Kalau kamu sering berselancar di berbagai situs berbahasa non-Indonesia, kamu akan temukan berbagai situs menarik. Kamu juga akan menyadari bahwa tips trik yang dinamakan DIY atau do it yourself sedang tenar belakangan ini.

Nah, kalau kamu belum tahu apa itu DIY, kamu bisa lakukan sendiri sambil melakukan kreasi sesuai selera dari beberapa referensi DIY ideas berikut.

1Tudung Negatif

handmade-ideas.com

Bukan berarti kalau kamu membuat tudung lampu ini kamu akan diliputi pikiran dan energi negatif. Justru ide DIY ini akan membuatmu dikelilingi ingatan masa lalu yang indah.

Kamu butuh wadah plastik kotak transparan, film negatif yang tidak terpakai, lem, dan kuas kecil. Kreasikan sesuai kenangan indah kamu.

2Cangkir Spesial

youtube.com

Rasanya ketika semua hal yang disukai pasanganmu pernah menjadi hadiah yang kamu berikan, kamu butuh ide baru yang sederhana, tetapi sempurna. Kamu bisa membuat DIY yang satu ini.

Kau cukup butuh spidol permanen, mug berwarna polos cerah dan oven. Tulisi sesuai kreasi kamu dan panggang di dalam over selama 30 menit pada suhu 170 ⁰C. Hadiah yang akan selalu berguna dan bermakna untuk pasangan kamu.

3Vas Bohlam

play.google.com

Kamu sering dibelikan bunga tanda cinta yang segar? Kamu bisa menyimpannya lebih lama di rumah dengan merendamnya dalam wadah menyerupa vas berisi air segar. Pertannyannya bagaimana membuatnya agar tetap cantik?

Coba cara minimalis, elegan dan simple ini. Gunakan ide DIY ini untuk mengubah lampu pijar atau bohlam yang tidak terpakai menjadi vas air yang unik. Lepaskan dengan hati hati ujug ‘ekor’ bohlam. Jadikan vas yang cantik!

4Kulit Vas Kaos Kaki

homedit.com

Mungkin kamu bosan dengan motif hiasan vas bunga di rumah yang hanya begitu begitu saja. Kamu bisa melakukan kreasi dengan membungkus vas tersebut dengan kaos kaki lama yang tidak terpakai.

Barangkali kaos kaki warna warni milik anakmu yang sudah tidak muat bisa menjadi pilihan yang tepat. Kini vas bunga di rumah kamu jadi lebih berwarna dan bisa kamu ganti sesuai suasana hati.

5Tudung Sendok Galon

techie.markmaranga.com

Kalau kamu punya galon ukuran kecil dan banyak sendok plastik tak terpakai, kamu bisa membersihkannya dan membuatnya menjadi tudung lampu yang cantik. Sebuah ide DIY yang menawan.

diycozyhome.com
diycozyhome.com

Kamu akan butuh cutter dan lem untuk memotong kepala sendok dan menempelkannya di tubuh galon. Hasilnya? Sebuah tudung lampu cantik yang mengesankan.

Untuk membuatnya menjadi lebih ‘hidup’, kamu bisa kreasikan berbagai gambar dan tulisan pada kepala sendok tersebut.

6Bola Tenis Serba Bisa

youtube.com

Buat kamu yang sering melakukan olahraga tenis, kamu pasti punya banyak bola tenis sisa yang tidak terpakai. Kamu bisa melakukan kreasi DIY seperti ini. Sebuah kreasi all in one cukup dengan bola tenis dan pisau kecil.

Kamu bisa melubangi bola tenis secara vertikal. Lubangi secukupnya hingga cukup untuk  menjadi tempat mengantung kunci atau menyelipkan berbagai perkakas.

Kamu juga bia memotong salah satu ujung bola tenis dan menjadikannya tempat alat tulis yang cantik. Jangan lupa melakukan kreasi dengan cat berbagai warna sesuai selera.

7Jar Photo Frame

trialanderrorcreativity.blogspot.com

Kamu punya banyak jar atau wadah kaca yang tidak terpakai? Cara DIY tepat yang bisa kamu lakukan dengan jar tersebut adalah membuatnya menjadi semacam ‘bingkai’ foto.

Sebuah bingkai foto yang sangat unik dan tidak biasa. Kamu cukup masukkan foto kenanganmu ke dalam jar, meletakkannya di meja samping jendela atau dekat lampu meja yang terang agar terpapar cahaya.

Akan muncul cahaya menembus jar dan kertas foto yang semi-transparan. Menbuat rona cahaya yang indah dan mengagumkan. Cobalah!

SHARE