Salah satu aktivitas pagi yang kita lakukan adalah sarapan. Sarapan merupakan hal awal untuk mengisi perut, tentu agar kita memiliki tenaga untuk beraktivitas.

Akan tetapi kegiatan pagi tersebut sering dilewatkan oleh sebagian orang. Apakah kamu termasuk orang yang sering meninggalkan sarapan pagi?

Banyak alasan yang terlontar untuk tidak sarapan pagi, seperti buru-buru, tidak sempat, belum lapar, dan lain-lain. Bagaimanapun juga sarapan pagi dapat memberikan tenaga lebih untuk melakukan aktivitas.

Sebelum beraktivitas kita memerlukan asupan nutrisi dan tenaga yang berasal dari makanan. Sarapan pagi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sarapan tidak hanya bisa dilakukan di rumah, jika kamu tak sempat melakukannya di rumah kamu juga bisa melakukan sarapan di tempat kerja, di kampus ataupun di kantin sekolah.

Berikut beberapa efek negatif ketika tidak sarapan pagi.

1Beresiko Diabetes

aholdencirm.files.wordpress.com

Hasil penelitian American Journal of Clinical Nutrition bahwa wanita yang tidak melakukan sarapan pagi rata-rata nol sampai enam kali per minggu beresiko lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan dengan wanita yang melakukan sarapan pagi setiap hari.

Maka dari itu sebaiknya rutinitas sarapan pagi jangan kamu tinggalkan.

2Melewatkan Sarapan Pagi Berelasi dengan Resiko Obesitas

analisadaily.com

Mungkin sebgaian besar orang berpikir sarapan pagi malah menambah berat badan. Alih-alih ingin diet dan menghindari sarapan pagi malah membuat gemuk.

American Journal of Epidemilogy menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan, cenderung 4,5 kali menjadi lebih gemuk daripada orang yang selalu melakukan sarapan.

3Penyakit Jantung

sehatplan.com

Mungkin kamu akan berpikir apakah iya dampak dari melewatkan sarapan pagi bisa menyebabkan penyakit jantung?

Studi di Jurnal Sirkulasi menunjukkan sarapan pagi dihubungkan dengan insiden lebih rendah dari penyakit jantung pada pria antara usia 45 tahun dan 82 tahun.

Maka dari itu tidak berlebihan jika ada yang mengatakan bahwa sarapan pagi adalah sesuatu yang penting.

4Daya Ingat Menurun

www.firdaus45.com

Tahukah kamu mengkonsumsi makanan tinggi serat saat sarapan dapat membantu dalam meningkatkan memori jangka pendek.

Hal tersebut di ungkapkan oleh studi yang melibatkan 319 remaja dalam Journal of Adolescent. Memang ketika kita melewatkan sarapan, perut menjadi kosong, dan kepala pusing sehingga konsentrasi terganggu.

Nah, jika kamu masih sering melewatkan sarapan pagi sebaiknya patut kamu pertimbangkan lagi.

Mari kita biasakan untuk tetap sarapan pagi agar kesehatan tubuh terjaga dan aktivitas kita menjadi lancar. Jangan lupa juga awali hari dengan senyum dan energi yang terpenuhi.