Setiap manusia mempunyai perjalanan hidup masing-masing, mempunyai cerita dan pengalaman yang berbeda. Tentu ini jika di buku kan maka tidak akan pernah habis ceritanya.

Karena semakin lama manusia hidup pasti semakin banyak cerita yang bisa ia ceritakan. Setiap cerita manusia tentu harus melibatkan emosi, perasaan dan perhatian yang lebih.

Emosi dan perasaan ini lah yang membuat manusia kadang susah berfikir jernih. Atau bisa disebut juga emosi yang mengendalikan apa yang dilakukan.

Emosi itu sendiri lebih banyak tidak bisa dipahami manusia itu sendiri, karena sifat dari emosi itu seperti angin, yang bisa datang tiba tiba dan tidak tahu akan pergi kemana.

Yang menjadi hikmah dan pelajaran adalah bagaimana kita sebagai manusia mampu mengenali, memahami dan mengendalikan emosi tersebut. Di bawah ini ada beberapa contoh emosi manusia yang sering kali melewati pikiran manusia.

1Kenopsia

youtube.com

Perasaan sepi ketika di suatu tempat yang ramai. Kadang kita merasa di suatu waktu yang ketika kita tidak punya mood atau juga lagi tidak punya semangat dan kita di paksa ikut di suatu keramaian.

Maka yang terjadi adalah kita tetap merasa sepi walaupun suara ramai, rasanya seperti ngomong sendiri dan dalam hati nyaris tidak ada perkataan apapun, yang ada dalam pikiran adalah kita sendiri.

2Kuebiko

duniachybill.wordpress.com

Ini merupakan emosi yang begitu mendalam ketika seseorang melihat kekerasan atau kejahatan yang tidak bisa ia hentikan. Rasa emosi ini rata-rata banyak mengeluarkan air mata, menyakiti hati dan bisa memuncak ketika semakin parah yang dilihat.

Banyak sekali emosi ini di jaman sekarang, banyak kejahatan yang tidak manusiawi terjadi, kebengisan dan matinya hati manusia adalah faktor yang kemunculan emosi seperti ini.

Atau juga rasa ini akan muncul ketika terjadi kasus yang identik dengan ketidak adilan hukum manusia.

3Ellipsism

yukpegi.com

Kesedihan ini yang kadang membuat kita malas berbuat apa-apa dan hanya pikiran terfokus pada kesedihan yang asalnya tidak jelas.

Ini adalah sebuah perasaan dan emosi yang membuat manusia hilang mood, gampang marah atau juga gampang menangis, padahal tidak jelas asalnya dari mana.

4Opia

dianafitriwidiyani.blogspot.com

Merupakan emosi sesaat yang terjadi ketika kita melihat mata seseorang. Pada saat itu pula pikiran melintasi kita dan seolah-olah menjelaskan bagaimana keadaan dari sinar mata tersebut.

Kegetiran, keresahan, kekhawatiran dan juga kesedihan yang biasanya menggambarkan keadaan mata tersebut.

5Vellichor

.duffthepsych.com

Adalah dimana ketika kita membaca sebuah buku, dimana buku itu mempunyai kalimat yang cukup membawa perasaan kita. Maka akan terjadi perasaan kita membawa efek ke kehidupan setelah membaca buku tersebut.

Rata-rata yang terjadi seperti ini adalah ketika membaca cerita yang menyedihkan, mengharukan atau kejadian tragis. Tapi bukan berarti cerita yang menari atau bahagia tidak, tetap saja bisa.

Uniknya emosi ini rata-rata wanita yang terkena, walaupun pria juga, tapi tidak sebanyak wanita.

6Onism

dose.com

Adalah perasaan bosan yang menjadi level super bosan. Rata-rata emosi ini akan membuat orang frustasi karena menunggu terlalu lama. Memang tidak terlalu banyak muncul emosi seperti ini karena sekarang hadirnya handphone atau juga game.

7Ruckkehrunruhe

brilio.net

Merupakan perasaan ketika kita di rumah setelah sekian lama tidak pulang ke rumah. Rasa emosi ini sungguh luar biasa. Bisa mengingatkan pada kenangan yang lama hilang atau lupa karena kesibukan.

Emosi ini juga seperti memberikan kita energi kembali, selain itu rasa nyaman, kehangatan dan tentunya rasa cinta akan rumah sendiri.

Sebenarnya masih banyak sekali emosi rahasia manusia, karena memang manusia mempunyai hati yang mudah berubah dan otak yang canggih. Tapi semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita.

SHARE