Apa yang ada dalam bayanganmu saat berlibur di taman ria? Sebuah suasana ceria dan penuh kebahagiaan. Namun, tak demikian dengan Dismaland, taman bermain satu ini mengangkat tema mimpi buruk.

Dismaland berdiri di United Kingdom dengan luas lahan 1,1615 hektar. Sebuah taman bermain yang dirancang oleh seniman yang terkenal dengan kekejamannya bernama Banksy.

Taman bermain ini berlokasi di sebuah wilayah yang ditinggalkan yaitu Tropicana Swimming Resort di Weston-super-Mare. Tema taman yang ditonjolkan adalah atraksi dengan beliung kegelapan bersama 50 seniman seluruh dunia.

Dismaland membandrol tiket masuk £3 dan hanya dapat dikunjungi selama 5 pekan.

Berikut ini cuplikan kalimat yang ada di brosur.

Apakah kamu mencari alternatif liburan keluarga yang lain dari yang lain? Atau hanya sebuah tempat yang lebih murah. Ini adalah sebuah dunia baru yang semrawut. Kamu dapat memasuki dunia khayalan yang sebenarnya.

Acara ini hanya diperuntukan orang dewasa, didalamnya ada bahaya seperti pencahayaan dan efek asap.

Penasaran bagaimanakah keunikan di dalam Dismaland? Berikut ini beberapa gambarnya.

1Mobil Polisi

www.architecturendesign.net

Tak seperti di Indonesia dimana profesi polisi menjadi bualan-bualan lantaran tak bisa membedakan kondisi parkir dan berhenti. Di negara barat justru polisi adalah tokoh pahlawan.

Namun, di Dismaland ini menampilkan mobil polisi yang terperosok ke dalam kolam. Bagian belakang mobil terperosok lebih dalam dibandingkan bagian depan mobil yang menggambarkan mobil ini akan sulit diangkat.

Di sisi mobil terdapat pintu yang terdapat jembatan berwarna-warni untuk turun ke dalam kolam.

2Penyelamatan dengan Kapal Pelampung Kecil

www.architecturendesign.net

Ingatkah kamu dengan film Titanik di mana orang-orang yang diselamatkan dari kapal titanik yang pecah harus naik kapal pelampung yang kecil-kecil.

Gambar di atas menunjukan suasana yang hampir sama. Orang-orang berdesakan di kapal pelampung di atas perairan luas. Dibelakangnya ada kapal kecil yang merupakan kapal tim penyelamat.

3Burung dengan Paruh Panjang

www.architecturendesign.net

Burung adalah hewan yang cukup mungil dan lucu. Namun, jika burung seperti gambar di atas sama sekali tak memberikan kesan mungil dan lucu. Paruhnya yang sangat panjang menggambarkan bahwa burung tersebut adalah monster.

Paruhnya yang panjang menancap di sebuah tembok tinggi yang gelap dan minim pencahayaan. Ia tak segan memangsa manusia dengan kejam.

4Wanita yang Dimakan Burung

www.architecturendesign.net

Seorang wanita sedang duduk di sebuah kursi panjang dipinggir jalan. Namun, yang membuatnya aneh adalah ia di wajah dan bagian tubuhnya yang atas dikeroyok burung-burung.

Burung-burung ini seakan monster yang misterius. Di samping kursi tempat si wanita duduk terdapat sebuah koper yang memberikan cerita bahwa wanita ini sedang dalam perjalanan jauh.

5Ikan Paus yang Keluar dari Kloset

www.architecturendesign.net

Sekilas tak ada yang istimewa dari gambar di atas. Sebuah ikan paus besar melompat dari lingkaran seorang wanita penyelam. Namun jika diamati dengan seksama, kengerian sungguh terasa.

Ikan paus besar ternyata keluar dari lubang kloset. Ikan paus juga sedang tidak berada di kolam seperti pada umumnya.

6Kereta Kuda yang Terjungkal

www.architecturendesign.net

“Oleh bantuan ibu peri, akhirnya Cinderela berangkat ke pesta dansa dengan kereta kuda yang megah. Kereta yang disihir dari buah labu. Kereta ini mengantarkan Cinderela bertemu dengan sang pangeran.”

Namun, kemegahan kereta kuda di gambar diatas hilang seketika. Kereta yang megah dan indah terjungkal dengan sangat mengenaskan.

72 Anak Nakal yang Sedang Mengintip

www.architecturendesign.net

Gambar di atas menampilkan seorang wanita yang sedang mandi di sebuah kamar mandi kecil yang dibatasi tirai. Seorang anak sedang mengintipnya. Kemudian satu anak lainnya berjaga-jaga kalau ada yang mengetahui kenakalan mereka.

SHARE