laurensiregar1.blogspot.com

Sadar atau Tidak? Ternyata Ada 5 Dosa dari Kepala Wanita, Ini Dia!

Posted on

Wanita adalah makhuk yang dimuliakan, bagi Allah dan Rasul-Nya. Tidak heran jika di kitab suci tercantum surat An-Nisa yang berarti wanita. Ya, mulia disini tentu saja hanya berlaku bagi mereka yang menjaga kehormatan diri dan keluarga.

Di balik keutamaannya ini, ternyata wanita diberi tanggungjawab begitu besar dari Allah SWT.

Bahkan dari keseluruhan tubuh wanita, bisa menjadi sumber dosa lho kalau tidak dijaga dengan baik. Yup, salah satu bagian yang dimaksud tersebut adalah kepala wanita. Begitu banyak dosa yang bisa ditimbulkan hanya pada satu bagian ini saja.

Berbagai dosa ini kerap terjadi di modern ini dan bahkan justru dianggap sebagai hal biasa. Ini dia 5 dosa yang berasal dari kepala wanita, check this one out!

Tidak Berhijab

jeqweb.com
jeqweb.com

Menutup aurat menjadi kewajiban setiap kaum muslimah, di mana aurat wanita itu seluruh badan kecuali telapak tangan dan bagian wajah. Mereka hanya boleh memperlihatkan auratnya di hadapan orang yang merupakan muhrimnya saja.

Jika memperlihatkan auratnya, sedikit saja, di depan orang yang bukan muhrimnya, sudah terhitung dosa. Itu berarti bagian kepala juga merupakan aurat wanita yang harus ditutup. Ya, menutupnya ya dengan menggunakan hijab.

Tapi mirisnya, di masa kini banyak wanita yang menyepelekan perintah ini. Mereka mengumbar auratnya ini di mana-mana, tidak peduli di depannya itu muhrimnya atau bukan.

Memakai Hijab Gaul / Tidak Memenuhi Syarat Hijab

jeqweb.com
jeqweb.com

Modern ini, entah para wanita yang berhijab sudah mengerti esensi dari hijab itu sendiri atau belum. Memang mereka sudah mengenakan hijab, tapi sayangnya tidak semua yang memakai hijab ini lantas sudah dianggap menunaikan kewajibannya.

Karena pada sebagian wanita, dari jilbabnya ini timbul dosa baru yang dikarenakan tidak sesuai penggunaannya dengan syariat Islam.

Mewarnai / Menyemir Rambut dengan Warna Hitam

laurensiregar1.blogspot.com
laurensiregar1.blogspot.com

Sebagian besar orang yang menua, pria maupun wanita akan mengalami rambut ubanan. Namun mereka tidak sadar akan itu semua. Kebanyakan mereka menyemir rambut dengan warna hitam agar terlihat awet muda.

Ancamannya pun tidak main-main, yaitu tidak akan mencium bau surga. Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Pada akhir zaman nanti akan muncul suatu kaum yang bersemir dengan warna hitam seperti tembolok merpati. Mereka itu tidak akan mencium bau surga.” (HR. Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Hibban dalam shahihnya, dan Al Hakim.

Al Hakim mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Mencabut Uban

kompasiana.com
kompasiana.com

Solusi lain yang terpikir ketika ubanan pasti adalah mencabutnya. Namun, ternyata mencabut uban itu tidak diperbolehkan di dalam Islam.

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah mencabut uban.

Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shagir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Sebenarnya kita boleh saja menyemir rambut, tapi dengan warna bukan hitam, itulah solusi terbaiknya jika tidak ingin uban mengganggu penampilan kita.

Menyambung Rambut

annida-online.com
annida-online.com

Sungguh menyambung rambut itu begitu dilarang. Tercantum dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori no 5591 dan Muslim no 2122.

Dari Asma’ binti Abi Bakr, ada seorang perempuan yang menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata,

“Telah kunikahkan anak gadisku setelah itu dia sakit sehingga semua rambut kepalanya rontok dan suaminya memintaku segera mempertemukannya dengan anak gadisku, apakah aku boleh menyambung rambut kepalanya.

Rasulullah lantas melaknat perempuan yang menyambung rambut dan perempuan yang meminta agar rambutnya disambung”

Itulah lima dosa yang bersumber dari kepala wanita. Semoga bermanfaat!

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *