Setiap manusia tentu memiliki harapan dan keinginan. Atau sesuatu yang sangat diidamkan dan ingin sekali diwujudkan. Semua hal yang terjadi di dunia ini tidak lain adalah atas kehendak Allah yang Maha Kuasa.

Takdir dan nasib yang menimpa seluruh manusia adalah atas kehendak Allah subhanahu wata’ala. Untuk meminta kepada Allah, ada ritual ibadah yang biasa orang sebut dengan doa. Doa adalah upaya meminta atau memohon kepada Allah agar diijabah atau dikabulkannya suatu permintaan.

Nah, sobat sekalian sudah tahukah tentang kisah pemuda yang terjebak didalam goa lalu berdoa kepada Allah? Dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari Muslim dikisahkan, ada tiga orang pemuda pergi hendak beribadah kepada Allah.

Di perjalanan hujan turun sangat lebat sekali. Lalu mereka pun berlindung di dalam sebuah gua. Tiba-tiba jatuh sebuah batu sangat besar menutupi mulut gua. Ketiga-tiga pemuda itu akhirnya terkurung dan tidak dapat keluar.

Berikut adalah ulasan menarik tentang kisah doa-doa pemuda tersebut sehingga Allah mengabulkan untuk membukakan batu yang menghalangi jalan keluar mereka dari goa tersebut.

1Doa Pemuda yang Mampu Menahan Hawa Nafsu

www.selamatmorningindonesia.com

Seorang pemuda diantara mereka mengatakan :

“Wahai hamba Allah, demi Allah, tidak ada yang dapat menyelamatkan kita sekarang ini kecuali Allah Swt. Barangkali ada amal paling baik yang pernah kita lakukan yang dapat kita kemukakan kepada-Nya untuk menyelamatkan kita dari musibah ini”.

Lalu pemuda lainnya berdoa kepada Allah, “Ya Allah, saya pernah terpikat kepada seorang wanita yang sangat cantik. Kerana aku memiliki kekuasaan dan kekayaan, lalu aku bayar wanita itu dengan harga yang dikehendakinya.

Ketika kami berdua-duaan dan aku mempunyai kesempatan untuk berbuat zina, tiba-tiba aku ingat siksa-Mu ya Allah, lalu aku batalkan niat buruk itu.

Ya Allah, seandainya apa yang aku perbuat itu baik menurut-Mu, tolong geserkan batu besar yang menghalangi mulut gua ini.”

Selesai pemuda itu berkata-kata, tiba-tiba batu besar yang menutupi mulut gua itu bergeser sedikit, tetapi mereka belum dapat keluar.

2Doa Pemuda yang Menjaga Kejujuran

tuntunansholat.com

Salah satu dari mereka kemudian berdoa kepada Allah, namun sebelum itu ia menyebutkan bahwa ia pernah menjaga upah dari seseorang, lalu ia menginvestasikan upah tersebut hingga berlipat gandalah uangnya.

Akan tetapi ia tidak mengambil keuntungan darinya, justru upah yang tadinya hanya satu dirham dan bisa berlipat ganda oleh keuntungan setelah diinvestasikan ia kembalikan kepada si pemilik upah tersebut.

Hingga pemilik upah tersebut terheran-heran, karena pemuda ini sama sekali tidak memungut sepeserpun bahkan melipat gandakan upah yang tadinya hanya satu dirham.

Lalu ia berkata, Ya Allah, Engkau Maha Tahu, aku melakukan itu semata-mata kerana mengharapkan keredhaan-Mu. Ya Allah, jika apa yang aku lakukan itu baik menurutMu, tolong angkat batu yang menghalangi tempat keluar kami ini.”

Lalu batu itu bergeser kembali, namun mereka tetap belum dapat keluar.

3Doa Pemuda yang Berbakti Kepada Orangtua

www.jombloo.co

Terkahir, pemuda ketika ikut serta berdoa kepada Allah seperti yang dilakukan teman-temannya. Ia berkata,

“Ya Allah, kedua orang tua ku sudah sangat tua. Meskipun demikian, aku sangat menyayangi keduanya dan aku tidak pernah minum atau makan sebelum keduanya minum dan makan. Suatu hari aku bawakan sebotol air susu untuk keduanya namun mereka sedang tidur dengan lena.

Aku tidak berani mengejutkannya, lalu aku tunggu sehingga keduanya bangun. Meskipun anak aku waktu itu menangis meminta susu itu, namun aku tidak memberikannya sebelum kedua orang tua aku meminumnya terlebih dahulu.

Apabila kedua orang tua ku bangun, aku terus memberinya minum. Ya Allah, Engkau Maha Tahu, apa yang aku perbuat itu semata-mata kerana mengharap keredhaan-Mu, maka tolong alihkan batu ini supaya kami dapat keluar”.

Akhirnya batu itu bergeser kembali dan akhirnya mereka dapat keluar dari gua tersebut dengan selamat. (HR.Bukhari dan Muslim).

Nah, sobat sekalian dari cerita diatas bisa kita ambil hikmah bahwa sesuatu perbuatan baik suatu hari nanti bisa menjadi amalan unggulan sehingga menjadi salah satu washilah atau cara untuk berusaha agar dikabulkannya doa-doa.

SHARE