resepcaramasak.info

Mau Es Buah Segar? Inilah Bahan untuk Membuatnya

Posted on

Jika suasana sangat terik dan panas, tentunya akan sangat lezat jika kita menikmati segarnya es buah yang begitu menggoda.

Apalagi jika kita sedang menjalankan ibadah puasa. Es buah yang tadinya terlihat biasa-biasa saja, tiba-tiba akan berubah jadi makanan atau minuman paling lezat di dunia.

Jika keinginan untuk makan es buah segar itu tiba-tiba muncul, tentunya kamu akan berusaha untuk memenuhi keinginanmu itu kan?

Apalagi jika di rumahmu ada acara keluarga. Pastinya kamu ingin memberi suguhan istimewa untuk sanak kerabat yang datang kan? Dan es buah biasanya jadi salah satu suguhan favorit.

Untuk itu semua, maka membuat es buah sendiri bisa jadi pilihan yang bijak  Kenapa begitu? Pertama kamu bisa menjamin kualitas buah dan bahan-bahannya. Selain itu pastinya akan lebih hemat.

Tapi, untuk membuat es buah segar bahannya apa saja ya? Bahannya bisa berbeda-beda sih, tergantung selera kamu. Namun inilah bahan yang biasa digunakan untuk membuat es buah segar itu.

Es Batu

Judulnya saja kita mau membuat es buah, jadi salah satu bahan yang perlu kita siapkan adalah es batu. Untuk mendapatkan es batu sangat mudah sekali kan? Kita tinggal memasukkan air ke freezer untuk dibekukan.

alamiterja.ga
alamiterja.ga

Jika kamu memutuskan untuk membeli es batu di luar, karena belum sempat membuat, maka kamu harus pastikan esnya dibuat menggunakan air matang. Nggak lucu kan kalau setelah minum es, kamu jadi sakit perut.

Buah-Buahan Segar

Agar es buahmu tambah segar, tentunya kamu bisa menambahkan buah-buahan dengan kualitas yang baik. Apa saja buah-buahan itu?

cirebontrust.com
cirebontrust.com

Buah-buahan yang bisa kita campurkan bisa meliputi melon, strawberi, apel, mangga, alpukat, kelapa muda, kolang-kaling, nangka dan buah-buahan lainnya.

Sebelum kamu mencampur semua bahan-bahan itu, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu ya? Agar terjaga kebersihan dan kesehatan dari es buah yang nantinya akan kita konsumsi.

Gula Cair

Es Buah tentunya sangat identik dengan rasa manis. Cara untuk mendapatkan rasa manis itu tentunya dengan menambahkan gula ke dalam campuran es buah nantinya.

spirit.web.id
spirit.web.id

Gula seperti apa yang bisa kita campurkan? Supaya gulanya tercampur merata di dalam larutan es buah, maka kita perlu menggunakan gula cair.

Gula cair bisa kita dapatkan dengan memanaskan beberapa bagian gula dengan air di atas kompor. Tingkat kemanisan air gula ini tergantung perbandingan air dan gula yang kita gunakan.

Susu Kental Manis

Susu kental manis bisa kita tambahkan jika kita menginginkan es buah yang rasanya creamy. Tapi jika kamu tidak suka susu, maka kamu tidak perlu menggunakan susu untuk es buah kamu.

nailandra.blogspot.com
nailandra.blogspot.com

Berapa banyak susu yang bisa di tambahkan ke es buah kita? Banyaknya tentu saja dikembalikan kepada selera kita. Tapi sebaiknya sih jangan terlalu banyak, supaya esnya lebih terasa kesegaran buahnya.

Yogurt

juicing-for-health.com
juicing-for-health.com

Kalau kamu tidak suka suku kental manis, maka kamu bisa menggunakan yogurt untuk campuran es buah kamu. Penambahan yogurt pastinya akan buat es buah kamu lebih asam dan lebih segar.

Agar-agar

themoderngelatina.com
themoderngelatina.com

Satu lagi tambahan untuk campuran es buah kamu adalah dengan menambahkan agar-agar. Agar-agar ini bisa kamu buat sendiri dengan membuatnya dari tepung agar-agar.

Saat membuat agar-agar sebaiknya kamu tidak menambahkan terlalu banyak gula. Jika terlalu banyak gula, maka es buahmu akan terasa sangat manis.

Setelah agar-agar membeku, maka kamu perlu memotong agar-agarnya menjadi potongan-potongan kecil. Lalu mencampurnya di es buah kamu.

Demikianlah bahan-bahan untuk membuat es buah segar yang akan menemani momen-momen istimewa dalam kehidupanmu. Namun masih banyak lho bahan-bahan lain yang bisa digunakan. Selamat bereksperimen!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *