Apa yang paling enak dinikmati di tengah udara pantai yang panas? yap es kelapa. Pohon kelapa yang jumlahnya banyak di pantai memang menjadi salah satu minuman paling favorit untuk dinikmati.

Sensasinya yang segar membuat es kelapa begitu nikmat disajikan saat cuaca sedang panas. Tanpa ditambahi apa-apa pun air kelapa sudah segar. Apalagi jika ditambah es sehingga membuat minuman tersebut jauh lebih segar.

Bagi beberapa yang ingin menambah energi dan rasa manis bisa ditambah dengan pemanis alami dari gula aren. Sensasi campuran es dan air kelapa serta gula alami tak pelak bisa menghilangkan dahaga sekaligus sehat.

Yak benar, selain sangat segar, es kelapa juga sangat baik untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya untuk kesehatan? simak manfaatnya berikut ini

1Mencegah Dehidrasi

blog.myfitnesspal.com

Yang ini sudah jelas manfaatnya. Seseorang yang diserang kelelahan akibat padatnya aktifitas rutin atau akibat olahraga maka akan banyak keringat yang keluar.

Keringat yang keluar akan mengurangi ion tubuh sehingga tubuh akan mengalami lemas dan dehidrasi. Rasa dahaga yang luar biasa dapat disembuhkan dengan meminum es kelapa muda.

2Meningkatkan trombosit

www.teignfitness.co.uk

Pada penderita demam berdarah akan kekurangan sel darah merah karena nyamuk yang menjadi penyebab timbulnya penyakit demam berdarah.

Air kelapa mampu menggantikan dan meningkatkan kadar trombosit yang hilang dari tubuh. Menetralisir racun yang ada di pembuluh darah yang telah disebarkan oleh nyamuk penyebab demam berdarah.

Air kelapa muda dapat pula mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah akibat racun yang dibawa oleh nyamuk penyebab demam berdarah.

3Obat Eksim

www.huffingtonpost.co.uk

Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah.

Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus.

Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

4Membuang racun

articles.mercola.com

Pada orang orang yang mengalami keracunan, maka air kelapa muda adalah solusi terbaik, karena selain air kelapa muda mengandung zat anti bakteri dan anti peradangan.

Ternyata air kelapa muda mengandung senyawa bioaktif yang  mampu mengatasi dan memblokir racun agar tidak semakin menjalar ke seluruh tubuh. Racun akan dibuang melalui keringat dan urin secara teratur oleh ginjal melalui air kelapa muda.

5Menormalkan kadar gula

dietsempurna.com

Bagi orang yang memiliki kadar gula yang sangat rendah dalam tubuhnya, ada baiknya jika minum air kelapa muda secara rutin sampai kadar gulanya normal.

kekurangan zat gula dalam darah juga berdampak kurang baik bagi kesehatan karena tubuh akan lemas, mudah terserang kelelahan dan mudah jatuh sakit karena daya tahan tubuh yang menurun.

6Obat Jerawat

www.cangcut.net

Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah.

Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa.

Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

7Memperbaiki Masalah Pencernaan

www.sayangi.com

Pencernaan yang iritasi akibat penggunaan obat obatan atau karena makanan tertentu dapat diredakan nyerinya dengan menggunakan air kelapa muda.

Manfaat air kelapa muda setiap hari dapat memperlancar pencernaan ketika mencerna dan mampu memperbaiki jaringan yang sakit disekitar alat pencernaan secara bertahap.