Indonesia memang terkenal dengan ragam makanan dan cita rasa, termasuk minumannya. Apalagi minuman yang punya nama depan es, seperti es cendol, es dawet dan lain-lain. Ada banyak sekali jenis es di Indonesia.

Bisa jadi, tiap daerah memiliki es khas masing-masing. Nah! Berikut adalah 4 jenis es di Indonesia yang mungkin saat ini mulai sulit kamu temui.

1Es Selendang Mayang

www.flickr.com

Bagi masyarakat khususnya masyarakat Betawi pasti tidak asing mendengar jenis minuman yang juga mengenyangkan dengan nama selendang mayang.

Minuman ini dapat mengenyangkan karena bahan utama dari selendang mayang yaitu tepung sagu dan tepung beras yang berbentuk kue seperti agar-agar serta disiram dengan kuah santan yang gurih dan segar.

Sekarang es selendang mayang mulai sulit ditemui, mungkin kamu harus pergi ke restoran tertentu dan merogoh kocek yang cukup banyak untuk bisa menikmati es yang satu ini.

2Es Goyang

forums.oneplus.net

Kamu pernah merasakan es goyang? Hm, kenapa ya nama es ini goyang?

Akhir-akhir ini es goyang juga mulai sulit ditemui, padahal dulu es goyang pernah menjadi salah satu es yang populer dan diminati banyak kalangan. Hal tersebut karena harga dari es goyang memang merakyat dan memiliki rasa yang khas serta bentuknya yang unik.

Bentuk es goyang ini kebanyakan persegi panjang dengan menggunakan pegangan dari bambu yang kecil seperti tusuk sate atau dari lidi.

3Es Potong

cookpad.com

Sama seperti es goyang hanya saja es ini berbentuk silinder dan pembuatannya pun tidak di goyang tetapi hanya didinginkan saja di dalam plastik.

Es ini sesuai dengan namanya es potong memang dakam penyajiannya dipotong dari bentuknya yang panjang dipotong dalam bentuk yang lebih pendek sesuai harga yang dipatoknya. Akan tetapi tetap saja menggunakan pegangan dari tusuk bambu atau lidi.

Serta biasanya disajikan dengan dicelupkan ke dalam sirop atau coklat cair. Rasanya pun beragam, mulai dari pandan, coklat, santan, hingga nangka dan durian.

4Es Serut Cetak

id.aliexpress.com

Mungkin sedikit terdengar aneh dengan nama es serut cetak, memang es yang terkenal di Jawa Barat ini sebenarnya tidak diketahui secara pasti namanya tetapi dilihat dari proses pembuatannya layak disebut es serut cetak.

Cara pembuatan es ini memang berbeda, es balok dipotong kecil sesuai ukuran lalu kemudian diserut dan dimapatkan ke dalam cetakan dalam beragam bentuk biasanya berbentuk bintang dan boneka kemudian diberi pegangan lalu dilumuri dengan sirop beragam rasa.

Nah! Benarkan? Es-es diatas saat ini mulai sulit ditemui. Apalagi di musim hujan seperti saat ini. Hehe.

 

SHARE