Dinosaurus menjadi hewan purbakala yang terus melegenda hingga zaman kekinian. Saking mempesonanya, sampai dimunculkan sebuah film yang bercerita tentang dinosaurus berjudul Jurrasic Park.

Awal kemunculan dinosaurus diperkirakan sekitar 230 juta tahun lalu. Tepatnya pada periode Trias. Selama 135 tahun, bumi dipenuhi oleh hewan vertebrata ini.

Jenis dinosaurus pun bermacam-macam, ada yang sangat kecil, sedang, dan sangat besar atau berukuran melebihi Menara Eiffel. Kebayang kan? Kalau dinosaurus itu hidup di abad 21.

Baru lihat filmnya saja sudah gemetar apalagi jika ada di dunia nyata, otomatis lari terbirit-birit. Tapi, tidak ada salahnya kamu mengenal beberapa dinosaurus terbesar yang pernah hidup di planet bumi. Yuk, simak ulasannya!

1Giraffatitan

steveoc86deviantart.com

Ingat Jerapah? Nah, dinosaurus ini mirip banget dengan jerapah. Sama-sama punya leher panjang dan kaki pendek.

Arti kata giraffatitan adalah jerapah raksasa. Cocok sekali bukan? Dengan bentuk leher dan tubuhnya? Orang yang berjasa memberikan nama tersebut yakni Werner Janenschin, ahli paleontology asal Jerman.

Fosilnya ditemukan di formasi bebatuan Tendaguru, Tanzania, Afrika. Nama giraffatitan baru diberikan ketika tahun 1914.

Beratnya mencapai 37,5 ton dan panjangnya sama dengan panjang Gedung Putih Amerika Serikat. Wow! Sungguh besar ya. Yang lebih menakjubkan lagi, panjang leher giraffatitan setengah dari total panjang tubuhnya.

Namun, karena giraffatitan punya rongga di lehernya, jadi leher tersebut lebih ringan. giraffatitan sama sekali tidak keberatan mengangkat atau menggerakan lehernya.

2Futalognkosaurus

jurassic-park.fr

Dinosaurus yang satu ini lebih cocok disebut kepala kadal raksasa sesuai dengan namanya. Panjang tubuh futalognkosaurus mencapai 32-34 meter. Sedikit lebih panjang dari tubuh paus berwarna biru. Beratnya berkisar antara 50-70 ton.

Futalognkosaurus merupakan hewan pemakan tumbuhan yang hidup pada masa cretaceous sekitar 87 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di Provinsi Neuquen, Argentina di tahun 2000.

3Elaltitan

deviantart.com

Elaltitan pernah hidup di akhir masa cretaceous. Beratnya mencapai 47 ton. Sementara tingginya 98 kaki atau 30 meter. Kira-kira sejajar dengan 6 jerapah ditumpuk ke atas.

Kalau berat badannya diperkirakan setara dengan 28 ekor kuda nil. Cukup besar bukan? Tapi, untungnya dinosaurus sebesar ini termasuk pemakan tumbuhan. Pertama kali ditemukan di Amerika Selatan.

4Turiasaurus

dejadmevivir.blogspot.com

Arti nama turiasaurus adalah kadal turia. Hewan purbakala ini pernah hidup di masa jurassic dan crutaceous. Pertama kali ditemukan di Eropa.

Beratnya mencapai 56,1 ton, sedangkan panjangnya 36-39 meter. Kira-kira dua kali lipat dari Mount Rushmore Face. Tulang bahunya punya panjang setara dengan tinggi badan orang dewasa.

5Brachiosaurus

wikia.com

Di urutan kelima ada brachiosaurus. Dinosaurus yang satu ini juga termasuk pemakan tumbuhan. Termasuk kelompok sauropoda. Nama ilmiahnya adalah Mentresureo.

Berat brachiosaurus mencapai 62 ton, kira-kira 2 kali lipat berat dua mobil pemadam kebakaran. Otaknya pun memiliki berat tidak tanggung, yaitu 6,5 ons atau 184 gram.

Kalau kamu pernah nonton film Jurrasic Park, pasti mengenali dinosaurus ini. Penemuan fosilnya pertama kali di Portugal, Amerika Serikat, Tanzania, dan Algeria.

6Sauroposeidon

wiki.com

Dinosaurus ini termasuk genus Brachiosaurid. Empat tulang lehernya ditemukan di selatan Oklahoma.

Nama sauroposeidon diambil dari bahasa Yunani yang artinya kadal dan dewa laut. Beratnya berkisar 55-66 ton dan panjangnya 34 meter. Lehernya mencapai 18 meter atau setara dengan bus sekolah.

SHARE