Dinosaurus adalah kelompok hewan purbakala dari klan Dinosauria. Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias, sekitar 230 juta tahun yang lalu, dan merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun.

Jumlah dinosaurus sangat beragam, dilihat dari fosil-fosil yang pernah ditemukan. Tetapi masih banyak juga rahasia yang pasti belum kita tahu dari dinosaurus. Terutama ukuran hewan purba ini sebenarnya.

Ternyata, ada 10 spesies dinosaurus yang paling besar yang pernah tumbuh dan berkembang biak di muka bumi. Apa saja spesies tersebut?

1Giraffatitan

dinosaurus hewan terbesar paleoking.blogspot.com

Giraffatitan artinya Jerapah Raksasa. Dinosaurus ini berasal dari genus sauropod yang hidup di akhir Periode Jurassic. Nama Giraffatitan diberikan oleh ahli paleontologi asal Jerman Werner Janenschin tahun 1914.

Fosil Giraffatitan pertama kali ditemukan di formasi batuan Tendaguru dekat dengan Lindi, Tanzania, Afrika.

Giraffatitan dapat tumbuh hingga memiliki berat 37,5 ton dan memiliki panjang yang sama dengan total panjang ‘Gedung Putih’ di Amerika Serikat.

Giraffatitan dinamakan berdasarkan hewan jerapah karena memiliki leher yang sangat panjang. Panjang leher Giraffatitan adalah setengah dari panjang total tubuhnya.

Pada tulang lehernya memiliki rongga sehingga membuat leher dari Giraffatitan menjadi ringan.

2Futalognkosaurus

paleo-king.deviantart.com

Futalognkosaurus artinya kepala kadal raksasa. Futalognkosaurus merupakan salah satu dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan.

Panjang tubuhnya mencapai 32-34 meter lebih panjang dari panjang tubuh paus biru, dengan berat mencapai 50-70 ton.

Futalognkosaurs adalah hewan herbivora yang hidup pada akhir masa Cretaceous 87 juta tahun yang lalu.

Fosil dinosaurus ini pertama kali ditemukan di Provinsi Neuquen, Argentina pada tahun 2000. Namanya berasal dari bahasa setempat yaitu bahasa Mapudungan.

3Elaltitan

dinopedia.wikia.com

Elaltitan adalah dinosaurus lithostrorian titanosaur sauropoid yang sudah punah. Elaltitan hidup pada akhir masa Cretaceous.

Hewan ini dapat tumbuh hingga 47 ton. Meskipun ukurannya sangat besar, Elaltitan termasuk hewan herbivora.

Elaltitan memiliki tinggi 98 kaki (30 m) atau setara dengan total tinggi 6 jerapah. Berat badannya setara dengan berat 28 Kuda Nil. Fosil Elaltitan pertama kali ditemukan di Amerika Selatan.

4Turiasaurus

dinopedia.wikia.com

Turiasaurus arttinya Kadal Turia. Turia adalah nama latin dari kota Teruel. Turiasaurus adalah dinosaurus genus sauropod yang hidup pada masa Jurassic sampai masa Crutaceous.

Turiasaurus diyakini sebagai dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di Eropa dengan berat mencapai 56,1 ton. dan panjang 36-39 meter (2 kali dari panjang Mount Rushmore Face).

Tulang bahu pada dinosaurus ini memiliki panjang yang sama dengan tinggi badan orang dewasa.

5Brachiosaurus

en.wikipedia.org

Brachiosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus herbivora raksasa yang sudah dikenali dengan sangat baik.

Memiliki berat mencapai 62 ton, lebih berat daripada 2 mobil pemadam kebakaran. Memiliki otak dengan berat 6,5 ons (184 gram).

Dinosaurus ini banyak muncul di berbagai film, salah satunya film Jurassic Park. Fosil dinosaurus ini ditemukan di Amerika Serikat, Portugal, Tanzania dan Algeria.

6Sauroposeidon

paleo-king.deviantart.com

Sauroposeidon berasal dari genus dinosaurus Brachiosaurid, berdasarkan temuan empat tulang leher di Selatan Barat daya Oklahoma.

Sauroposeidon berasal dari bahasa Yunani yaitu sairos yang berarti kadal dan Poseidon yang berarti dewa laut.

Sauroposeidon memiliki berat mencapai 55-66 ton dan panjang 34 meter. Panjang leher dinosaurus ini mencapai 60 kaki (18 m), sama dengan panjang bus sekolah.

7Dreadnoughtus

dinosaurworld.xyz

Dreadnoughtus berasal dari genus dinosaurus titanosaurian sauropda yang hidup pada masa Cretaceous.

Dinosaurus ini adalah salah satu dari dinosaurus terbesar dan terberat berdasarkan kalkulasi menggunakan bagian tulang tubuhnya.

Berat hewan purba ini mencapai 65,4 ton, 7 kali lebih berat daripada T-Rex serta lebih berat dari pesawat Boeing 737. Ditemukan pertama kali di Amerika Selatan pada tahun 2014.

8Paralititan

dinosaurpictures.org

Paralititan memiliki arti raksasa pasang surut, termasuk hewan purba raksasa genus titanosaurian sauropoda.

Dinosaurus ini hidup antara 98 sampai 93 juta tahun yang lalu. Memiliki berat mencapai 88 ton. Ditemukan pertama kali di Mesir secara tidak sengaja dikarenakan GPS yang error dan menyebabkan penemuan fosil hewan purba ini.

Berat dinosaurus ini setara dengan berat 55 mobil.

9Puertasaurus

paleo-king.deviantart.com

Puertasaurus adalah dinosaurus yang berasal dari genus titanosaurus sauropoda yang hidup pada akhir masa Cretaceous. Ditemukan pada tahun 2001 di Amerika Selatan.

Memiliki berat mencapai 88-110 ton atau setara dengan 10 Gajah Afrika. Pada tulang rusuknya, ada ruang yang cukup untuk diisi dengan seekor gajah.

10Argentinosaurus

paleoking.blogspot.com

Argentinosaurus berasal dari genus dinosaurus sauropoda yang pertama kali ditemukan oleh Guillermo Heredia di Argentina. Hewan purba ini pernah hidup sekitar 97 hingga 94 juta tahun yang lalu, pada masa akhir zaman kapur.

Argentinosaurus merupakan dinosaurus terbesar yang pernah diketahui dengan berat mencapai 88 hingga 110 ton, dan panjang yang sama dengan patung Christ The Redeemer di Brazil.

Telur dari dinosaurus ini berukuran sebesar bola American football.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here