Kalau kamu penggemar kuliner, kamu pasti mengamati berbagai pergantian popularitas jajanan pinggir jalan khas Indonesia. Nah, kalau bisa soal jajanan es, satu yang masih populer hingga kini tentu es pisang ijo.

Pernahkah kamu coba es yang satu ini? Kalau belum, mungkin akan berpikr bahwa pisang yang digunakan jenis pisang yang masih berwarna hijau atau tua dan mengkal. Namun sebenarnya tidak, yang digunakan tentu saja pisang yang matang.

Jadi, sebenarnya, apa dan bagaimana si es pisang itu itu sih? Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan es pisang ijo.

1Kota Makassar

gogonesia.com

Ada dengan kota Makassar? Kamu tidak tahu? Dari kota inilah kuliner jajanan es pisang ijo berasal. Kota yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini sebenarnya bernama Ujung Pandang sejak tahun 1971 hingga 1999.

Nah, selain Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Bassang, Kue Tori, Palabutung, dan Sop Konro, Makassar juga memiliki es pisang ijo. Lengkap bukan? Dari hidangan pembuka, hidangan utama hingga hidangan penutup ada di Makassar.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk merencanakan liburan ke Makassar?

2Es Pisang Ijo

indonesianfoods313.blogspot.com

Es pisang ijo ini benar-benar makanan khas Sulawesi Selatan dan terutama di Makassar. Tentu saja yang menarik dari es pisang ijo adalah pisang yang berwarna hijau.

Sebenarnya yang berwarna hijau bukanlah pisangnya, namun kulit yang membungkus pisang tersebut. Kulit tersebut seperti semacam kulit dadar gulung, makanan khas Jawa yang berwarna hijau dengan isian parutan kelapa dan gula merah.

birohumas.jatengprov.go.id
birohumas.jatengprov.go.id

Kulit yang berwarna hijau ini dibuat dari adonan tepung. Adonan ini terdiri dari bahan kering tepung beras, santan, gula, garam, daun pandan, dan sari daun suji. Daun suji inilah yang digunakan sebagai pewarna alami pada adonan kulit es pisang ijo.

Pisang yang digunakan adalah pisang raja yang telah matang. Kamu harus mengupas pisang terlebih dahulu lalu mengukusnya. Jangan sampai terlalu matang karena akan susah dibungkus dengan kulit hijau.

andlotsofmorefromlife.blogspot.com
andlotsofmorefromlife.blogspot.com

Nah, setelah adonan jadi, pisang juga telah dikukus, saatnya membungkus pisang dengan kulit hijau. Ambil adonan secukupnya lalu pipihkan hingga membentuk lembaran. Setelah terbungkus, kamu tingga mengukusnya lagi hingga kulit hijau matang.

Tentu saja kamu bisa membuatnya sendiri, namun akan lebih sempurna kalau kamu merasakannya langsung dari tempat asalnya, Kota Makasaar.

3Warung Es Pisang Ijo

travel.detik.com

Di Kota Makassar kamu akan menemukan berbagai tempat pusat kuliner yang sangat menggiurkan. Tentu saja kalau kamu mencari es pisang ijo di kota ini, kamu akan menemukannya dengan sangat mudah.

Pertanyaannya, kedai atau warung es pisang ijo yang maka yang terbaik? Sebelum ke Makassar, kamu mungkin bisa menanyakannya kepada teman-teman kamu yang berasal dari Makassar.

Jika tidak ada, kamu bisa tanyakan ke siapa saja, yang penting tentu saja orang Makassar. Cobalah bertanya ke beberapa orang sehingga kamu dapat menyimpulkan kedai es pisang ijo yang mana yang paling terkenal.

mostfavouriteawards.wordpress.com
mostfavouriteawards.wordpress.com

Dijamin, mayoritas orang Makassar akan menjawab dan mengarahkan kamu ke kedai Es Pisang Ijo Bravo. Kamu bisa bandingkan sendiri rasanya dengan kedai-kedai yang lain.

Pisang Ijo Bravo, kalau kamu ke Makassar, kamu harus cari kedai es pisang ijo yang satu ini. Lokasinya ada di lalan Andalas, Kota Makassar. Hal yang menarik adalah kedai ini buka sampai malam.

Kalau kamu ke sini jam 21.00 malam pun tetap masih ramai di kedai Pisang Ijo Bravo ini. Hal unik lainnya, ternyata kedai Bravo ini pernah memenangi sebuah penghargaan Makassar Most Favourite Award Culinary pada tahun 2011 lalu.