Musik saat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat kita. Ditambah lagi dengan kehadiran internet menjadikan akses untuk menikmati musik dan lagu semakin mudah. Menikmatinya pun bisa dengan berbagai cara. Seperti streaming atau mengunduh lagu tersebut.

Permasalahan bangsa kita saat ini, khususnya yang berkaitan dengan seni musik adalah kebiasaan untuk mengunduh lagu secara ilegal dengan tujuan mendapatkan yang gratis. Hal ini mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit bagi para artis yang berkecimpung dalam dunia tarik suara.

Padahal di internet saat ini ada banyak situs yang menyediakan layanan unduhan atau download lagu-lagu secara gratis dan itu legal. Berikut ini beberapa situs unduhan lagu secara legal dan gratis yang bisa kamu kunjungi.

1Free Music Archive

udg.theagoraonline.net

Bermula pada tahun 2009, sebuah komunitas radio independen yang menyebut diri mereka WFMU memulai sebuah proyek membuat musik kontemporer dari semua genre yang ada saat ini. Lagu-lagu tersebut disediakan dengan akses terbuka untuk publik.

Dari sanalah Free Music Archive atau FMA kemudian muncul. Hingga saat ini komunitas WFMU telah menjalin mitra dengan puluhan kurator. Situs ini sekarang menjadi harta karun untuk konten gratis.

2NoiseTrade

techdaring.com

Situs NoiseTrade juga merupakan salah satu situs musik yang menawarkan unduhan lagu secara gratis. Situs ini merupakan bagian dari promosi platform.

Di situs ini memungkinkan kamu untuk mengunduh beragam track individu atau album yang telah diunggah sebelumnya oleh pemilik hak cipta lagu.

3Amazon

custardrecords.com

Situs amazon hingga saat ini telah memiliki sekitar lebih dari empat puluh enam ribu lagu yang dapat diunduh secara gratis. Jumlah ini akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Dalam situs ini kamu bisa menelusuri lagu-lagu sesuai genrenya dan dapat mengetahui jumlah lagu dalam setiap kategori.

4MP3

yinternet.net

Situs download gratis secara legal berikutnya adalah MP3. Situs ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1997. Kemungkinan situs MP3 merupakan situs musik tertua yang masih tetap eksis hingga sekarang.

Meskipun dianggap sebagai situs tertua, MP3 tetap memiliki koleksi yang bagus dan update dibandingkan dengan situs musik lainnya yang juga terkenal.

5Jamendo

makebettermedia.blogspot.com

Hingga kini situs jamendo telah memiliki koleksi hampir empat ratus ribu lagu dan lebih dari empat puluh ribu artis yang mengunggah musik karya mereka. Jamendo termasuk salah satu situs website gudang musik dengan unduhan gratis terbesar saat ini.

Mungkin kamu tidak dapat menemukan semua artis favoritmu di sini. Namun layanan berupa user interface streamline membuat Jamendo mudah untuk pencarian dan menemukan musisi baru yang berbakat.

6Soundcloud

s3bubble.com

Situs lainnya yang juga menawarkan unduhan musik yang legal secara gratis adalah Soundcloud. Memang tidak semua yang diunggah di Soundcloud gratis. Namun banyak juga artis terkenal yang sering menawarkan unduhan gratis karya musiknya.

Caranya mudah. Kamu tinggal menemukan profile mereka yang terverifikasi melalui penelusuran melalui nama artis, genre, popularitas atau unggahan terakhir.