Rasanya tidak mungkin kamu tidak mengenal Edward Snowden. Saat kamu mengetikkan dua huruf ‘e’dan ‘d’ saja di Google, akan langsung muncul suggestion ‘Edward Snowden’ di mesin pencari tersebut.

Lelaki 32 tahun bernama lengkap Edward Joseph Snowden adalah asli kelahiran North Carolina, Amerika Serikat. Ia mantan pegawai National Security Agency (NSA) yang telah membeberkan banyak rahasia Amerika Serikat.

Mari kita pelajari timeline berbagai rahasia besar yang diungkap oleh Edward Snowden.

1June 5, 2013

speedwayplaza.net

Verizon, sebuah jasa penyedia layanan jaringan telepon diungkap oleh Edward Snowden telah memberikan data pelanggannya kepada NSA. Kemudian segera setelah hal ini di ungkap, segera diungkap hal lain yang lebih mencengangkan.

Menurut Edward Snowden, bukan hanya mereka yang menggunakan jasa Verizon, namun seluruh perusahaan telepon di Amerika dikatakan juga memberikan data pelanggannya kepada NSA.

2June 6, 2013

futuristgerd.com

PRISM adalah program NSA yang lebih menggemparkan. Program PRISM ini dimulai pada tahun 2007. Dan dikatakan dapat ‘meminta’ berbagai data komunikasi dari 9 perusahaan internet asal Amerika.

Sebut saja Microsoft, Google, Yahoo, Facebook, PayTalk, YouTube, Skype, AOL, dan Apple.

3July 31, 2013

transcend.org

Xkeyscore disebut sebagai program yang dapat melihat segalanya. Software ini dapat menganalisa, melaporkan tanpa izin, dan mencari berbagai database email, online chat, hingga riwayat browsing orang per orang.

Dalam dokumen NSA yang dibeberkan Edward Snowden, program ini dilabeli sebagai NSA “widest-reaching”.

4August 29, 2013

unacknowledged.info

Amerika Serikat mempunyai “black budget” sebesar 53,6 miliar dolar Amerika pada tahun 2013. Dana ini digunakan untuk operasional 16 lembaga mata-mata yang berhubungan dengan lembaga mata-mata Amerika Serikat.

5October 30, 2013

theatlantic.com

Sebuah program bernama MUSCULAR milik British Government Communications Headquarters (GCHQ) menyusup di jaringan fiber optik di berbagai belahan dunia.

securityaffairs.co
securityaffairs.co

GCHQ juga bekerja sama dengan NSA dengan codename program Tempora. Beberapa perusahaan yang bekerja sama dalam Tempora adalah Verizon Business, British Telecomunications, Vodafone Cable, Global Crossing, Level 3, Viatel, dan Interoute.

6December 4, 2013

thehackernews.com

NSA dapat melacak 5 miliar riwayat lokasi ponsel dalam sehari di seluruh dunia. Sebuah fakta yang mengejutkan bukan? Bisa saja kamu termasuk satu dari 5 milliar orang yang diawasi oleh NSA setiap hari.

7December 9, 2013

beyond-eternity.com

NSA dan GCHQ menyusup ke dalam berbagai game online seperti World of Warcraft dan Second Life. Tujuannya untuk mengantisipasi kemungkinan adanya perencanaan terorisme lewat chat yang tersedia dalam game online tersebut.

8December 20, 2013

thehackernews.com

NSA membayar RSA, jasa keamanan komputer populer, sebesar 10 juta dolar Amerika. Tujuannya agar RSA dapat membuat enkripsi yang meninggalkan celah atau back door pada berbagai akses data komputer di berbagai belahan dunia.

Dengan cara tersebut, lembaga intelejen dapat masuk menyusup ke berbagai komputer di seluruh dunia.

9December 29, 2013

leaksource.info

NSA mempunyai tim hacker elit dengan codename Tailored Accsess Operations (TAO) yang mampu melakukan hacking ke berbagai komputer di seluruh dunia. Dengan cara kotor menyusupkan malware.

Dikatakan bahwa tim TAO akan dipanggil jika NSA tidak dapat menjebol berbagai target dengan cara NSA sendiri. Dengan TAO, NSA bisa mendapatkan informasi detil dari target yang dimaksud.

10January 17, 2014

faz.net

Program Dishfire memungkinkan NSA ‘mengoleksi’ 200 juta sms setiap harinya dari seluruh ponsel di dunia. Pada dokumen yang diungkap Edward Snowden, cara ini dideskripsikan sebagai “goldmine to exploit”.

11March 29, 2014

wikivsnwo.com

NSA memata-matai dan menyadap telepon milik para pemimpin dunia. Tidak kurang dari 122 pemimpin dunia, Edward Snowden mengungkap berbagai dokumen yang dapat membuktikan hal ini.

Beberapa pemimpin dunia seperti Angela Merkel, Dilma Roussef, Felipe Calderon, menteri luar negeri Perancis, dan berbagai pemimpin dunia yang hari di Toronto saat pertemuan G8 dan G20 pada tahun 2010.

Dari apa yang diungkap Edward Snowden, kita belajar untuk tidak bergantung pada internet, ponsel dan berbagai teknologi komunikasi terdepan lainnya. Jika benar membutuhkan privasi, maka interaksi terbaik adalah dengan face to face.

Lindungi privasi keluargamu dan lindungi keluargamu!