Bayi memang makhluk lucu mungil yang sering kita gemas bukan kepalang. Para fotografer sering kali memanfaatkan kelucuan bayi yang baru lahir ini dengan mengeksploitasi banyak pose gambarnya.

Parahnya yang mereka terapkan bukan pose-pose biasa, tapi pose aneh yang bagi mereka lucu. Tujuannya satu, untuk membuat para penikmat gambarnya tertawa terpingkal-pingkal, dan larislah karya fotografinya.

Ada pose aneh saat bayi tidur. Ada pose konyol dengan berpakaian ala binatang, lalu membuat mereka konyol dengan menempatkan bayi dalam buaian ekstrim.

Sering juga dengan membuat mereka konyol menggunakan alat peraga yang tidak pantas seperti stoples atau pot. Membuat mereka konyol dengan memompa pantat mereka ke langit-langit seperti gunung berapi.

Juga masih banyak kekonyolan yang mereka buat, dan hanya membuat bayi sebagai bahan lelucon semata. Sama sekali tidak ada pesan kasih sayang yang harusnya lebih ditonjolkan.

Melinda Egyed, seorang fotografer asal Hungaria salah satu orang yang mengritik hal tersebut yang dilakukan teman seprofesinya sendiri.

Melinda menuangkan kritiknya dengan cara yang kreatif, ia membuat berbagai foto yang memeragakan bagaimana bayi itu dieksploitasi. Tapi tentu dengan tidak dengan bayi sebenarnya, melainkan hanya boneka monyet.

Berikut ini adalah foto-foto sebagai kritik Melinda Egyed terhadap berbagai aktivitas fotografi yang terlalu mengeksploitasi bayi.

1Buaian Ekstrim

boredpanda.com

Susah dimengerti kalau ada yang membuai bayi dengan cara seperti di atas. Walaupun hanya lelucon dan hanya sejenak saja, bisa saja pada orang tua yang melihat gambar ini akan menirunya.

Cara membuai dan menggendong bayi tentu seharusnya dengan selembut mungkin. Membuai bayi seperti gambar di atas seakan menggambarkan bayi yang tidak dibutuhkan dan tak disayangi.

2Bayi dalam Timbangan

boredpanda.com

Di sini para fotografer ingin membaringkan ilustrasi mengenai berat badan bayi. Hanya saja untuk menambah daya tarik gambar atau sekedar lucu-lucuan saja, dibuatlah pose foto tidak pantas seperti di atas.

3Di Atas Kompor

boredpanda.com

Lelucon yang keterlaluan, ketika bayi di taruh di dalam panci dan di letakkan di atas perapian. Entah itu hanya ilustrasi makanan atau masakan, yang pasti tidak pantas mengksploitasi bayi seperti di atas.

4Topi Kebesaran

boredpanda.com

Bayi dipakaikan topi kebesaran hingga menutupi matanya. Ini dilakukan untuk membuat bayi tambah lucu dan membuat yang melihatnya makin gemas.

5Menutup Toples

boredpanda.com

Semua orang ingin dibuat tertawa dengan gambar ini. Menjadikan pantat bayi sebagai penutup toples memang pose yang konyol, tapi tentu menjadi tidak pantas bagi sebagian orang, terutama untuk orang timur.

6Tidur Terlentang

boredpanda.com

Tidur terentang memang biasa dan baik bagi bayi. Tapi jika dipaksakan dengan pantat menonjol dan mulut menganga saat tidur untuk mengambil gambar terlucu, mungkin bisa juga disebut eksploitasi.

7Menutup Toples dengan Kepala

boredpanda.com

Mungkin ini pose paling konyol yang dibuat para fotograger. Yang melihatnya pasti akan terpingkal-pingkal melihat hasil gambar ini.

Tapi apakah mereka pernah membayangkan jika anaknya menjadi foto model dengan pose seperti ini apakah berkenan?

8Wajah Tercetak

boredpanda.com

Setelah mencetak wajah di atas selimut atau anduk bayi dengan menggunakan cetakan wajah, lalu bayi ditidurkan di dekatnya agar terlihat seperti wajah dari bayi yang tercetak.

Tentu yang melihatnya akan tertawa dan terheran bagaimana wajah bayi bisa tercetak di atas kain.

9Menyelimuti dengan Kain

boredpanda.com

Sering juga kita lihat bayi yang diselimuti selembar kain putih. Mungkin agar bayi terlihat natural dengan warna putih, dan selembar kain memeragakan makhluk suci.

SHARE