Sulam alis merupakan salah satu cara untuk membuat alis lebih teratur dan rapi. Hal ini dilakukan dengan menggunakan menanam pigmen kosmetik tertentu ke dalam kulit. Sehingga menghasilkan efek yang sama seperti saat menggunakan make up.

Meskipun memiliki manfaat untuk menunjang penampilan, namun tahukah kamu bahwa sulam alis memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh?

Nah berikut adalah efek samping sulam alis bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu pertimbangkan sebelum melakukan sulam alis.

1Tertular Penyakit Berbahaya

youtube.com

Efek samping yang pertama adalah dapat tertular penyakit berbahaya. Tahukah kamu bahwa penyakit berbahaya seperti sifilis, hepatitis, TBC dan juga AIDS merupakan penyakit yang dapat menular melalui jarum suntuk yang tidak steril?

Bisa jadi jarum yang digunakan untuk menyulam alismu sebelumnya telah digunakan untuk menyulam alis seseorang yang memiliki penyakit menular. Dan jika hal ini terjadi, tentu saja dapat meningkatkan resiko terkena penyakit tersebut.

2Rentan Terhadap Infeksi

malesbanget.com

Infeksi dapat disebabkan karena tinta sulam alis yang mengandung bahan kimia masuk ke dalam pori-pori dan juga peralatan yang tidak steril.

Infeksi merupakan dampak buruk dari sulam alis jika tidak dilakukan oleh seseorang yang profesional. Selain alis mata membengkak, infeksi juga dapat menyebabkan alis mata yang disulam menimbulkan nanah.

3Iritasi dan Alergi

sulamalisacing.com

Efek samping sulam alis selanjutnya adalah dapat menyebabkan iritasi. Seseorang yang memiliki kulit sehat mungkin tidak akan mengalami hal ini, akan tetapi yang memiliki kulit sensitif sangat rentan sekali terhadap iritasi.

Sama seperti saat mengalami infeksi, iritasi juga dapat disebabkan karena tinta yang digunakan. Jika hal ini terjadi, iritasi dapat menimbulkan bercak merah di sepanjang alis mata.

Jadi, jika kamu mencoba melakukan sulam alis dan ternyata bahan yang digunakan tidak sesuai kulitmu, maka akan mengalami iritasi atau alergi.

Selain iritasi dan alergi dengan melakukan sulam alis biasanya pori-pori kulitmu juga akan terbuka dan masuknya benda asing ke dalam kulit akan buruk bagi kulitmu.

4Merusak Kulit Epidermis

sulamalisjogja.com

Alat sulam alis yang terbuat dari logam runcing dan disertai dengan jarum suntik tentu saja mampu merusak epidermis kulit.

Tak hanya itu saja, ketika benda tajam tersebut masuk ke dalam kulit yang mengenai saraf alis, akan menyebabkan saraf alismu rusak, dan menimbulkan peredaran darah menjadi semakin tidak lancar.

5Ketergantungan

tracyfensome.com

Sulam alis yang dilakukan pada umumnya hanya bersifat sementara, sehingga saat warna alis memudar, para wanita akan pergi ke jasa tukang alis.

Hal ini dikarenakan bulu mata tidak dapat tumbuh seperti dulu lagi. Sehingga melakukan sulam alis adalah salah satu cara untuk memperbaiki penampilan agar terlihat lebih baik.

Jika hal ini sering dilakukan tentu saja dapat meningkatkan resiko berbahaya yang pasti tidak kamu inginkan.

6Sulit Mengembalikan ke Bentuk Normal

thecurlygirljournal.blogspot.com

Jika anda melakukan sulam alis permanen maka akan sulit untuk di kembalikan ke bentuk normal atau alami. Harga yang harus dibayar untuk mengembalikan alis ke bentuk aslinya akan jauh lebih mahal dari pada saat melakukan sulam alis.

7Bentuk Alis Menjadi Aneh

thecurlygirljournal.blogspot.com

Efek samping sulam alis berikutnya adalah jika kamu salah memilih salon atau klinik (salon dan klinik tidak profesional) bukannya cantik yang kamu dapat, justru wajahmu akan terlihat aneh dan menyeramkan.

8Sulit Kembali ke Bentuk Normal

kopimanismakbel.blogspot.com

Sifat tambal sulam yang hampir sama dengan tato, bisa memudar dan kendur, sesuai dengan penuaan kulitmu.

Hal ini tentunya akan membentuk alismu menjadi tidak sempurna lagi. Entah bagaimana keanehan yang akan terjadi jika wajahmu semakin menua yang sudah pasti kulitmu akan keriput.

Mungkin saja kamu harus mengubah lagi bentuk alis atau mengembalikannya ke bentuk normal. Tapi ingat, menormalkan alis kembali akan menguras banyak pengeluaran. Lebih baik tetap menjadi dirimu apa adanya.

9Menguras Kantong

flickr.com

Selain masalah kesehatan, ongkos sulam alis juga bagian dari sesuatu yang bisa bermasalah. Kenapa?

Biaya melakukan sulam alis di beberapa salon atau klinik terkemuka di Indonesia terbilang cukup mahal. Kamu harus rela mengeluarkan uang antara Rp 1 sampai 2 juta rupiah untuk mendapatkan hasil sulam alis yang memuaskan.

Jika kamu melakukan sulam alis permanen, maka kamu harus siap untuk hidup selamanya menggunakan bordir alis. Untuk menghapusnya, kamu harus menghabiskan uang lebih banyak dibandingkan dengan biaya pembuatan. Selain itu juga lebih menyakitkan.

Masihkah kamu tertarik untuk melakukan sulam alis? Ingat, cantik itu bersifat sementara, dan sehat tidak bisa ditukar dengan kecantkan. Kecantikan sejati ialah apa yang ada di hatimu, dan tercermin dalam sikap serta perlaku.

SHARE