Kopi. Bisa dibilang minuman penambah keakraban. Kamu dapat melihat ketika oarang-orang berkumpul, entah di cafe ataupun warung mereka bercanda sambil menyeduh nikmatnya kopi hangat.

Kopi merupakan minuman yang paling populer di dunia. Ya, kopi merupakan salah satu minuman yang digemari pria maupun wanita.

Tahu kah kamu lebih dari 400 milyar cangkir kopi diminum oleh penduduk dunia setiap tahunya. Kopi memang memiliki aroma yang khas dan ‘menggoda’.

Baunya yang harum mampu memikat orang untuk menyeduhnya. Apakah kamu penggemar kopi?

Mungkin secangkir kopi menjadi teman di pagi hari untuk mengawali harimu dan membuat pikiran menjadi segar.

Kopi dapat menjadi teman ketika bersantai, berkumpul bersama teman-teman bahkan menjadi teman akrab saat begadang.

Minum kopi memang tidak berbahaya asalkan dengan porsi yang tepat. Nah, perlu kamu tahu  meminum kopi dengan jumlah porsi yang tepat atau tidak berlebihan berdampak baik bagi kesehatan.

Berikut fakta-fakta tentang kopi bagi kesehatan.

1Kopi Meningkatkan Energi dan Membuatmu Lebih Cerdas

www.ummi-online.com

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan energi. Kafein diserap ke dalam aliran darah dan kemudian mengalir ke otak.

Pada tahun 2005, pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Menarik kan?

2Kopi Dapat Mencegah Depresi

info-facebookers.blogspot.com

Apaka kamu tengah mengalami stress atau depresi? Depresi merupakan penyakit mental yang mengurangi kulaitas hidup seseorang.

Bisa dikatakan penyakit ini memang berbahaya. Nah, minumlah kopi. Kopi dapat mengurangi stress dan memperbaiki suasana hati yang kurang baik.

Studi Harvard pada tahun 2011, menyatakan bahwa wanita yang meminum 4 atau lebih cangkir kopi tiap harinya, memiliki tingkat depresi 20% lebih rendah.

3Kopi adalah Sumber Antioksidan Tinggi

www.jobisnis.com

Kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan, hal itu diungkapakan oleh seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci.

Kandungan antioksidan yang tinggi ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas, selain itu juga bermanfaat bagi kecantikan kulit.

4Kopi dapat Membantu Membakar Lemak

palembang.tribunnews.com

Tahukah kamu, hampir setiap suplemen pembakaran lemak ditemukan kandungan kafein. Dapat dikatakan bahwa kafein merupakan salah satu zat alami yang benar-benar membantu pembakaran lemak.

5Kopi dapat Melindungimu dari Alzheimer

www.detikindonesia.com

Penyakit Alzheimer adalah jenis penyakit demensia yang paling umum. Penyakit ini ditandai oleh melemahnya daya ingat, hingga ganguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi dan berbahasa.

Umunya penyakit ini di derita oleh orang-orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Ternyata, beberapa studi menunjukkan bahwa oarang yang minum kopi memilikiresiko yang lebih rendah terkena penyakit Alzheimer

6Kopi Mengurangi Resiko Terkena Parkinson

www.wallstreethedge.com

Parkinson merupakan penyakit yang disebabkan matinya neuron penghasil dopain di dalam otak. Penyakit ini adalah penyakit neurodegradatif nomor dua tepat setelah Alzheimer.

Belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit parkinson maka dari itu lebih baik kita fokus untuk mencegahnya.

Journal of America Medical Association mengungkapakn bahwa kafein dan kopi akan menghasilakn risiko lebih rendah menderita Parkinson.

Ternayata tak hanya nikmat saja yang didapat setelah minum kopi, tapi juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.