Sebagai salah satu penghuni planet bumi ribuan bahkan jutaan tahun silam, dinosaurus sudah dianggap punah. Saat ini mereka hanya bisa dilihat dalam film atau animasi saja.

Tetapi, apakah mereka benar telah punah seluruhnya? Sejumlah ilmuwan percaya jika ada beberapa dinosaurus yang masih hidup hingga saat ini.

Menurut para ilmuwan, dinosaurus ini hidup di pedalaman dunia yang belum terjamah manusia sama sekali.

Sebuah suku lokal di Afrika mengklaim jika mereka pernah melihat hewan besar hidup di pedalam hutan. Apakah yang mereka saksikan benar-benar dinosaurus hidup di Afrika?

Berikut ini daftar 10 dinosaurus yang diklaim masih hidup hingga saat ini di benua Afrika.

1Muhuru

tentik.com

Hewan misterius ini hidup di hutan pedalaman Kenya. Menurut saksi mata, hewan ini digambarkan memiliki ukuran besar dengan kulit. Seperti baja dan ekor menyerupai gada.

Spekulasi menyebutkan jika makhluk ini masuk bagian dinosaurus pemakan tumbuhan yang disebut Ankylosaurs.

Selama ini, Ankylosaurs dianggap telah punah selama 150 juta tahun silam. Hewan ini adalah hewan berkaki empat yang berasal dari akhir Jurassic dan mempunyai karakteristik seperti yang telah digambarkan.

2Mahamba

tentik.com

Mahamba disebutkan sebagai salah satu penghuni wilayah rawa Danau Likouala di Kongo. Menurut saksi mata, hewan ini mirip dengan buaya dengan ukuran lebih besar.

Panjang tubuhnya bisa mencapai 15 meter. Spekulasi menyebutkan jika hewan ini adalah fosil hidup kadal besar dan tinggal di air yang sudah dianggap punah pada akhir periode Cretaceous.

Menurut penduduk asli Bobangi, hewan ini tidak seperti yang pernah mereka lihat sebelumnya. Bisa saja hewan ini adalah Dienosuchus yang berhasil bertahan hidup.

3Kasai Rex

tentik.com

Saksi mata hewan ini adalah seorang pemilik perkebunan, John Johnson pada tahun 1932.

Menurut John, ia dan salah seorang pembantunya bertemu di lembah Kasai. Mereka melihat badak lalu bersembunyi.

Tapi sebuah makhluk besar keluar dari semak-semak dan kemudian menyerang badak itu. John sempat pingsan sementara pembantunya lari ketakutan.

Saat sadar, John melihat makhluk besar itu sedang memakan badak yang tadi diburunya.

Karenanya, makhluk itu dinamai Kasai Rex dan berasal dari Republik Demokratik Kongo. Hewan ini disebut sebagai dinosaurus Theropoda yang masih hidup, seperti Tyrannosaurus Rex.

4Kongamato

tentik.com

Menurut saksi mata, hewan ini memiliki sayap seperti Pterosaurus yang tinggal di daerah semi tropik Afrika, khususnya di Zambia, Kongo dan Angola.

Arti kata namanya adalah “penghancur perahu”. Menurut laporan, hewan ini pernah membalik perahu kano milik penduduk lokal dan menyerang orang-orang yang berada di pinggiran sungai.

Penggambaran Kongamato mirip dengan kadal kemerahan dengan sayap besar selebar hampir 3 meter dan mempunyai gigi pada paruhnya. Ada yang menyebutkan jika makhluk ini mirip dengan Ropen yang ditemukan di Papua.

5Titanoboa

tentik.com

Makhluk ini memiliki bentuk seperti ular tapi dengan ukuran raksasa. Ditemukan pada 1959 saat helikopter kolonel Remy Van Lierden berada di hutan wilayah Katangan.

Ular raksasa ini muncul dari lubang dengan perkiraan ukuran mencapai 20 meter. Beberapa kali hewan ini sempat dipotret.

Tapi helikopter kemudian segera pergi saat hewan ini tampak siap menyerang. Ular itu diyakini sebagai Titanoboa.

6Ngoubou

tentik.com

Hewan ini diyakini hidup di daerah savana Kamerun. Ukurannya lebih kecil dari badak, dengan beberapa tanduk dan perisai di lehernya.

Ngoubon merupakan hewan yang agresif dan siap menyerang apapun yang mendekatinya.

Pada masa kini, tidak ada hewan lain yang mempunyai tanduk di leher. Menurut peneliti, Ngoubou seperti dinosaurus ceretopsian lain yaitu Styracosaurus.

7Emela-ntouka

tentik.com

Nama hewan satu ini berarti “pembunuh gajah”. Diperkirakan masih hidup dan pernah ditemukan oleh suku Pygmy di Afrika Tengah.

Ukuran hewan satu ini cukup besar, nyaris sebesar badak. Tetapi, tidak ada badak di Afrika yang cocok dengan deskripsi hewan bercula satu ini.

Sejumlah orang percaya jika Emela-ntouka adalah jenis dinosaurus Ceratopsian yaitu spesies Triceratops.

Ciri hewan ini adalah sangat berkuasa dengan wilayahnya. Oleh karena itu, suku Pygmi lebih menakutinya dibanding hewan berbahaya lain.

Sebuah laporan menyebutkan jika seekor Emela-Ntouka berhasil dibunuh di dekat Dongou.

8Nguma-monene

tentik.com

Makhluk satu ini digambarkan seperti kadal besar dengan sirip besar di punggungnya, bongkok dan panjang tubuh mencapai 10 meter.

Dari segi ukuran, hewan satu ini terlalu besar untuk disebut ular. Hewan ini justru lebih mirip dengan buaya. Tapi buaya tidak memiliki sirip di punggungnya.

Deskripsi Nguma-monene ini lebih mirip dengan jenis Spinosaurus. Menurut saksi mata, hewan ini pernah membunuh kuda nil di sungai Brouchouchou dan meninggalkan jejak selebar 1-1,5 meter.

9Mbielu-mbielu-mbielu

tentik.com

Saksi mata menyebutkan jika hewan ini adalah pemakan tumbuhan duri-duri seperti papan yang lancip dan besar di punggungnya.

Ditemukan di Republik Kongo tepatnya di wilayah Likouala. Ukurannya yang besar membuatnya mungkin mirip buaya.

Tapi, buaya yang dikenal saat ini bukanlah pemakan tumbuhan. Peneliti berpikir jika makluk ini masuk dalam keluarga dinosaurus yaitu Stegosaur.

10Mokele Mbembe

tentik.com

Hewan ini diklaim memiliki ukuran besar dan gempal seperti gajah tetapi memiliki leher panjang seperti jerapah dan memiliki ekor.

Arti namanya sendiri adalah “Dia yang membuat arus sungai berhenti”. Makhluk ini disebutkan banyak mengabiskan waktunya di Sungai Kongo dan termasuk hewan pemakan tumbuhan.

Meski merupakan pemakan tanaman, makhluk ini termasuk sangat berbahaya dan dapat menyerang manusia.

Jika dilihat dari cirri-cirinya, makhluk ini sangat mirip dengan dinosaurus Sauropod. Suku lokal menyebutkan jika makhluk yang mereka lihat ini adalah Mokele Mbembe.