana manusia berusaha memecahkan awal mula kejadian bumi beratus juta tahun yang lalu, atau meramalkan kehidupan bumi di masa mendatang.

jurnalwarga.com

Salah satu penelitian paling fenomenal dan banyak diminati ilmuwan dan masyarakat awam adalah pengungkapan tentang beragam jenis dinosaurus atau hewan purba.

Keberadaan dinosaurus memang telah diyakini sejak lama dengan ditemukannya banyak fosil. Bahkan dari fosil itu dapat diklasifikasi spesies dinosaurus baik nama, bentuk, dan juga sifatnya.

Beberapa dinosaurus yang pernah diungkap dulu, dan kita sangat mengenalnya seperti T-Rex, Brontosaurus, dan Ceratops. Arkeolog tentu tidak berhenti disitu, mereka terus menerus mencari jejak keberadaan dinosaurus.

Belakangan ini arkeolog telah menemukan beberapa fosil yang mengarah pada spesies baru. Penemuan spesies tersebut sangat mencengangkan mereka karena bentuknya yang tak pernah diduga sebelumnya.

Penasaran seperti apa saja hasil penemuan baru tersebut? Berikut daftar spesies teranyar dari dinosaurus, yang baru saja ditemukan belakangan ini.

1Yi Qi

techtimes.com

Nampaknya nama-nama dinosaurus sudah tidak lagi didominasi oleh nama barat atau latin lagi. Arkeolog dari Tiongkok menamai penemuannya dengan nama Yi Qi yang artinya ‘sayap yang aneh’

Aneh karena sebagian terlihat seperti kelelawar, dan sebagiannya terlihat seperti burung biasa dilihat dari paruh, bulu, dan ekornya.

Uniknya hewan ini hanya sebesar burung merpati, ukuran yang tidak lazim pada dinosaurus. Akan tetapi, Yi Qi diduga punya hubungan dekat dengan dinosaurus lainnya seperti velociraptor.

2Anzu Wyliei

sci-news.com

Ini adalah hewan pertengahan antara jenis burung dan juga jenis reptil. Terlihat jelas ciri burung pada sayap, ekor, bulu, dan cakar kakinya. Namun bentuk tubuh, kepala yang keras, serta mulut yang dipenuhi gigi kecil nan tajam memang lebih condong pada reptil.

Maka dari itu hewan yang satu ini dijuluki dengan nama chicken from hell (ayam dari neraka). Perawakannya seperti ayam, namun bentuk reptilnya membuatnya sangar, seolah seperti ayam yang muncul dari neraka.

3Lightning Claw

tf.vertikar.net

Nama Lightning Claw sebenarnya adalah sementara dari hewan ini, sampai para arkeolog menyepakati nama yang pas dari spesies dinosaurus ini.

Sesuai dengan namanya, dinosaurus ini adalah karnivora agresif yang punya cakar yang kuat dan cepat dalam menerkam mangsanya.

Dinosaurus sepanjang 22 kaki atau 6,7 meter ini ditemukan di Australia dan menjadi hewan terbesar yang pernah ditemukan di Australia.

4Chilesaurus Diegosuarezi

sci-news.come

Tentunya bukan karena namanya yang unik dan susah dibaca yang membuatnya menjadi penemuan yang mencengangkan. Keganasan dan kecepatannya sebagai raptor benar-benar ditunjukkan dari ciri fisiknya.

Uniknya walaupun mereka hidup berkelompok, tetapi koloni mereka hanyalah lebih pada hubungan sosial, dan bukan untuk untuk berburu berkelompok.

5Zhenyuanlong Suni

scitechdaily.com

Salah satu dinosaurus paling aneh yang berhasil ditemukan adalah Zhenyuanlong Suni. Bentuknya seperti campuran dari berbagai macam dinosaurus.

Zhenyuanlong Suni ditutupi bulu-bulu indah seperti burung, cakar tajam di bagian kaki dan tangannya, bagian mulutnya mirip moncong reptil bergigi tajam.

Paling uni dari hewan ini adalah bagian lengannya yang pendek. Hal tersebut seolah menguatkan kesan kalau Zhenyuanlong Suni tidak bisa terbang. Meskipun begitu dia dianggap salah satu dinosaurus bersayap yang paling besar.