bkn.go.id

E-PUPNS Berhasil Bikin Pegawai Negeri Harap-harap Cemas. Kenapa?

Posted on

Sudah tahukah kamu kalau sekarang ada pendataan ulang bagi para Pegawai Negeri Sipil? Pendataan tersebut mulai dimunculkan sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah “PNS Palsu” yang mendaftar dengan cara curang.

Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil/PNS secara elektronik yang selanjutnya disingkat e-PUPNS adalah proses pendataan ulang PNS melalui sistem teknologi informasi.

Proses pendataan melalui system tersebut meliputi tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/instansi daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Pendaftaran secara Online

bkd.solokkota.go.id
bkd.solokkota.go.id

Pendaftaran dengan sistem elektronik penataan ulang pegawai negeri sipil ini dilakukan secara online oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Proses pendaftaran ini diselenggarakan berdasarkan Peraturan Kepala BKN Nomor 19 Tahun 2014 tentang pedoman E-PUPNS mulai Tanggal 1 September sampai tanggal 30 November tahun 2015.

Para pegawai negeri bisa mendaftarkan diri melalui ponsel maupun laptop.

Data yang Dibutuhkan

kepegawaian.kebumenkab.go.id
kepegawaian.kebumenkab.go.id

Data PNS adalah seluruh informasi PNS yang memuat data riwayat hidup, riwayat pendidkan formal dan non formal, riwayat jabatan dan kepangkatan, riwayat penghargaan, tanda jasa, atau tanda kehormatan.

Ditambah riwayat pengalaman berorganisasi, riwayat pendidikan dan pelatihan, daftar penilaian prestasi kerja, surat keputusan, dan kompetensi.

Hak Akses adalah kewenangan-kewenangan yang diberikan di dalam penggunaan sistem e-PUPNS.

Cara Daftar PUPNS

smeaker.com
smeaker.com

UserExecutive Instansi adalah user yang mendapat hak ahses untuk monitoring dan laporan selama proses kegiatan e-PUPNS unhrk data di lingkungan kelembagaannya.

Adapun cara mendaftarkan diri di e-PUPNS yaitu pertama, setiap PNS dalam melakukan entri PUPNS harus registrasi terlebih dahulu sebagai otentifikasi PNS yang bersangkutan.

Kedua, pada saat melakukan registrasi, PNS yang bersangkutan menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan membuat kata sandi untuk mendapatkan nomor register.

Ketiga, nomor register digunakan sebagai username yang digunakan bersamaan dengan kata sandi untuk login ke dalam system e-PUPNS.

Keempat, nomor registrasi sebagai bukti registrasi/pendaftaran PUPNS disimpan
dalam bentuk file elektronik (.pdf) dan/atau dicetak dan digunakan sebagai alat kendali penyampaian berkas fisik.

Kelima, bukti registrasi pada angka 3 dibuat menurut contoh, merupakan bagan tidak terpisahkan dari Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara ini.

Cara Pengisian Formulir E-PUPNS

kpu-kuduskab.go.id
kpu-kuduskab.go.id

PNS harus login terlebih dahulu sesuai dengan nomor register. Formulir e-PUPNS terdiri dari data Utama PNS, data posisi, data riwayat, data untuk PNS Guru (hanya diisi oleh PNS Guru), data untuk PNS Dokter (hanya diisi oleh PNS Dokter); dan data StakehoLder, antara lain memuat Bapertarum, BPJS Kesehatan, Kartu Pegawai Elektronik (KPE);

Setelah itu, PNS memeriksa keakuratan dan kelengkapan data pada formulir e-PUPNS. Apabila data sudah akurat atau Iengkap, PNS dapat langsung mengirim data untuk dilakukan proses verifikasi data.

Apabila terdapat data yang tidak akurat atau tidak lengkap, PNS melakukan pemutakhiran data sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Dalam pemutakhiran data, PNS harus melampirkan dokumen pendukung dan menyampailran kepada user verifikator pada jenjang terendah.

Setelah melakukan pemutakhiran data, PNS mengirim data untuk dilakukan proses verifikasi data. Pada tahapan ini, dilakukan prroses validasi data PNS secara interaktif oleh sistem e-PUPNS.

PNS dapat memantau keseluruhan proses pemutakhiran data dan
progress datanya masing-masing melalui sistem e-PUPNS.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *