Sekarang ini varietas durian merah memang sedang naik daun. Hal inilah yang membuat banyak orang semakin penasaran dan memburunya.

Buah yang hanya bisa didapati di Banyuwangi ini memang memiliki daging buah berwarna merah dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi legitnya.

Usut punya usut, buah ini memiliki sejarah panjang yang menarik untuk kamu simak seperti berikut ini.

1Ada Sejak Jaman Kerajaan Blambangan

wikipedia.org

Oleh sebagian orang, buah ini diyakini telah ada sejak jaman Kerajaan Blambangan berkuasa di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya. Tepatnya sekitar tahun 1536 hingga 1580 Masehi. Artinya keberadaan buah ini sudah ada sejak 5 abad yang lalu. Tua banget kan.

2Sempat Hilang dari Pasaran dan Muncul Lagi di Tahun 1997

banyuwangibahagia.com

Tidak ada yang tahu alasan buah ini seolah hilang dari peredaran. Namun pada tahun 1997 ditemukan sebatang pohon buah durian merah yang berada di kebun Bapak Serad. Lokasinya berada di desa Kemiran, Banyuwangi.

Menurutnya, pohon ini diwariskan secara turun temurun sejak masa Kerajaan Blambangan. Sejak saat itulah pohon durian merah mulai dikembangkan hingga dikenal kembali secara luas oleh masyarakat seperti saat ini.

3Macam-macam Durian Merah

banyuwangibahagia.com

Bila mengkategorikan durian merah dari warna dagingnya, maka akan muncul tiga jenis yaitu, pertama yang warna keseluruhan dagingnya berwarna merah. Kedua yang memiliki warna daging merah dan kuning. Serta yang ketiga berwarna merah, kuning dan putih.

4Harga Durian Merah

ikaningtyas.blogspot.com

Saking ekslusifnya buah ini, harganya pun bisa dibilang cukup tinggi. Yang paling murah saja dibandrol dengan harga 120 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah. Sedangkan untuk ekspor bisa mencapai 400 ribu rupiah perĀ  buah. Fantastis bukan?

Karena itulah, jika kemudian Pak Serad dapat mengantongi omset hingga 16 juta rupiah dalam sekali panen.

5Rasanya Lezat

detik.com

Apalagi yang dicari oleh para penggemar durian jika bukan rasanya yang khas legit, manis dan campuran rasa lainnya. Demikian halnya dengan buah durian merah. Buah ini memiliki perpaduan antara rasa gurih, manis, legit dan asin. Bikin kamu penasaran bukan?

6Diekspor Hingga Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam

sebenarnya.com

Tidak hanya orang Indonesia saja yang gemar merasakan legitnya buah durian merah. Beberapa negara tetangga seperti Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysiapun juga demikian.

Maka tidak salah lagi kalau buah ini juga menjadi komoditas ekspor yang dikirimkan secara rutin ke sana.

7Berkembang Hingga 200 Pohon dan Eksklusif di Beberapa Tempat Saja di Banyuwangi

wesharepics.info

Saat dikembangkan pada tahun 2007 di Banyuwangi, buah jenis ini hanya memiliki tiga pohon yang mampu menghasilkan buah. Namun, setelah melewati perjuangan yang begitu panjang, kini sudah ada sekitar 200 pohon yang dapat dipanen setiap tahun.

Variannya pun bertambah hingga mencapai 62 varian durian merah. Hanya saja yang dipublikasikan ke masyarakat masih 32 jenis. Sedangkan sisanya masih masuk proses pengembagan dan seleksi karena dagingnya yang masih tipis.

Selain itu, buah durian merah ini hanya dapat kamu temukan di beberapa wilayah saja di Banyuwangi. Yaitu Kecamatan Kalipuro, Kecamatan Glagah, Kecamatan Giri, Kecamatan Licin, dan kecamatan Songgon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here