Kalau kamu baru menekuni dunia fotografi, teknik ini bisa jadi salah satu referensi kamu dalam menciptakan hasil foto yang mengagumkan. Teknik ini dinamakan teknik double exposure.

Dalam ilmu fotografi dan cinematografi dikenal istilah multiple exposure, adalah sebuah superimposition atau pengambilan gambar dengan dua bukaan (exposure) atau lebih untuk menciptakan satu gambar.

popphoto.com
popphoto.com

Jadi, yang dimaksud dengan double exposure tentu saja penggabungan dua foto menjadi satu. Dengan teknologi digital sekarang ini kamu bisa menciptakan hasil foto double exposure dengan sederhana namun menakjubkan.

Seperti beberapa foto yang unggah Andreas Lie pada akun instagramnya, arworkbylie. Fotografer yang tinggal di Bergen, Norwegia ini mengunggah foto-foto hewan liar dan habitatnya dengan kombinasi teknik double exposure.

1Red Fox

boredpanda.com

Rubah merah atau yang disebut Vulpes vulpes ini bisa kamu temui di daerah pegunungan bersalju. Hampir semua pegunungan ditinggali oleh rubah, kecuali di daerah Antartika.

Sangat indah bukan? Sunset di ujung pegunungan putih tertutup salju dan cemara dipadu dengan rubah merah berekor yang sangat eksotis. Seolah ia sedang berburu mangsa di balik salju yang menyegarkan.

2Grey Wolf

boredpanda.com

Ditemukan di Amerika Utara dan Eurasia, Canis lupus atau serigala abu-abu adalah hewan liar yang sangat eksotis. Beratnya bisa mencapai 45 kg dan mempunyai 37 spesies turunan lainnya.

Kamu bisa lihat matanya yang tajam. Seolah ia menguasai gunung di semua musim, musim dingin, musim panas, musim apapun dialah yang menguasainya. Kamu tertarik memburu foto serigala liar? Berhati-hatilah.

3Grizzly Bear

boredpanda.com

Ini adalah spesies beruang yang terancam punah, keberadaannya sekarang sangat dilindungi. Ursus arctos bisa kamu temukan di daerah pegunungan yang liar. Padat akan berbagai macam tumbuhan dan sungai alami.

Selain di benua Amerika, kamu bisa bertemu si grizzly di Rusia, Cina, dan Korea. Beruang yang tangguh akan berbagai rintangan dan tekanan alam. Hewan penyendiri yang cukup bahagia hanya dengan keluarga kecilnya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Paduan gambar yang menakjubkan. Beruang grizzly yang sedang berkenala satukan dengan habitat hutan lembah pegunungan yang dingin tertutup salju. Seolah ingin mengajarkan pada manusia bahwa sekeras apapun hidup, harus tetap dijalani.

4Red Deer

boredpanda.com

Kamu akan segera bisa mengenalinya sebagai rusa yang paling indah diantara banyak rusa lainnya. Cervus elaphus atau rusa merah adalah spesies rusa yang paling tersebar di seluruh dunia. Seolah ia bisa hidup di manapun.

Jangan kaget juga jika rusa ini menduduki berbagai daerah pegunungan di benua Asia, Australia, hingga benua Amerika. Jangan khawatirkan apa ia bisa bertahan atau tidak. Hewan ini bisa dengan mudah menaklukan dinginnya salju.

Kamu bisa saksikan sendiri bukan? Bagaimana bulu tebalnya yang hanya sekeliling leher mampu diimbangi oleh bulu tipis dan kulit yang kebal dari hawa dingin. Ciptaan yang sangat indah dan membingungkan.

5Bison

boredpanda.com

Kamu mungkin hanya mengenalnya dengan nama bison, namun hewan ini memang mempunyai nama latin bison. Sayangnya, empat spesies bison telah punah. Kamu juga tidak akan menemukannya di Indonesia.

Namun, jangan pernah remehkan kemampuan bison. Dengan bulu yang lebat dan kulitnya yang tebal ia dapat hidup di hutan yang tertutup salju selama musim dingin. Binatang yang tangguh dengan otot-otot yang sangat kuat.

Nah, kalau kamu tertarik dengan teknik double exposure ini, kamu bisa mempelajarinya lebih detil lewat internet. Terdapat banyak video dan artikel tutorial teknis dan praktis untuk mendapatkan hasil foto double exposure yang mengagumkan.